Fitur-Fitur Tersembunyi di Whatsapp, dari Blokir, Grup Video Call sampai Melihat Pesan yang Sudah Terhapus

Fitur-Fitur Tersembunyi di Whatsapp, dari Blokir, Grup Video Call sampai Melihat Pesan yang Sudah Terhapus

Fitur-Fitur Whatsapp, dari Blokir, Grup Video Call sampai Meihat Pesan yang Sudah Terhapus

Fitur-Fitur Tersembunyi di Whatsapp, dari Blokir, Grup Video Call sampai Meihat Pesan yang Sudah Terhapus - Ada satu aplikasi yang sepertinya selalu ada dalam smartphone, yakni aplikasi Whatsapp. Sepertinya tidak mungkin, jika punya hp android tapi tidak menginstall Whatsapp. Aplikasi yang sudah menjadi kewajiban untuk di Install.

Kemudahan dan rasa nyaman berkomunikasi melalui aplikasi whatsapp inilah, yang membuatnya semakin populer dan di install oleh banyak orang.

Sejak diakuisisinya Whatsapp oleh Facebook, aplikasi ini semakin merajalela, bahkan Facebook sendiri telah mengklaim jika WhatsApp memiliki 1,5 miliar pengguna aktif diseluruh dunia. Waow..

Whatsapp sendiri terus melakukan perubahan-perubahan untuk membantu pemakainya agar lebih nyaman, banyak fitur-fitur baru jika kamu rajin meng-Updatenya. Namun juga ada fitur-fitur yang tersembunyi karena tidak semua orang mengetahui fitur tersebut. 

Meskipun begitu, setiap orang bisa mempelajarinya, dan itu tidaklah terlalu sulit. Hanya mau atau tidak, karena sebagian orang memanfaatkan Whatsapp hanya untuk berkomunikasi.
 
Padahal ya, jika mau mempelajarinya, kamu akan mendapatkan beberapa kemudahan yang lainnya, seperti menjaga kerahasiaan akun whatsappmu, mengurangi pemakaian data, dan menyimpan percakapnmu dalam bentuk text yang bisa kamu simpan.

Setelah Whatsapp yang melakukan pembaruan dengan format penulisan seperti huruf tebal, huruf miring dan dicoret. Whatsapp terus melakukan peningkatan, baik untuk keperluan personal maupun keperluan pengelolaan grup.

Nah, berikut ini merupakan tips dan trik dalam menggunakan fitur Whatsapp yang perlu kamu ketahui

1. Kamu dapat Memblokir kontak

Sebel! itulah yang terjadi ketika ada nomor baru yang tiba-tiba mengirimkan chat ke Whatsappmu, apalagi isi chatnya hanya jualan dan jualan. Seperti menggunakan sms saja, yang tiap kali isi pulsa selalu mendapatkan hadiah puluhan juta rupiah.

Untuk mengurangi itu semua, whatsapp menyediakan fitur untuk memblokir nomor yang dirasa mengganggu. Atau nomor yang tidak kamu sukai, misal nomor mantan. Hehe..

Untuk melakukan blokir nomor, caranya cukup mudah, pilih opsi "blokir kontak", lalu klik ikon kontak yang ada di pojok kanan atas, untuk memilih kontak mana saja yang ingin kamu diblokir.

Kalau sudah melakukan settingan itu, nomor yang kamu blokir tidak akan bisa menghubungi kamu lagi, termasuk mengirimkan chat-chat yang isinya promo tanpa ada salam terlebih dahulu.

2. Kamu bisa Menghapus percakapan yang sudah dikirimkan

Karena saking banyaknya grup dan kontak whatsapp, terkadang tanpa kamu sadari, kamu malah salah kirim pesan, yang seharusnya untuk grup ini malah dikirim ke grup itu, dan isinya tidak nyambung. Mesti kamu akan panik, apalagi jika kamu lagi curhatan sama teman, tapi terkirimnya malah ke grup.

Kalau sampai kaya gitu, bakal malu pastinya. Pesan curhat dibaca banyak orang. Hehehe....

Tetapi untuk sekarang tidak usah takut, karena pesan di whatsapp dapat dihapus baik pesan personan maupun grup.

Untuk melakukan penghapusan pesan yang salah atau kurang etis adalah dengan cara tahan pesan-pesan yang ingin dihapus kemudian pilih ikon tong sampah dan pilih hapus. Kalau di grup perlakuannya sama, tapi ada pilihannya yakni hapus untuk saya atau hapus untuk semua.

Namun, perlu diingat juga, bahwa pesan yang dapat dihapus adalah pesan yang dikirimya kurang dari 1 jam 8 menit 6 detik. Tetap hati-hati dalam mengirimkan pesan, dan selalu melihat layar pnsel tiap akan mengirimkan pesan, biar tidak salah masuk grup.

3. Kamu dapat Merekam pesan suara melalui Whatsapp

kini Pengguna WhatsApp tak perlu lagi harus menahan tombol mikrofon dalam waktu yang lama untuk merekam pesan suara atau voice note.

Fitur voice note sekarang ini begitu memudahkan kamu dalam merekam suara, cukup dengan hands-free alias lepas tangan.

Caranya, saat kamu ingin merekam suara, kau cukup menekan tombol mikrofon lalu usap (swipe) ke atas sampai muncul gambar gembok terbuka. Fungsi rekamanpun akan terkunci selama proses perekaman berlangsung.

Selama perekaman sedang berlangsung, kamu masih bisa tetap menggulir chat di jendela obrolan yang terbuka, sehingga kamu masih bisa melihat lagi pesan mana yang harus dijawab.

4. Kamu bisa mengirim pesan WhatsApp ke nomor yang belum tersimpan 

Cukup ribet sih, saat ada nomor baru, atau kamu cuma mau nanya pada sebuah toko online melalui Whatsapp dengan harus menyimpan nomor mereka ke dalam kontak. Tidak seperti sms, bisa kirim pesan tanpa harus menyimpan nomornya terlebih dahulu.

WhatsApp telah menguji coba domain baru mereka yakni "wa.me", di pembaruan WhatsApp beta Android versi 2.18.138.

Domain tersebut memungkinkan kamu bisa mengirim pesan tanpa harus menyimpan nomor pengguna WhatsApp lain terlebih dahulu.

Untuk melakukannya, silahkan menuju browser ponsel. Caranya, dengan ketik domain "wa.me/" di browser, kemudian diikuti nomor tujuan dengan menyertakan nomor kode negara pada browser.

Contohnya, "wa.me/6281754955555" (tanpa tanda kutip), maka pengguna akan segera dibawa ke tautan pendek api.whatsapp.com.

Terus ketuk "Message" atau "pesan" di kotak dialog bewarna hijau untuk langsung menuju jendela percakapan atau obrolan chating.

Nah, setiap kali kamu menggunakan domain tersebut, WhatsApp akan selalu mengecek apakah nomor tujuan pengguna sudah terdaftar sebagai pengguna WhatsApp atau tidak. Sehingga bagi yang belum mendaftar whatsapp tidak bisa menggunakan fitur ini.

5. Sekarang Kamu bisa Membungkam obrolan anggota grup WhatsApp

Saat sedang melakukan sharing digrup Whatsapp, terkadang ada saja anggota grup yang nylonong memotongnya. Entah dengan pertanyaan yang berhubungan, atau tidak. Kadang malah cuma sekedar tulisan "Nyimak". Tidak enak banget ya...

Perbarui whatsappmu dan melalui fitur baru yang bernama "Only Admins", di dalam menu tersebut pilih  "Send Message" di setting aplikasi. Dengan kamu mengaktifkan opsi ini, maka hanya anggota yang terdaftar sebagai administrator sajalah yang bisa mengirim pesan ke grup tersebut.

Kehadiran fitur baru tersebut, diharapkan bisa "membungkam" celotehan para anggota grup tersebut ketika sedang melakukan sharing hal yang penting agar tidak disela.

Sekali lagi, cara untuk melakukan pembungkapan tersebut, admin grup bisa membuka "Group Info" (info grup) lalu pilihlah "Group Setting" dan kemudian pilih opsi "Send Message".

6. Kamu bisa Melakukan "Group Video Calling"

Dalam update-an teranyarnya, WhatsApp mulai dilengkapi dengan fitur "Group Video Calling". Jadi kalau kamu akan melakukan sharing seperti webminar, bisa dengan menggunakan whatsapp video calling.

Untuk melakukan video calling di grup, caranya, saat sudah melakukan video call dengan salah satu orang, kemudian ketuk ikon kontak bertanda + di pojok kanan atas, terus pilihlah kontak yang ingin diajak bergabung dalam video calling.

Saat sudah mengajak dua atau tiga orang masuk dalam satu obrolan, maka untuk penerima video call selanjutnya bisa melihat foto profil dan nomor atau nama semua partisipan yang sudah bergabung. Dengan begitu akan bisa membantu penerima video call lain untuk menentukan pilihan apakah ingin bergabung atau tidak.

7. Kamu juga bisa Menampilkan pesan yang dihapus

Setelah WhatsApp merilis fitur delete for everyone, yakni fitur yang bisa menghapus pesan yang dikirim dengan waktu kurang dari tujuh menit, jika melebihi dari tenggat waktu tersebut, maka pesan tak akan bisa dihapus.

Bagaimana cara untuk mengetahui pesan yang sudah dihapus? segera kamu unduh dan instal aplikasi Recent Notification. Setelah kamu mengunduh, buka pesan WhatsApp serta buka juga aplikasi Recent Notification. Maka akan secara otomatis, aplikasi tersebut menampilkan rekaman pesan WhatsApp yang sudah dihapus.

Bagaimana temen-temen? bisa dicoba fitur-fitur diatas, atau mungkin sebagian sudah ada yang mengetahuinya, kalau sudah mengetahui, kira-kira menambah manfaatnya atau tidak ya?

  

Oleh Yogi Permana
Pustaka
Tribun
Doa kami, Semoga rezeki berlimpah untuk sobat semua hari ini. Aamiin
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments