Skip to main content

Pengetahuan Baru Bagi Wisatawan, Membatik dengan Tehnik Jumputan

Pengetahuan Baru Bagi Wisatawan, Membatik dengan Tehnik Jumputan
Ilustrasi dari Google
Atmosferku.com - Melihat gambar diatas, pasti banyak yang sudah tau dengan batik bermotif tersebut. Bahkan sudah ada yang mengkoleksinya. Namun, taukah tehnik apa yang digunakan untuk mendapatkan corak seperti gambar diatas? Jadi Beberapa waktu yang lalu ketika saya mengantarkan wisatawan jalan-jalan berkeliling Ngayogyokarto (Yogyakarta), saya sempatkan antar wisatawan untuk berkunjung di salah satu rumah batik di Yogyakarta. Agar wisatawan tau bagaimana proses pembuatan Batik, dari sketsa gambarnya, alat-alatnya apa saja, dan kemudian bagaimana tata cara membatiknya. 

Rumah Batik yang berada dikomplek Taman Sari tersebut begitu welcome kepada para wisatawan. Sehingga tidak terlihat canggung lagi satu sama lainnya. Terlihat sekali Pemilik Rumah Batik sudah sering menghadapi wisatawan-wisatawan yang datang untuk belajar membatik.

Pada kesempatan tersebut, dipilih proses membatik yang tidak biasa. Yakni memperkenalkan proses membatik dengan tehnik jumputan. Apa itu tehnik jumputan? Jadi Jumputan merupakan salah satu tehnik membatik yang pembuatannya dilakukan dengan cara mengikat kencang dibeberapa bagian kain kemudian dicelupkan pada pewarna. Oleh karena itu, sebagian orang juga menyebut Tehnik Jumputan sebagai Tehnik batik ikat-celup.

Perbedaan tehnik jumputan ini selain dari proses membatiknya, juga  dengan hasilnya yakni akan menciptakan gradasi warna yang menarik dan unik. Tidak ditulis dengan malam seperti kain batik pada umumnya, kain akan diikat lalu dicelupkan ke dalam warna. Penggunaan tali dimaksudkan untuk menghalangi bagian tertentu pada kain agar tidak menyerap warna sehingga terbentuklah sebuah motif/ corak unik.

Berikut video proses membatik dengan menggunakan tehnik Jumputan, atau tehnik ikat-celup, disimak baik-baik untuk menambah wawasan anda. 

  


Oleh Yogi Permana | IG: @permanaglobal  | Twitter: @permanaglobal


Demikianlah artikel Wisata dari atmosferku.com Berjudul  Pengetahuan Baru Bagi Wisatawan, Membatik dengan Tehnik Jumputan. Jika Anda menyukai dan bermanfaat untuk yang lain artikel ini, mohon SHARE YAA dan jangan lupa untuk like, twit atau berkomentar di bawah ini sehingga bisa menjadi referensi bagi sahabat semua di jejaring sosial Anda.
Mari menjadi pahlawan penyebar kebaikan dengan men-SHARE artikel Ini. Semoga rezeki berlimpah untuk sahabat yang sudah menjadi pahlawan penyebar kebaikan. Aamiin
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar