--> Skip to main content

Cara Membuat Asbak Rokok Berbentuk Bunga dari Tempurung Kelapa | Kerajinan Tempurung Kelapa

Cara Membuat Asbak Rokok Berbentuk Bunga dari Tempurung Kelapa | Kerajinan Tempurung Kelapa

Disekitar tempat tinggalnya banyak Limbah Kelapa nggak? kalau ada, mari yuk, manfaatkan menjadi sebuah kerajinan tangan dari tempurung kelapa

Atmosterku.com | Cara Membuat Asbak Rokok Berbentuk Bunga dari Tempurung Kelapa | Kerajinan Tempurung Kelaa - Asbak rokokmu dimeja tamu gitu-gitu aja? nggak menarik? kurang estetik? Coba deh buat dengan Bahan Batok Kelapa. Jadi kalau di rumah atau di daerahmu banyak limbah batok kelapa atau tempurung kelapa ini, jangan sekedar dibakar. Tapi dimanfaatkan sebagai bahan kerajinan tangan. 
 
Selain bahannya alami, jika sudah dibentuk, hasilnya juga, hmmm... bisa nambahin isi kantong alias mempertebal dompet. Ini jadi sebuah peluang juga. Syaratnya kalau mau ngolah tempurung kelapa jadi kerajinan ya harus telaten, punya kemauan, dan sabar.
 
Karena berhubungan dengan seni dan imajinasi, berarti kamu harus mampu menggabungkan creatifitas dan imajinasi Kehaluanmu nantinya bisa jadi duit kalau mampu menggabungkan. Mantap kan!
 

Kerajinan Tempurung Kelapa menjadi Asbak yang Unik Berbentuk Bunga

 
Salah satu yang bisa dibuat adalah Asbak Rokok, kenapa asbak rokok? karena di Indonesia, orang merokok itu suangat banyak. Hampir bisa ditemui dijalan atau dimanapun orang yang merokok. Bahkan jika sehari teman-teman datang, pasti ada salah satu yang merokok. Dan harus tuh nyiapin asbak. Jadi peluang kan, Asbak Rokok buat para tuan rumah. Hehe
 

Cara Pembuatan Asbak Rokok Berbentuk Bunga dari Tempurung Kelapa

 
Kemudian untuk pembuatannya kira-kira susah nggak ya? nah, diawal sudah dituliskan, jika kamu ingin mencoba membuat kerajinan tempurung kelapa harus punya kemauan dan sabar, karena dalam proses pembuatannya, kamu harus bener-bener sabar dalam mengamplas, menggergaji, dan mengamplas. 
 
 
Butuh beberapa waktu untuk melatihnya, tapi jika sudah punya kemauan, akan mempercepat belajarmu, yang terpenting dicoba dulu.
 
Tak usah berlama-lama ya, berikut ini cara membuat asbak rokok berbentuk bunga dari tempurung kelapa
 
1. Jelas, kamu harus menyiapkan bahan-bahannya, yakni Termpurung kelapa dan juga ranting bambu atau bambu yang kecil
 
 
2. Buat sketsa tempat abu rokoknya (bentuk bunga), dan juga daunnya, yang nanti untuk menghias bunganya agar menjadi lebih menarik

 
3. Sketsa tadi yang dibuat dengan kertas (kertas manila), kemudian diblad di tempurung kelapanya, semua bentuk, baik bunganya ataupun daunnya

 
 
4. Setelah selesai membuat gambar di tempurung kelapanya, selanjutnya adalah memotongnya dengan menggunakan gergaji manual atau menggunakan gergaji mesin scroll saw.

 
5. Hasilnya setelah gambar di tempurung kelapa dipotong

 
6. Kemudian menyiapkan bambu dan potong dengan gerjadi, bambu disini nantinya akan dibuat untuk penyangga bunganya, atau tangkai bunganya.

 
7. Berikut ini semuar part yang akan dirangkai, tapi ini masih kurang, yakni dudukan dari tempurung kelapanya. Tinggal kita potong tempurung kelapa dan diamplas, agar serat kasarnya hilang

 
8. Kalau semua part sudah jadi, selanjutnya kita amplas semuanya dengan menggunakan amplas no 60, kalau untuk menghaluskan sebelum difinishing gunakan amplas yang nilainya besar, seperti no 240

 
9. Jika semua sudah selesai, tinggal kita rangkai semua part yang tadi digergaji.

 
 
10. Untuk bagian daunnya, bisa kita bentuk tulang daunnya, agar tidak terlalu kaku

 
11. Saat merangkai gunakan Lem G, karena cepet merekat dan cepet kering. Pasang semua daunnya.

 
12. Finishingnya ya kita semprot dengan pilox. Semprot hingga rata kesemua bagian. Setelah disemprot didiamkan, atau dijemur.

 
13. Setelah kering, kita balik, berganitan, kini yang bagias atas mulai dari daun dan asbak rokoknya

 
14. Dan inilah hasilnya, Asbak Rokok dari Tempurung Kelapa.


Cara Membuat Asbak Rokok Berbentuk Bunga dari Tempurung Kelapa | Kerajinan Tempurung Kelapa
 
 
Masih bingung cara buatnya? simak videonya Cara Membuat Asbak Unik Bentuk Bunga dari Batok Kelapa.
 
 
  
"Selama kita masih punya hati yang hidup, mari sebarkan kebaikan" www.atmosferku.com
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar