--> Skip to main content

Ini Lho Penyebab Kenapa Suhu Begitu Dingin Ketika Sore dan Malam Hari, Bukan Karena Fenomena Aphelion

Ini Lho Penyebab Kenapa Suhu Begitu Dingin Ketika Sore dan Malam Hari, Bukan Karena Fenomena Aphelion

Ini Lho Penyebab Kenapa Suhu Begitu Dingin Ketika Sore dan Malam Hari, Bukan Karena Fenomena Aphelion - Beberapa hari belakang ini, suhu di Pulau Jawa terasa begitu dingin ketika sore hari dan malam hari. Bahkan tersebar dan juga viral video-video kondisi dingin yang cukup ekstrim seperti di Bandung dan juga di Dieng Wonosobo. Dimana video yang beredar, disebuah kebun di Dieng Wonosobo sampai kabutnya berubah menjadi es yang menutupi lahan-lahan tanaman, suhunya mencapai 2 derajat celcius.

Jelas, ini bukan sebuah hal yang wajar, di dataran rendah saja yang seharusnya panas ataupun minimal tidak terlalu dingin, bisa bikin gemetar tubuh. Itu berada didalam rumah, apalagi kalau berada di luar rumah.

Dari viralnya suhu yang cukup ekstrim penurunannya ini, tersebar viral bahwa penyebab suhu dingin adalah karena Fenomena Aphelion. Kalau secara arti Fenomena Aphelion sendiri merupakan titik terjauh jarak antara Matahari dengan Bumi, Fenomena astronomis yang terjadi setahun sekali pada kisaran bulan juli. Karena pada saat yang sama juga, Indonesia di bulan tersebut juga sedang mengalami musim kemarau. Nah, hal tersebutlah yang menyebabkan suhu dingin dikaitkan sebagai dampak dari fenomena Aphelion.

Silahkan Baca :  Mawar Hitam Benar-benar ada, bukan cuma dalam Film Horror saja

Namun, setelah BMKG merilis penyebabnya, semua jadi tercerahkan. Bahwa penyebab suhu yang cukup ekstrim dinginnya terutama di Pulau Jawa, Bali, NTB dan NTT adalah karena jumlah uap air di atmosfer cukup sedikit.

Sehingga energi panas yang dikeluarkan oleh Bumi ke luar angkasa tidak cukup tersimpan di atmosfer. Secara fisis, uap air dan air merupakan zat yang cukup baik dalam menyimpan energi panas. Itulah kenapa pada musim penghujan malah terasa lebih hangat.

Untuk lebih jelasnya bisa di lihat rilis dari BMKG di bawah ini :

Ini Lho Penyebab Kenapa Suhu Begitu Dingin Ketika Sore dan Malam Hari, Bukan Karena Fenomena Aphelion

Semoga mencerahkan. Tapi tetep ingat, kita juga mesti melakukan persiapan untuk menghadapi kondisi udara dingin yang cukup ekstrim ini. Bisa dengan menggunakan baju lengan panjang dan celana panjang dilengkapi jaket hangat untuk menangkal rasa dingin.

Atau bisa juga menggunakan selimut yang cukup tebal ketika tidur, agar badan terasa hangat. Apapun kondisinya, kita harus selalu siap sedia.



  

Penulis : Yogi Permana
Doa kami, Semoga rezeki berlimpah untuk sobat semua hari ini. Aamiin
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar