Skip to main content

Merasakan HIDUP Penuh dengan Masalah, Sebaiknya LAKUKAN Kiat-Kiat Berikut Ini, BACA dan PRAKTEKAN

Merasakan HIDUP Penuh dengan Masalah, Sebaiknya LAKUKAN Kiat-Kiat Berikut Ini, BACA dan PRAKTEKAN
Lepas dari masalah, terasa begitu melegakan, hidup terasa lapang                                       Ilustrasi dari Google

Atmosferku.com -  Dalam kehidupan yang sedang dijalani, pasti kita menginginkan tuh hidup yang tenang, bahagia. Jika dirasakan, betapa nikmatnya jika mempunyai jiwa yang tenang dan bahagia dalam mengarungi hidup ini. Namaun, timbul pernyataan begini "apakah jiwa yang tenang dan bahagia?". Pertanyaan yang jawabannya dicari banyak orang, karena sebagian besar orang hidupnya merasa kurang tenang. Jadi, jiwa yang tenang adalah jiwa yang membuat kita merasa damai, baik luar maupun dalam hatinya. Memiliki jiwa yang tenang adalah keinginan tiap manusia. Bagaimana caranya mempunyai jiwa yang demikian?? 

Pertama, adalah dengan mendekatkan diri pada Allah.
Kedamaian akan datang kepada orang-orang yang hatinya dekat dengan Allah. Adakah orang yang bisa hidup bahagia kalau keadaan hatinya terusik? Tidak. Karena kedamaian sejatinya berada dalam hati. Allah selalu menjaga hati hambanya jika kita menyakini berada dalam pelukan dan doa akan membuat hidup kita jauh bahagia

Kedua,  adalah dengan bersyukur. 
Kenapa kita harus bersyukur? Bukankah Allah selalu menjanjikan akan menambah nikmat jika kita bersyukur? Lalu kenapa kita masih bertanya "kenapa kita harus bersyukur?". Ingat bersyukur membuat hati kita jauh lebih kaya. Bersyukur merupakan hal terindah yang Allah anugrahkan, efeknya berupa ketenangan jiwa. Ya, dengan bersyukur kita akan lebih tenang menghadapi kehidupan kita. Karena kita meyakini apa yang kita miliki saat ini adalah nikmat yang teramat luar biasa. Sebagai contohnya nikmat yang sering kita lupakan, Oksigen yang kita hirup saat ini, makanan yang kita makan tiap harinya, kasih sayang yang kita dapatkan dari orang terdekat kita. 


Ingat kehidupan bagaikan sebuah tugas yang mulia dari Allah Ta'ala, yang meletakan makhlukya didalam kehidupan untuk dijalan dengan semestinya bukan dengan sesukanya. Maka bersyukurlah, Bersyukur membuatmu menjadi lebih damai karena hatimu tetap terjaga oleh pemiliknya yakn Allah.

Ketiga, adalah dengan lkhlas. 
Ikhlas sendiri merupakan menerima Allah dengan beserta kebenaranya. Ikhlas memang susah-susah gampang. Akan tetapi kalau kita terus berlatih pasti semua akan terasa enteng. Kadang perlu memaksa sesuatu agar kita terlatih dan terbiasa, ya contohnya ikhlas. Sampai tak ada kata lagi "aku ikhlas menghadapi semuanya". Dengan ikhlas kita tidak terlalu pusing memikirkan dunia dan semua masalah yang datang menghampiri kita. Karena semua masalah akan kita serahkan pada kuasaNya sehingga kita biasa lebih baik dalam bertindak dan mengambil keputusan. 

Silahkan Baca : Ikhlas Sebagai Kunci Amal

Keempat, adalah mengupayakan selalu untuk berfikir positif
Berfikir positif akan membantu kita memiliki pandangan dan prasangka yang baik terhadap hidup. Orang yang berfikir postf akan selalu mencari titik yang bermanfaat dan dia tau apa yang harus ia kerjakan atau apa yang harus ia tinggalkan untuk mengobati lukanya. Ingat benih yang buruk akan mengering dan layu. Sementara benih yang baik akan berbuah.

Kelima, adalah pikiran cerminan kualitas hatimu. Karena kualitas hidup tergantung kualitas hati.
Ini bisa diartikan kita harus optimis menghadapi kenyataan sepahit apapun itu. Seperti halnya orang yang kualitas hatinya baik. Mereka akan dipertemukan dengan yang baik pula. Karena kualitas hati yang berbobot akan menghindarkan kita dari kata-kata yang merendahkan dirinya dan hatinya. Dengan mengontrol pikiran agar selalu dalam koridor yang baik, maka hatipun akan mengikuti menjadi baik. Ingat apa kata Allah dalam kitabnya, bahwa hanya dengan mengingatnya hati menjadi tenang. Pikirin mempunyai hubungan dengan hati, dan keduanya menjadi satu rangkaian yang terpusat pada Penciptanya. Jika sudah terpusat keduanya, siap-siap tuh, hidup kita akan begitu tenang serta bahagia.
Maha Besar Allah dengan segala Petunjuk didalam ayat-ayatNya, sebagai pedoman hidup agar selalu menjadi lebih hidup.

Silahkan Baca



Demikianlah artikel Wisata Kuliner dari atmosferku.com Berjudul  Merasakan HIDUP Penuh dengan Masalah, Sebaiknya LAKUKAN Kiat-Kiat Berikut Ini, BACA dan PRAKTEKAN. Jika Anda menyukai dan bermanfaat untuk yang lain artikel ini, mohon SHARE YAA dan jangan lupa untuk like, twit atau berkomentar di bawah ini sehingga bisa menjadi referensi bagi sahabat semua di jejaring sosial Anda.
Mari menjadi pahlawan penyebar kebaikan dengan men-SHARE artikel Ini. Semoga rezeki berlimpah untuk sahabat yang sudah menjadi pahlawan penyebar kebaikan. Aamiin
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar