--> Skip to main content

Jauhi 4 Perkara Ini, Jika Kamu Ingin Merasakan Kebahagiaan

 Dalam hidup akan selalu ada sumber ketidakbahagiaan

Jauhi 4 Perkara Ini, Jika Kamu Ingin Merasakan Kebahagiaan
Meloncat, bisa menjadi sebuah ekspresi bahagia. (google.com)

Atmosferku.com - Bahagia, siapa sih yang setiap harinya nggak ingin merasakan bahagia? siapa coba? pasti semua insan menginginkan kebahagiaan. Cara apapun biasanya dilakukan untuk mendapat rasa tersebut. Entah itu dengan berbelanja, main PS, kumpul dengan teman, nonton komedi, atau melalui sebuah tulisan dan masih banyak cara yang berbeda dilakukan oleh orang lain.

Namun, semua cara tersebut hanya untuk satu tujuan, yakni kebahagiaan. Sebelumnya kita mesti tahu makna dari kebahagiaan sendiri itu apa? Kebahagiaan merupakan suatu keadaan pikiran atau perasaan yang ditandai dengan kecukupan hingga kesenangan, cinta, kepuasan, kenikmatan, atau kegembiraan yang intens. Dalam Islam, kebahagiaan tercurahkan bersama dengan rasa syukur pada Allah.





Beberapa dari kita sering kali merasa bahwa untuk mendapatkan rasa bahagia, rasa yang bener-bener bahagia itu nggak mudah. Karena terkadang rasa bahagia hanya sebuah kamuflase dihadapan orang, atau hanya sekedar pemaksaan diri untuk bahagia.

Silahkan Baca :  Jauhi 7 Perkara ini, Karena Bisa Menyebabkan Lemah Imanmu

Sebenarnya, perasaan sulitnya mendatangkan rasa bahagia ke dalam relung hati adalah akibat dari perilaku dan sikap diri kita sendiri. Masih juga belum percaya? kenapa akibat dari perilaku kita sendiri? okelah, mari kita bahas 4 perkara Apa yang menjadi sumber ketidakbahagiaan? dan kemudian jauhi 4 perkara ini jika kamu ingin merasakan kebahagiaan.

1. Merasa kita ini penting sekali.
Pernah merasakan diri kita ini penting? kemungkinan setiap insan pernah merasakan hal tersebut. Dimana memposisikan diri lebih penting dari orang lain. Dan menyepelekan orang lain, menyepelekan ajakan orang lain. 

Kadang dalam hati bicara, "siapa elu ngajak-ngajak gua". Ini yang menyebabkan rasa selalu diatas, ingin selalu diatas dan lebih penting dari teman-temannya.

2. Merasa kita ini lebih baik dari orang lain.
Takabur, Ujub, Sombong. Ketiganya hampir mirip. Sama-sama menganggap diri lebih atau paling baik. Padahal sifat ini sangat dibenci oleh Allah, namun tanpa sada sering kita mendapati sikap tersebut. Selalu merasa lebih baik, juga akan menekan hati, karena nafsu telah menyelimuti hatinya untuk jadi lebih baik dan meremehkan orang lain.

Jauhilah, karena sikap ini, akan membuat kita jauh dari yang namanya kebahagiaan. Bahkan akan membuat kita semakin nggak bahagia. Perasaan was-was akan tersaingi akan membutakan diri. Setiap hari akan berjibaku dengan rasa nggak tenang.

3. Terbiasa menghakimi dan menuduh orang lain.
Sekarang ini sedang bahayanya, dari medsos. Coba sekarang perhatikan setiap untaian kata yang hadir dalam timeline facebook, twitter, maupun instagram. Semua saling berlomba-lomba untuk menuduh dan menghakimi suatu kalangan. Seharusnya, mesti mencari dulu kebenarannya, baru men-Share, atau baru mengomentari. Kadang hanya dari membaca judulnya saja, sudah terhasut untuk menuduh serta menghakimi.

Menuduh yang bukan faktanya pada suatu kalangan, bisa dalam kategori fitnah. Dan kita semua tahu bahwa betapa kejinya memfitnah, bahkan fitnah itu lebih kejam daripada pembunuhan.

Semakin sering menghakimi dan menuduh orang lain, akan semakin membuat hati nggak tenang.  

4. Mengomentari semua hal, padahal tidak ada urusannya dengan kita.
 Nah, ini juga sering tampil distatus-status sosial media, kita yang sama sekali nggak menguasai ilmunya akan ikut berkomentar atau ikut membahas, berdebat. Ya jelas, akibatnya kita yang nggak menguasainya ilmunya hanya akan merasa marah dan sebel. Apa dengan kondisi tersebut kita akan tenang? sama sekai Nggak!

Termasuk juga dalam kategori Ghibah, tau kan bagaimana ngerinya ghibah? ber-Ghibah itu seakan kita memakan daging saudara sendiri. Ikh, ngeriiii yaa.... seperti kanibal gitu!

Silahkan Baca : Jangan Mudah Menghujat Perubahan Baik Seseorang, Karena Tahapan Hidup Seseorang Itu Berbeda

Bahaya laten ghibah sudah menyebar kemana-kemana, yang dulunya identik dengan ibu-ibu. Kita sudah dilakukan laki-laki juga. Mengomentari urusan orang lain, yang bukan menjadi urusan kita. Apalagi disebarluaskan. Sampai melakukan ghibah berjamaah, haduh, Ini juga akan membuat kita nggak tenang. 

Itulah kenapa, orang tua dulu selalu menasihati, selalulah bercermin, selalulah pandai menilai diri, dalam bahasa Sunda, 'kita teh saha?' , kalau dalam bahasa ngapak, 'Nyong sih sapa ya' maksudnya Kita itu siapa sih, kok segitunya banget?

Dengan begitu kita akan lebih bisa membatasi diri, dan tidak lagi berkamuflase dalam kebahagiaan. Namun bener-bener merasakan kebahagiaan.

Tapi satu hal yang pasti, bersyukurlah setiap saat niscaya kita akan merasakan kebahagiaan.

Kata pepatah jawa gini, 
"witing Syukur jalaran seko roso urip Seneng". :-)


 



Terima kasih ya telah menyempatkan waktu untuk membaca Jauhi 4 Perkara Ini, Jika Kamu Ingin Merasakan Kebahagiaan
Mari menjadi pahlawan penyebar kebaikan dengan men-SHARE artikel Ini. Semoga rezeki berlimpah untuk sahabat yang sudah menjadi pahlawan penyebar kebaikan. Aamiin
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar