Skip to main content

Percobaan Fisika : Transfer Energi melalui Bola Memantul

Percobaan Fisika : Transfer Energi melalui Bola Memantul

Percobaan Fisika : Transfer Energi melalui Bola Memantul - Dalam hukum kekekalan energi, bahwa energi tidak dapat diciptakan dan tidak dapat dimusnahkan oleh manusia. Namun, manusia dapat merubah energi dari bentuk yang satu ke bentuk yang lainnya. Selain itu kita juga dapat menyalurkan energi dari satu benda ke benda yang lainnya.

Nah, pada praktikum fisika berikut ini merupakan percobaan dimana kita akan menyalurkan energi dari satu benda ke benda lainnya yang ukurannya lebih kecil.

Yaps, kita akan mentransferr energi melalui bola yang memantul, maksudnya kita memanfaatkan pantulan bola. Mari lihat sendiri bagaimana hal tersebut bekerja. Kita hanya menggunakan dua bola sebagai bahan percobaan untuk mentransfer energi kinetik dari bola besar ke bola yang lebih kecil dan lihatlah apa yang terjadi.

Bahan yang perlukan dalam percobaan transfer energi ini : 
Bola besar dan berat seperti bola basket atau bola sepak
Bola ringan yang lebih kecil seperti bola tenis atau bola karet tiup

Silahkan Baca :  Praktikum Fisika : Listrik Statis

Cara melakukan Percobaan Transfer energi :
Pastikan kita berada di luar dengan ruangan yang cukup luas karena percobaan ini membutuhkan pantulan sehngga ada ruang cukup untuk dapat melihatnya. Lalu, dengan hati-hati, letakkan bola tenis di atas bola basket atau bola sepak, pegang satu tangan di bawah bola basket dan tangan yang lainnya di atas bola tenis. Lepaskan kedua bola pada saat yang bersamaan dan amati apa yang terjadi.

Percobaan Fisika : Transfer Energi melalui Bola Memantul


Apa yang terjadi pada percobaan transfer energi tersebut?

Jika Anda menjatuhkan bola pada saat yang bersamaan, maka bola tenis akan memantul pada bola basket dan memantul tinggi ke udara. Kedua bola saling menumbuk satu sama lain tepat setelah bola basket menyentuh tanah, di bola basket mempunyai energi yang lebih besar, yang kemudian ditransfer ke bola tenis yang lebih kecil, hal tersebut membuat bola tenis memantul tinggi ke udara.

Ketika kita memegang bola di udara sebelum menjatuhkannya, bola memiliki jenis energi yang disebut 'energi potensial', energi tersebut didapatkan bola saat kita mengangkat bola.

Sungguh menarik untuk dicatat, bahwa energi tidak bisa dihilangkan, hanya dipindahkan ke jenis energi lain.

  

Praktikum ini bisa dilakukan bersama anak-anak, sambil menjelaskan tentang energi dan fisika
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar