Mengagumkannya Rasulullah SAW, Kenapa Kita dianjurkan untuk Berkuda?

shares |

Berkuda menjadi salah satu hiburan yang dianjurkan




Mengagumkannya Rasulullah SAW, Kenapa Kita dianjurkan untuk  Berkuda?
@asmaulhusna_d

Atmosterku.com | Mengagumkannya Rasulullah SAW, Kenapa Kita dianjurkan untuk Berkuda? - Siapa dari temen-temen yang pernah berkuda? apakah sudah ada yang pernah? jadi berkuda mempunya arti suatu istilah kegiatan yang berkaitan dengan ketrampilan dalam menunggangi, melompat, dan membuat kuda berlari lebih cepat atau berhenti.

Intinya sih, ketrampilan kita dalam mengendarai seekor kuda. Nggak mudah memang untuk yang belum pernah, bisa terjatuh. Sehingga bagi yang belum pernah, mau mencoba, mesti didampingi dengan yang ahlinya.  Untuk mengurangi resiko-resiko yang nggak diinginkan.

Apa asyiknya berkuda? sampai kenapa kita dianjurkan untuk berkuda? berkuda bukan hanya melatih mental diri kita agar lebih berani, melainkan ada banyak essensi yang bisa didapatkan dengan berkuda. Hewan ini juga terdapat dibelahan bumi manapun, lincah, cepat dan bersahabat namun bisa jadi dia tiba-tiba tegas. Mungkin itu, kenapa tidak berUnta atau berGajah. Hehehe..

Kenapa mesti tertarik berkuda? jadi Begini.


Umar bin Khattab pernah berseru, "Ajari anak-anakmu berenang, memanah, dan berkuda."

Bahkan kuda juga disebutkan didalam Al Qur'an secara khusus bukan ikut dalam kategori hewan ternak. Berikut ayatnya.

"Dijadikan terasa indah dalam pandangan manusia cinta terhadap apa yang diinginkan, berupa perempuan-perempuan, anak-anak, harta benda yang bertumpuk dalam bentuk emas dan perak, kuda pilihan, hewan ternak dan sawah ladang. Itulah kesenangan hidup di dunia, dan di sisi Allah-lah tempat kembali yang baik", Ali Imron ayat 14. 

Luar biasa bukan seekor kuda itu, jadi nggak ada salahnya kita mencoba untuk berlatih berkuda sekali-kali, bukan hanya berlatih mengendarai mobil atau motor. Konon, berkuda juga memberikan efek terapi untuk kesehatan juga seperti stress. Sedikit menjawab kenapa kita dianjurkan untuk berkuda?

Berkuda menjadi salah satu hiburan yang dianjurkan, selain dari manfaatnya, juga merupakan sebuah hiburan yang malah dianjurkan. Nggak percaya? berikut disimak

“Segala sesuatu selain zikir kepada Allah adalah sia-sia dan permainan belaka, kecuali empat hal, yaitu latihan memanah, candaan suami kepada istrinya, seorang lelaki yang melatih kudanya, dan mengajarkan renang." HR Timirdzi.


"Setiap hal yang melalaikan seorang Muslim hukumnya batil, kecuali memanah dengan busur, melatih kuda, dan canda dengan istri.” HR Ibnu Majah.

"Pada ubun-ubun kuda itu, telah ditetapkan kebaikan, hingga Hari Kiamat." HR Bukhari.

Berkuda melatih ketenangan, keberanian, dan kepemimpinan. Itu beberapa manfaatnya. Hal ini yang pernah pernah ditanya langsung oleh guru saya Mas Ippho Santosa pada Aa Gym dan Ust Arifin Ilham. Yang menarik, zaman sekarang penyewaan kuda hadir dimana-mana dengan biaya yang relatif terjangkau.

Berkuda bukan hanya melatih mental diri kita, melainkan ada banyak essensi yang bisa didapatkan dengan berkuda. Hewan ini juga terdapat dibelahan bumi manapun, lincah, cepat dan bersahabat namun bisa jadi dia tiba-tiba tegas. Mungkin itu, kenapa tidak berUnta atau berGajah, karena kita bisa mengambil pelajaran dari Berkuda. Mesti mampu beradaptasi dimanapun tempatnya, lincah dan cepat dalam setiap mengambil tindakan, menghindari segala keburukan. Bersahabat dan mampu menjadi tegas pada waktunya, bisa bersahabat dengan banyak orang yang berbeda suku, agama, hobi maupun pergaulan, tapi ada saatnya tegas, ketika berhubungan dengan keburukan atau sesuatu yang diluar aturan Allah. Wallahu a'lam...

Kalau kita menganggap berkuda sebagai olahraga? Yah, boleh juga. Insya Allah ini pun bagian dari syukur nikmat dan berpahala. Kok bisa? Begini. Tubuh yang sehat itu kan nikmat dan perlu dijaga. Right? Tulisan ini boleh Anda share.


Di sini saya melihat visi Nabi dan Umar yang mengagumkan. Benar-benar mengagumkan. Coba perhatikan baik-baik. Mereka menganjurkan berkuda, bukan berunta. Karena tidak semua negeri ada unta. Tapi kalau kuda, ada dimana-mana. Ya nggak?.

Tak ada salahnya kalau kita dan anak-anak kita mulai mencoba. Berkuda. Syukur-syukur dimampukan untuk rutin. Semoga berkah berlimpah.

  
Pustaka : WA Ippho Santosa
Terima kasih ya telah menyempatkan waktu untuk membaca  Mengagumkannya Rasulullah SAW, Kenapa Kita dianjurkanuntuk  Berkuda?
Doa kami, Semoga rezeki berlimpah untuk temen-temen semua hari ini. Aamiin

Artikel Lainnya

Related Posts

0 komentar:

Post a Comment