Skip to main content

Belajar Fisika : Elektron dan Proton

Belajar Fisika : Elektron dan Proton

Belajar Fisika : Elektron dan Proton - Mari kita belajar kembali tentang ilmu fisika, dimana sekarang yang akan dipelajari adalah Elektron dan cara mengisinya. Jika kamu belum tau, bahwa listrik itu terkait dengan muatan, baik itu muatan elektron maupun proton. Jumlah muatannya pun akan sama untuk setiap partikel, tetapi saling berlawanan.

Kenapa kedua muatan, Elektron dan Proton saling berlawanan?


Hal tersebut dikarenakan Elektron membawa muatan negatif sementara proton membawa muatan positif. Benda-benda di sekitarmu mengandung miliaran atom yang tidak bisa kita lihat dengan mata telanjang, dan setiap atom mengandung banyak proton dan elektron.

Proton sendiri terletak di pusat atom, terkonsentrasi di daerah kecil yang disebut nukleus. Sedangkan Elektron sendiri bergerak di luar nukleus dalam sebuah orbit. Proton pada dasarnya berada di dalam nukleus dan tidak dapat lepas atau keluar dari nukleus. Akibatnya, elektron yang bergerak terus sehingga menghasilkan arus listrik.

Silahkan Baca : Praktikum Fisika : Listrik Statis


Tidak banyak tempat yang bisa kamu lihat mampu menghasilkan listrik. Bentuk listrik yang paling sering diamati mungkin adalah petir. Petir sendiri merupakan sebuah percikan besar yang terjadi ketika banyak elektron bergerak dari satu tempat ke tempat lain dengan sangat cepat.

Ada tiga bentuk dasar petir, awan ke awan, awan ke permukaan, dan permukaan ke awan. Semua diciptakan ketika ada distribusi elektron yang tidak merata. Kamu juga bisa melihat percikan listrik yang lebih kecil di laboratorium ilmu tekhnologi yang berisi generator Van de Graff.

Listrik di sekitarmu sangat mudah untuk bisa dilihat. Bahkan, termasuk di sekitar komputermu, dan juga ponsel yang setiap hari kamu gunakan. Listrik terus mengalir melalui semua kabel di kotamu. Kabel tersebut menghubungkan antara sumber peghasil listrik seperti pembangkit listrik dengan taravo-travo yang nantinya menyambung ke rumahmu.

Ada listrik yang dapat disimpan, seperti Jenis listrik yang disimpan didalam baterai, atau disebut juga Listrik arus searah. Sedangkan bentuk listrik rumah tangga itu disebut arus bolak-balik.

Seperti itu dulu, nanti disambung lagi belajar tentang listrik, antara elektron dan proton, membahas keduanya membutuhkan banyak tulisan. Hehe..

Semoga bermanfaat.

  

Doa kami, Semoga rezeki berlimpah untuk sobat semua hari ini. Aamiin
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar