Skip to main content

Praktikum Membuat Pelangi Sendiri

Mempelajari praktikum-praktikum Ilmu Pengetahuan yang sederhana bersama anak-anak akan sangat membantu saraf motorik anak-anak. Pada kali ini atmosferku.com menuliskan tentang praktikum atau percobaan untuk Membuat Pelangi Sendiri. Percobaan ini menggunakan bahan-bahan yang ada disekitar kita. Percobaan ini sangat aman, bahkan cukup dilakukan di dalam ruangan. Hehehe.. ^ ^
 
Praktikum Membuat Pelangi Sendiri
Pict From nationalgeographic.co.id


Pelajari cara membuat pelangi dengan percobaan sains menyenangkan bersama anak-anak tercinta. Bahan-bahannya pun sangat mudah dan murah. Menggunakan beberapa bahan sederhana yang sehari-hari dipakai, melalui percobaan ini, anak-anak akan mengetahui bagaimana pelangi bekerja. Selain itu, dengan melakukan percobaan sederhana seperti membuat pelangi sendiri menjadi aktivitas yang menyenangkan serta sempurna untuk anak-anak.


Bahan-bahan yang dibutuhkan

Segelas air (sekitar tiga perempat penuh)
kertas putih
Hari yang cerah

Petunjuk Percobaan

Ambillah segelas air dan kertas, kemudian carilah ruangan di rumah yang sinar matahari bisa menerobos masuk (biasanya di dekat jendela).
Setelah berada di ruangan yang ada sinar mataharinya, pegang gelas air (berhati-hatilah agar tidak tumpah). Kemudian taruh kertas di bawah gelas dan saksikan sinar matahari akan melewati segelas air, dan dibiaskan  membentuk pelangi warna yang terlihat pada lembar kertas.
Coba pegang segelas air pada ketinggian dan sudut yang berbeda untuk melihat apakah ia memiliki efek yang berbeda.


BACA JUGA

Apa yang terjadi?


Meskipun biasanya melihat pelangi sebagai busur (lengkungan) warna di langit, mereka juga dapat terbentuk dalam situasi lain. Mungkin pernah melihat pelangi di air mancur atau dalam kabut air terjun dan sekarang bahkan dapat membuat sendiri seperti yang dilakukan dalam percobaan membuat pelangi sendiri ini.

Pelangi terbentuk di langit ketika sinar matahari dibiaskan (dibelokkan) saat melewati air hujan, sinar matahari melakukan hal sama ketika melewati segelas air. Sinar matahari dibiaskan, memisahkannya ke dalam warna mejikuhibiniu ( merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila, dan ungu ). Warna, cahaya, dan air merupakan faktor penting terjadinya Pelangi. Dalam percobaan ini kita juga bisa memberikan nasehat kepada anak-anak dengan belajar dari pelangi, keindahan dari banyak perbedaan.

Demikianlah artikel dari atmosferku.com tentang Praktikum Membuat Pelangi Sendiri Anda menyukai dan juga bermanfaat untuk yang lain informasi ini, mohon share dengan memberikan like, twit atau berkomentar di bawah ini sehingga bisa menjadi referensi bagi sahabat semua di jejaring sosial Anda. Terima kasih.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar