Skip to main content

Belajar Fisika Tentang Gaya Gesekan

Mempelajari Ilmu Pengetahuan bersama atmosferku.com  tentang Belajar Fisika Tentang Gaya Gesekan. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan kita, sehingga akan memudahkan kerja kita dalam kehidupan sehari-hari.

Belajar Fisika Tentang Gaya Gesekan
Pict from Google

Gaya Gesekan, Gaya Gesekan, hmm... Gaya Gesekan..
Adakah yang mengetahui pengertian istilah fisika tersebut? pasti sebagian sudah pada tau, karena gaya gesekan seringkali kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Bahkan sekarang gaya gesekan sudah ikut menjadi sebuah kebutuhan primer. Apa itu? dan adakah contoh yang lainnya dalam kehidupan sehari-hari? oleh sebab itu mari kita belajar bersama tentang Gaya Gesekan beserta contoh dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Karena gaya gesekan ternyata sangat dibutuhkan dalam aktivitas. 

Untuk memulai, coba perhatikan anak-anak yang sedang bermain di prosotan. Anak-anak naik, kemudian meluncur mulus melalui papan prosotan. Apa yang menyebabkan anak-anak bisa meluncur mulus? selain karena papan prosotan dibuat menurun ada penyebab lainnya, penyebab lainnya adalah adanya Gaya Gesekan antara papan prosotan dengan tubuh si anak. 

Apa sebenarnya Gaya Gesekan itu? apa saja akiba-akibat yang bisa terjadi? semua akan diketahui setelah membaca tulisan mengenai belajar fisika tentang gaya gesekan ini. So, teruslah membaca dengan riang dan kemudian berbagi lah pengetahuan pada yang lain. 

Pengertian Gaya Gesekan

Gaya Gesekan merupakan gaya yang bekerja pada dua buah benda yang saling bersentuhan. Gaya Gesekan terjadi jika benda padat bersentuhan dengan benda padat, cair, dan gas atau sebaliknya. Selain itu Gaya Gesekan juga terjadi jika 2 buah benda yang bersentuhan tersebut bergerak berlawanan arah. 

Hukum gerak yang melibatkan gesekan pertama kali diungkapka oleh Leonardo Da Vinci (1452-1591), sebagai berikut:
  1. Gesekan yang ditimbulkan pada berat yag sama akan sama pula pada permukaan geraknya, walaupun lebar atau panjangnya berbeda 
  2. Gesekan megakibatkan banyaknya kerja menjadi dua kali lipat beratnya bila beratnya dijadikan dua kali.
Dalam kehidupan sehari-hari kita sering menjumpai dan bahkan sering bersinggungan dengan gaya gesekan, kita juga merasakan pengaruh yang langsung terasa sebagai akibat dari adanya gaya gesekan.
  • Kita akan lebih mudah mendorong benda di lantai yang licin dibandingkan di lantai yang kasar.
  • Gesekan yang terjadi dapat menimbulkan permukaan benda menipis atau aus.
  • Terkadang, gesekan membuat kita harus mengeluarkan gaya yang lebih besar 
  • Kita dapat mudah berhenti ketika menge-rem atau bisa tergelincir

BACA JUGA :
  
Gaya gesekan juga dinyatakan dengan konsep berikut:
  1. Gaya gesekan timbul ketika ada dua buah benda yang saling bersentuhan. Oleeh karena itu, gaya gesekan juga termasuk gaya kontak
  2. Gaya gesekan merupakan gaya kontak yang sejajar dengan bidang sentuh dan memiliki arah yang selalu berlawanan.
Nah, sekarang kita akan mengetahui gaya gesekan dalam kehidupan sehari-hari. Berikut ada beberapa contoh dari yang menguntungkan maupun yang merugikan sebagai akibat dari adanya gaya gesekan. 

Gaya gesekan yang merugikan

Gesekan yang terjadi pada beberapa bagian mesin kendaraan menimbulkan panas sehingga mesin kendaraan semakin lama akan rusak. Untuk mencegah hal demikian, makanya kendaraan mesit di oli, sehingga tidak bergesekan secara langsung.
Gesekan antara ban kendaraan dengan jalan aspal. Jika kita sering berkendara, akan menemui dimana ban kendaraan akan menipis dan ulir-ulir pada ban akan hilang. Ini bisa mengakibatkan kendaraan tergelincir, karena Ban sudah halus.
Sewaktu mendorong benda di lantai yang kasar, itu akan menguras tenaga kita. Sehingga terkadang diperlukan kain untuk memperkecil gaya gesekan dengan lanti yang kasar.

Gaya gesekan yang menguntungkan
  • Kita dapat berjalan di atas tanah atau lantai karena adanya gaya gesekan yang terjadi antara permukaan tanah dengan alas kaki
  • Prinsip kerja pada rem kendaraan, gesekan antara piringan rem dengan roda akan membuat kecepatan kendaran dapat melambat.
  • Gesekan dengan udara pada penerjun payung dengan udara, sehingga penerjun payung bisa mendarat dengan selamat.
  • Gesekan antara atmosfer dengan meteor akan membakar habis meteor yang jatuh ke Bumi. Jika tak memliki atmosfer, bisa-bisa Bumi sudah menjadi bulan-bulanan meteror yang jatuh ke Bumi.

Gaya gesekan yang bekerja pada dua buah benda yang bersentuhan juga bisa menghasilkan sesuatu yang baru. Apa saja itu?
  • Gaya gesekan menimbulkan energi bunyi. Ini seringkali terjadi saat kita berjalan, saat alas sepatu bersentuhan dengan lantai menimbulkan bunyi, ciit..ciitt..ciit..
  • Gaya gesekan dapat menghasilkan energi panas. Coba gesekan telapak tangan anda yang kiri dan kanan, lama-lama akan terasa hangat dan semakin lama akan merasakan panasnya. 
  • Gaya gesekan dapat menghasilkan kilatan api. Coba perhatikan pandai besi yang sedang menggerenda besi, terkadang kita akan melihat kilatan yang muncul akibat dari gaya gesekan antara gerenda dan besi
  • Gaya gesekan dapat menimbulkan api. Pernah mencoba seperti manusia purba? untuk menghangatkan tubuhnya pada musim dingin, mereka menggunakan batu yang digesekan atau dengan kayu yang digesek-gesekan pada daun yang kering untuk membuat api.
  • Gaya gesekan dapat menghasilkan listrik. Ini terjadi pada beberapa pembangkit listrik, seperti pembangkit listrik tenaga air maupun angin. gaya gesekan kincir angin dengan angin akan mengakibatkan kincir berputar, yang kemudian disambungkan dengan generator utnuk mengubahnya menjadi listrik. Begitu juga dengan kincir air. Jadi yang menghasilkan listrik bukan hanya belut listrik. ^ ^
Sekian dulu penjelasan dari atmosferku.com untuk selanjutnya kita akan membahas macam-macam gaya gesekan.

Demikianlah artikel dari atmosferku.com tentang Belajar Fisika Tentang Gaya Gesekan Anda menyukai dan juga bermanfaat untuk yang lain informasi ini, mohon share dengan memberikan like, twit atau berkomentar di bawah ini sehingga bisa menjadi referensi bagi sahabat semua di jejaring sosial Anda. Terima kasih.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar