Skip to main content

Terpukau dengan Keunikan Kerajinan Bambu Tembelang

Terpukau dengan Keunikan Kerajinan Bambu Tembelang

Terpukau dengan Keunikan Kerajinan Bambu Tembelang - Kerajinan menjadi sebuah keunikan tersendiri, apalagi jika bahannya dari alam, serta para pengrajinnya pun melakukan penanaman kembali. Salah satunya adalah pengajin yang bahannya dari Bambu Tembelang.

Pengrajin ini berada di sebelah barat Kota Kebumen, dari benteng vanderwick ke utara tepatnya di Desa Somagede Kecamatan Sempor. Bahan kerajinannya bukanlah bambu bisa, melainkan memakai jenis Bambu Tembelang, karena seratnya lebih lentur, kadar air sedikit, tekstur lebih halus serta ukurannya lebih panjang.

Nah, beberapa waktu yang lalu saya mengunjungi pengrajin bambu tembelang yang berlokasi di Somagede tersebut untuk berbincang-bincang. Tujuan utamanya sih memotret saja, tapi karena cerita perjuangan Bapak Pengrajinnya, saya jadi mewawancarainya.

Bapak Tusimin, sudah lama sekali berkecimpung di dunia kerajinan bambu tembelang. Dari tahun 2000, mempunyai karyawan saat itu sebanyak 75 orang. Namun, pada tahun 2010 - 2013 mengalami pengurangan karyawan karena terkendala pemasaran.

Pada tahun 2000 - 2009 beberapa tembus pasar internasional terutama untuk pasar eropa. Namun, karena tergiur dengan bahan mentah yang murah malah mengakibatkan masalah jamur pada produknya. Produknya pun dikembalikan.

Dari kejadian tersebut Pak Tusimin belajar, menjadikannya pengalaman.

Dan untuk saat ini, pasar terbesarnya ada di Pulai Bali, Jakarta dan Solo.

Produk-prosuk yang ia pasarkan berupa bermacam-macam barang kerajinan seperti baki, alas piring, mangkuk sayur, tempat buah, vas bunga dan aneka jenis kerajinan lain, dengan jumlah perbulannya sebanyak satu kontainer per bulannya.

Silahkan Baca : Pantai Watu Bale, Pantai Cantik Dengan Pemandangan Lautan Biru Yang Instagramable


Pak Tusimin terus melakukan inovasi dengan produknya, karena ini menjadi tantangan di era industri kreatif seperti sekarang ini. Kalau tidak mau, siap-siap untuk mengalami penurunan dalam hal penjualan.

Produk kerajinan bambu miliknya begitu unik, karena jujur saja saya baru 'ngeh' jika produk tersebut terbuat dari bambu. Dalam benark pun bertanya-tanya, bagaimana cara membuatnya?

Nah, rasa penasaran saya itu yang membuat ingin menemui Pak Tusimin, untuk mendengarkan cerita serta tau proses pembuatan kerajinan bambu tembelang.

Prosesnya cukup unik juga, jangka waktunya juga butuh waktu. Dari bambu dipotong, kemudian disayat tipis-tipis persis seperti membuat tikar atau tudung.

Baru setelah itu dirangkai, cara merangkainya tidak seperti membuat tikar atau tudung, gimana ya menjaelaskannya, susah juga, ditempel-tempel sampai jadi banyak, kaya gitu sih. Lebih jelasnya tonton videonya di akhir artikel ini yaa.

Untuk menguatkan anyamannya pun perlu tenaga ekstra, dibutuhkan dua sampai tiga orang untuk merapatkan anyamannya. Belum sampai disitu, untuk membentuknya ini yang butuh ketelatenan, dimana pengrajin mesti mencukil anyaman secara bertahap, sampai membentuk sesuai yang diinginka.

Silahkan Baca : Wisata Air Watu Gong yang Berbau MISTIS!! tapi Tetep Mengasyikan


Berikut foto urut-urutan pembuatan kerajinan bambu tembelang

Terpukau dengan Keunikan Kerajinan Bambu Tembelang

Terpukau dengan Keunikan Kerajinan Bambu Tembelang

Terpukau dengan Keunikan Kerajinan Bambu Tembelang


Terpukau dengan Keunikan Kerajinan Bambu Tembelang



Maaf ya, susah menjelaskan prosesnya, hehehe...

Buat saya, dari proses pembuatannya sampai menjadi produk kerajinannya, itu unik. 

Kalau begitu, untuk lebih tau lagi mengenai proses pembuata kerajinan Bambu Tembelang, simak video dibawah ini :

  
Penulis : Yogi Permana
Copyright Photo by Yogi Permana
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar