Lebih baik Sedekah Ikan atau sedekah Kail?

Lebih baik Sedekah Ikan atau sedekah Kail?

Lebih baik Sedekah Ikan atau sedekah Kail?

Lebih baik Sedekah Ikan atau sedekah Kail? - Dilihat dari gambar, kita semua pasti setuju bahwa akan jauh lebih kerasa manfaatnya disaat kita bisa bersedekah produktif (kail) daripada bersedekah ikannya aja. Apalagi dizaman sekarang, dimana Sedekah Menjadi Lifestyle.

Memang, sedekah ikan pasti lebih murah / ringan daripada sedekah kailnya. Terus bagaimana kalau kita tidak cukup uang untuk membeli kail dan dibagi-bagikan? Bagaimana supaya kita bisa tetap bersedekah kail, tanpa harus keluar uang?

Bisa, yaitu dengan cara bersedekah ilmu tentang bagaimana cara membuat kail dengan menggunakan bahan-bahan disekitar yang mudah didapatkan. Dengan begitu akan banyak orang-orang yang bisa bikin kail masing-masing dan bisa mendapatkan ikan atas usaha mereka sendiri, yang terus kemudian diwariskan mengalir sampai ke anak cucu dan keturunannya. Kalo dah begini, kita tinggal duduk manis aja passive income akhirat akan mengalir dengan sendirinya. InshaaAllah.. :D

Gimana caranya? Di jaman internet gini kita udah sangat dimudahkan, misal :

- Kita membuat status ilmu bikin kail tersebut di sosial media dan kemudian di-share, viral, sehingga bisa menginspirasi banyak orang untuk mengikutinya.

- Bisa juga bikin tutorial bikin kail lengkap dengan step-stepnya, di upload di youtube.

- Bikin sebuah forum bisa di kaskus, fb grup, WA atau telegram grup khusus membahas ilmu bikin kail yang kemudian menjadi ajang diskusi dan mendatangkan manfaat.

- Membuat suatu fan page khusus untuk menjelaskan cara mudah bikin kail dan mendapat ikan dengan cepat

-Dan masih banyak cara yang lain, tinggal kreatifnya kita.

Lebih baik Sedekah Ikan atau sedekah Kail?

Silahkan Baca : Kisah Nyata Keajaiban Sedekah, Diganti 1000 Kali Lipat

Enaknya lagi, ilmu bikin kail dan mendapat ikan yang kita upload tersebut akan bertahan "selamanya" (asal perusahaan-perusahaan seperti Facebook, google, dll belum bangkrut tentu saja). Soal rejeki udah diatur masing-masing, meskipun kita menyebarkan ilmu bikin kail kemana-mana, yakin seyakin-yakinnya jatah ikan yang kita dapatkan tidak akan berkurang, bahkan akan makin bertambah. Dan ikan yang didapatkan tidak cuma di dunia tapi sampai di akhirat.

  
Penulis : Aryo Pamungkas

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments