Skip to main content

Praktikum : Membuat Tornado Dalam Botol

Mempelajari praktikum-praktikum Ilmu Pengetahuan yang sederhana bersama anak-anak akan sangat membantu saraf motorik anak-anak. Pada kali ini atmosferku.blogspot.com menuliskan tentang praktikum atau percobaan untuk membuat Tornado sederhana dengan menggunakan sebuah botol bekas yang sudah tidak digunakan. Percobaan ini menggunakan bahan-bahan yang ada disekitas kita. Percobaan ini lebih aman dari pada harus mengamati Tornado secara langsung. Hehehe.. ^ ^

Pict From Google
Ikuti petunjuk yang ada dan pehatikan pusaran airnya!
Apa yang kita Butuhkan?
  • Air
  • Sebuah botol plastik bening dengan tutupnya (botol air mineral)
  • Glitter (serbuk kristal) atau bisa diganti dengan pewarna.
  • Sabun Cuci Piring

Apa yang harus kita lakukan?
  • Isi botol plastik dengan air hingga mencapai sekitar tiga perempat penuh.
  • Tambahkan beberapa tetes mencuci piring cair
  •  Taburkan dalam beberapa mencubit glitter (ini akan membuat tornado Anda lebih mudah untuk melihat).
  • Tutupnya dipasang erat. 
  • Mengubah botol terbalik dan tahan dengan leher. Cepat berputar botol dalam gerakan melingkar selama beberapa detik, berhenti dan melihat ke dalam untuk melihat apakah Anda dapat melihat tornado Mini membentuk di dalam air. Anda mungkin perlu mencoba beberapa kali sebelum Anda mendapatkannya bekerja dengan benar.

Kemudian apa yang akan terjadi?
Kocok botol dengan cara menggerakannya secara berputar dengan kencang. Paling cukup dalam waktu 5-10 detik. Kemudian tunggu, dan perhatikan. Pusaran air akan perlahan nampak seperti bentuk Tornado Mini. Air dengan cepat berputar disekitar pusat pusaran gaya sentripetal ( Gaya yang membuat suatu benda bergerak melingkar ). Seperti halnya Tornado yang terjadi di alam, Pada Tornado juga akan mengalami gaya sentripetal. 


Demikianlah artikel dari atmosferku.blogspot.com tentang Praktikum : Membuat Tornado Dalam Botol Anda menyukai dan juga bermanfaat untuk yang lain informasi ini, mohon share dengan memberikan like, twit atau berkomentar di bawah ini sehingga bisa menjadi referensi bagi sahabat semua di jejaring sosial Anda. Terima kasih. 
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar