Skip to main content

LAGU ANDAIKAN KAU DATANG KEMBALI, MAKNANYA BIKIN MERINDING... SHARE YAA!!


Atmosferku.com - Pernah mendengar lagu legendaris ciptaan Koes Plus di bawah ini :


LAGU ANDAIKAN KAU DATANG KEMBALI, MAKNANYA BIKIN MERINDING... SHARE YAA!!
Ilustrasi oleh Yogi Permana






Terlalu indah di lupakan
Terlalu sedih di kenangkan
Setelah aku jauh berjalan
Dan kau ku tinggalkan
*
Betapa hatiku bersedih
Mengenang kasih dan sayangmu
Setulus pesanmu
Kepadaku
Engkau kan menunggu

Andaikan kau datang kembali...
Jawaban apa yang kan kuberi...
Adakah jalan yang kau temui
Untuk kita kembali lagi

**
Bersinarlah bulan purnama
Seindah serta tulus cintanya
Bersinarlah terus sampai nanti
Lagu ini ku akhiri

Lagu tersebut seperti mengisyaratkan tentang kesedihan karena berpisah dengan seorang kekasih ataua pasangannya. Namun, sejatinya lagu tersebut mempunyai makna yang sangat mendalam. Setelah tahu makna ini, bulu kuduk saya jadi merinding, "begitu dalam makna lagu ini". Sayangnya lagu ini tidak di tegaskan maknanya dari awal soal arti dan maksudnya oleh pengarang.

Bener-bener merinding setelah saya tahu ketika sedang main youtube penjelasan dari salah satu personil Koes Plus yakni Yok Koeswoyo di pengajian Kyai Kanjeng Cak Nun di Tuban, Jawa Timur beberapa waktu yang lalu. Saya baru tahu makna lagu Koes Plus yang berjudul, "Andaikan Kau Datang Kembali". (Diulang ulang yaa sahabat, sebagai pengingat).

Lagu tersebut ternyata bukanlah lagu cengeng percintaan seperti band-band gaul sekarang, melainkan lagu yang sarat akan hikmah penuh makna. MashaaAllah, sekarang kalau mendengar lagu ini, jantung berdetak cepat, dan rasa takut pun muncul bahkan air mata bisa keluar tanpa disadari.
Mari kita preteli lagu tersebut agar kita mengetahui makna yang sesungguhnya, makna ini langsung dai pengarangnya lho, jadi shahih.. ^ ^
Perhatikan lirik lagu berikut dan tafsir hikmah yang disampaikan oleh Yok Kuswoyo
"ANDAIKAN KAU DATANG KEMBALI..."

Terlalu indah dilupakan
Terlalu sedih dikenangkan
setelah Aku jauh berjalan
dan Kau kutinggalkan *(1)
*1 mempunyai makna DUNIA.

Jika kita melihat liriknya, itu tepat sekali maknanya dengan Dunia. "Terlalu indah untuk dilupakan", memang begitulah sifat Dunia, terlihat indah sehingga kita susah untuk melupakannya. Karena banyak perkara-perkara yang indah dimata dan dirasa oleh kita. 


Artikel Rekomendasi



"Terlalu sedih untuk dikenangkan", sering juga kita di dunia menghadapi yang namanya rasa pahit, kondisi yang sulit terasa terus melilit. Seperti ditipu, kena musibah, ditinggal pasangan, dan lainnya. Jika melihat kondisi demikian, seakan terasa sangat sedih kalau mengenangnya.  

"setelah aku jauh berjalan dan kau ku tinggalkan", Setelah kita hidup lama di dunia dengan segala aktivitasnya, entah itu baik, entah itu buruk, dengan segala hal yang didapatkanya. Hanya berjalan semakin jauh atau semakin dekat dengan Allah. Jika sudah tiba waktunya, dunia pun akan ditinggalkannya. Kita akan meninggalkan dunia, meskipun kita sudah jauh berjalan dan berusaha untuk mendapatkannya.




Halaman :
  
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar