Skip to main content

Pertama Kali Tau Alat sederhana Untuk Memotong Tembakau Ketika Jalan-Jalan ke Karangsambung, Kebumen

Pertama Kali Tau Alat sederhana Untuk Memotong Tembakau Ketika Jalan-Jalan ke Karangsambung, Kebumen
Di atas Goa Silodong, Karangsambung saya berdiri menyapa semesta                        Foto oleh lupa siapa yang motret
Atmosferku.com - Ketika Jalan-jalan di daerah Karang sambung, Kebumen, saya berteduh di tempat Mertuanya salah seorang sahabat saya, sebut saja Rachmat. Sahabat yang sampai Detik ini belum pernah kenalan secara resmi. Aneh memang, tapi ya itulah kami. Meskipun begitu, alhamdulillah, sedikit lebih banyak dari pikiran kami yang nyambung dengan mimpi yang hampir sama untuk sebuah impian. Tetapi sampai saat ini belum bisa kita realisasikan, karena terbentuk kesibukan, permodalan, dan pemikiran. Hehehe

Saat berada di rumahnya, tepat pada pagi hari. Saya mendengar bunyi "taaaak teeekkk...jek..jek..jekk.....". Penasaran dengan bunyi yang terdengar disekitar samping rumah, saya pun menghampiri bunyi tersebut. Terlihat bapak-bapak yang sudah tidak muda lagi, namun punya semangat yang muda banget. Bapak tersebut nggak lain adalah Bapak Mertuanya Rachmat, apa yang sedang beliau lakukan? Beliau sedang memotongi daun tembakau (dalam dialeg jawa, Ngrajangi), hasil dari menanam sendiri. 

Silahkan Baca : BEBERAPA PENAMPAKAN PESONA ALAM DI KARANGSAMBUNG, KEBUMEN

Daun yang nggak begitu bagus, sebagian ada yang berlubang, ada yang sudah layu. Pokoknya yang sudah nggak laku lagi menjadi komoditi pasar nasional. Daun-daun tersebut beliau potong menjadi lembuh. Sungguh lincah tangan beliau dalam memainkan pisaunya, ekh bukan pisau (nggak tau bahasa indonya Bendo itu apa, pokoknya pisau yang ukurannya besar, biasa buat metik kelapa). Tangan yang terampil, diikuti dengan keseimbangan tubuhnya dalam memotog daun tembakau. 

Untuk apa daun tersebut? menurut penuturan beliau, daun tembakau tersebut nantinya digunakan sendiri untuk membuat rokok. Rokoknya jadi nggak beli, lebih alami juga. Hehehehe...

Dari rumah Rachmatlah, saya jadi mengetahui ketidaktahuan saya yang masih begitu besar, saya jadi tau alat pemotong tembakau yang masih tradisional. Mungkin beberapa dari sahabat atmosferku.com juga baru mengetahuinya ya, atau ada yang belum tau? 

Bagi yang belum tau, Simak yuk videonya dibawah ini, bisa menambah pengetahuan kita juga. Kalau ingin mencoba, bisa sambil berwisata ke Karangsambung.  




Oleh Yogi Permana | IG: @permanaglobal  | Twitter: @permanaglobal

Demikianlah artikel Wisata dari atmosferku.com Berjudul  Pertama Kali Tau Alat sederhana Untuk Memotong Tembakau Ketika Jalan-Jalan ke Karangsambung, Kebumen. Jika Anda menyukai dan bermanfaat untuk yang lain artikel ini, mohon SHARE YAA dan jangan lupa untuk like, twit atau berkomentar di bawah ini sehingga bisa menjadi referensi bagi sahabat semua di jejaring sosial Anda.
Mari menjadi pahlawan penyebar kebaikan dengan men-SHARE artikel Ini. Semoga rezeki berlimpah untuk sahabat yang sudah menjadi pahlawan penyebar kebaikan. Aamiin
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar