Skip to main content

8 Pekerjaan Part Time untuk Mahasiswa Semester Atas yang Bingung Memanfaatkan Waktu Luangnya

Partime Buat kamu yang sudah semester tua dan tinggal skripsi. ^ ^

 

 

8 Pekerjaan Part Time untuk Mahasiswa Semester Atas yang Bingung Memanfaatkan Waktu Luangnya


Atmosterku.com | 8 Pekerjaan Part Time untuk Mahasiswa Semester Atas yang Bingung Memanfaatkan Waktu Luangnya - Menjadi mahasiswa tentunya nggak cuma kuliah saja kan? Sebenarnya banyak waktu luang lho yang kita punya apalagi buat para mahasiswa tingkat semester atas. Kadang kita bingung alias galau memanfaatkan waktu luang tersebut, untuk mengatasinya apa salahnya kita coba kerja part time alias kerja paruh waktu. Hmm... Boleh juga.

Banyak manfaatnya lho teman ketika kita mencoba memanfaatkan waktu luang kita dengan kerja part time, yang jelas kita bisa lebih peka memanfaatkan waktu untuk melakukan kegiatan yang positif dan tentunya kelak akan bermanfaat bagi diri kita di masa sekarang dan dikemudian hari. Sekedar sharing saja, sebenarnya banyak banget lho berbagai macam pekerjaan part time yang mungkin patut dicoba. Berikut lists macam-macam pekerjaan part time untuk mahasiswa kayak kita yang bisa jadi bahan referensi. Simak ya 8 Pekerjaan Part Time untuk Mahasiswa Semester Atas yang Bingung Memanfaatkan Waktu Luangnya

1. Tentor Private anak-anak Sekolah

Menjadi tentor atau pengajar privat ternyata nggak cuma buat mahasiswa jurusan pendidikan aja tuh, mahasiswa jurusan nonkependidikan-pun bisa mencobanya. Banyak bimbel-bimbel yang membutuhkan mahasiswa untuk mengampu murid-murid dari jenjang SD sampai SMA yang bisa kita ajari berbagai mata pelajaran sesuai kebutuhan dan keinginan mereka.

8 Pekerjaan Part Time untuk Mahasiswa Semester Atas yang Bingung Memanfaatkan Waktu Luangnya
Bikin kamu awet muda, soalnya ketemu sama anak-aak dan remaja. ( academicindonesia.com)
Kamu bisa menjadi tentor kelas yang mengajar sejumlah murid di kelas atau menjadi tentor privat yang datang langsung ke rumah calon murid kamu. Pekerjaan ini lumayan juga, dengan gaji sekitar Rp 20.000,00/ pertemuan (tergantung bimbelnya juga sih). Kamu juga bisa mendapatkan manfaat lain ketika menjadi tentor, salah satunya cuci mata melihat murid yang imut-imut (jangan diapa-apain yak?) dan mengingat kembali mata pelajaran atau ilmu pengetahuan yang dulu sempat kita pelajari namun terlupakan, misalnya soal KPK, FPB, hukum permintaan ekonomi, rumus phytagoras, atau bahkan soal hitungan fisika yang sulit sekalipun.

Ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan juga sebelum menjadi tentor yaitu ketika kamu melamar menjadi tentor, sesuaikan minat atau kemampuan otak kamu dengan mata pelajaran yang akan kamu ampu sama murid kamu, misalnya kamu nggak bisa pelajaran Matematika SMP atau SMA, ya kalau bisa jangan mengampu pelajaran tersebut. Selain itu ketika menjadi tentor yang diikat oleh bimbel kamu juga bisa sedikit “licik” lho dengan menarik sepenuhnya murid itu supaya les privat sendiri denganmu tanpa terikat langsung dengan bimbel (tentunya kamu komunikasikan secara pribadi dengan muridmu dan orang tuanya agar bisa diajak kerjasama untuk tidak memberitahukan hal tersebut pada pihak bimbel), soalnya kalau terikat bimbel terus, kamu merasa risih karena nggak fleksibel, apalagi uang yang dibayarkan muridmu itu kan dipotong lumayan banyak lho oleh pihak bimbel. (Palsu banget kan? hehe..)

2. Menjadi Penjaga Warnet, Lumayan bisa internetan Gratis

Boleh juga nih dicoba apalagi buat kamu yang gemar online berlama-lama, secara menjadi operator warnet kan boleh OL gratis. Tapi yang perlu diingat ketika jaga warnet kamu musti pinter-pinter pilih warnet yang “sopan”, soalnya ada juga kan warnet “esek-esek” yang tentunya bisa membahayakan kamu apalagi buat para cewek.

8 Pekerjaan Part Time untuk Mahasiswa Semester Atas yang Bingung Memanfaatkan Waktu Luangnya
Kamu mesti siap jadi kalong, soalnya sering melek malam. ( google.co.id )
Pilih warnet yang kamu kenal baik pemilik dan lokasinya, kalau bisa lokasinya dekat dan terjangkau dari tempat tinggal atau kos kamu. Selain itu kalau kebagian jatah shift tunggu warnet waktu malam, kamu musti ekstra hati-hati karena mungkin bisa jadi rawan aksi kejahatan seperti penodongan atau “pencolekan” tangan-tangan jahat.

Kalau kamu cewek tentunya bisa rundingkan sama pemilik warnetnya untuk dapetin shift jaga waktu pagi atau siang yang lebih aman buat kamu. Karena jaga warnet biasanya musti berlama-lama di depan monitor komputer, usahakan kamu selalu jaga kesehatan mata kamu, tentunya nggak mau kan ngorbanin mata kamu gara-gara jaga warnet doang, he..he..

Tambahin lagi, karena penjaga warnet juga megang uang, kamu musti hati-hati juga menyimpannya dan musti teliti, jangan sampai teledor atau bahkan kelebihan memberi uang kembalian, bisa-bisa nanti warnet yang kamu tempatin bakal bangkrut karena keteledoran kamu itu.

3. Menjadi  Penyiar Radio kaya Om Rico Ceper

8 Pekerjaan Part Time untuk Mahasiswa Semester Atas yang Bingung Memanfaatkan Waktu Luangnya
Penyiar radio juga bisa terkenal. (m.tempo.co)
Kamu yang punya hobi bercuap-cuap apa salahnya menyalurkan hobi kamu buat jadi penyiar radio. Selain menyalurkan bakat, tentunya dari bercuap-cuap di radio kamu bisa punya link pertemanan dan pergaulan yang luas. Tapi jangan kaget, kalau bayaran awal penyiar radio tuh nggak gede-gede banget. Rata-rata untuk penyiar radio awal, ada lho stasiun radio yang hanya mematok bayaran sekitar Rp 5.000,00 untuk setiap jam bersiaran. Histeris nggak tuh...

4. Menjadi Penjaga Toko sambil belajar Memahami orang lain^ ^

8 Pekerjaan Part Time untuk Mahasiswa Semester Atas yang Bingung Memanfaatkan Waktu Luangnya
Kamu akan dapatkan ilmu sabar, dan ilmu psikologi langsung.  (kompetiblog2012.wordpress.com)
Pekerjaan part time yang satu ini terkadang memang menyita waktu banyak, karena mungkin dalam sekali kerja kamu bisa mendapat jatah shift 6 jam perhari, tapi nggak ada salahnya juga kan kalau kamu pengin mencobanya.

5. Menjadi Penulis Lepas, siapa tau nanti jadi pesaing Asma Nadia

8 Pekerjaan Part Time untuk Mahasiswa Semester Atas yang Bingung Memanfaatkan Waktu Luangnya
Sambil menyalurkan hobi nulis bisa dapat duit. (journal.sociolla.com)
Bagi kamu yang hobi nulis, kamu bisa salurin bakat kamu itu ke berbagai media massa untuk menerbitkan tulisanmu, lumayan lho honornya. Kamu bisa nulis cerpen, artikel, esai, dll. Selain diterbitkan, kamu juga akan semakin dikenal juga. O..iya, sekedar tambahan saja, pekerjaan part time penulis lepas itu bukan hanya milik orang-orang yang punya bakat menulis lho!

Kamupun yang nggak punya bakat dari lahir bisa coba iseng-iseng nulis, karena memang menulis hanya 1 % saja bakat dari lahir, sisanya merupakan ketrampilan yang diciptakan dan diasah oleh diri kita sendiri. Dari menulis, kamu juga bisa mengirimkan naskah tulisan kamu ke penerbit buat diterbitkan jadi buku, siapa tahu naskah kamu bisa lolos. Sekarang banyak kan sudah banyak penerbit-penerbit buku yang menerima naskah dari para penulis lepas ^_^.

6. Menjadi Model Fashion bisa juga menjadi Pilihan

Buat kamu-kamu yang merasa cantik, tampan, berpenampilan menarik, tinggi, dan punya hobi foto-foto atau jalan kucing ekh maksudnya jalan di catwalk, boleh jadi bakat kamu memang di dunia modelling. Kamu bisa coba part time ini dengan menghubungi agency atau fotografer buat diajak kerjasama.

8 Pekerjaan Part Time untuk Mahasiswa Semester Atas yang Bingung Memanfaatkan Waktu Luangnya
Desainer Hijab Dian Pelangi. (jilbabinstan.net)
Untuk kontrak pemotretan buat model pemula bayarannya memang nggak lumayan besar juga, tapi dari part time ini jenjang karir kamu bisa melesat cepat lho kalau kamu memang benar-benar talented. Nggak musti yang cantik dan tampan juga yang musti jadi model, sekarang banyak juga kan model-model kulit hitam namun eksotis yang berhasil (Miss Universe tahun ini aja dari Angola yang punya kulit hitam eksotis manis bak dodol garut).

Selain itu, untuk jadi model kamu juga musti pinter-pinter pilih agency atau fotografer yang akan kamu ajak bekerjasama, kontraknya harus jelas dan kalau bisa kamu sudah kenal baik sebelumnya jangan sampai kamu dikontrak jadi model yang musti berfoto dengan tema prewedding Adam and Eve versi negara China yang mengharuskan kamu telanjang bulat, he..he...iiikh ngeerrrriiii...

7. Menjadi Penyanyi, Siapa tau nanti bisa duet dengan Rizky Febian 


8 Pekerjaan Part Time untuk Mahasiswa Semester Atas yang Bingung Memanfaatkan Waktu Luangnya
Penyanyi Rizky Febian. (far15.wordpress.com)
Kamu yang punya vokal bening dan khas, punya hobi nyanyi, dan punya segudang prestasi di bidang vokal boleh juga kamu mencoba part time sebagai seorang penyanyi. Kamu bisa nyanyi dimana dan kapan saja seperti cafe, hotel, dan acara –acara seperti resepsi pernikahan, wisuda, ultah, atau bahkan acara sunatan massal. Dalam menjalankan tugas kamu sebagai penyanyi, kamu juga musti pinter dandan juga biar nggak bosen dilihat orang, ya usahakan tampil sedikit modis dengan gaya agak aristokrat bisa membantu penampilan kamu di panggung.

8. Menjadi Entrepreneur dengan Berwirausaha Sendiri, lagi ngehits lho.. 

Pekerjaan part time terakhir yang bisa kamu coba adalah berwirausaha, pekerjaan ini cocok buat kamu yang punya jiwa wirausaha dan bisnis. Mungkin persepsi awal dari kita ketika akan memulai part time di bidang ini adalah kendala modal, tapi kendala modal bisa diatasi dengan niat yang kuat dan prospek jelas masa depan usaha yang akan kamu usahakan. Toh, sekarang banyak produsen-produsen yang membuka peluang menjadi reseller. Bisa kamu mulai dengan kerjasama menjadi reseller dulu.

8 Pekerjaan Part Time untuk Mahasiswa Semester Atas yang Bingung Memanfaatkan Waktu Luangnya
Om Zuckerberg menjadi entreprneur dengan Facebooknya. ( google.co.id )
Dengan modal sedikit, kamu bisa menciptakan usaha yang unik, kreatif, dan punya prospek yang jelas agar usaha kamu ke depannya bisa maju. Usaha yang kamu rintis bisa beragam tentunya sesuai keinginan dan keahliaan kamu, misalnya bisnis makanan, fashion, jasa, bimbel, dll.

Nah, berikut tadi di atas sejumlah contoh daftar pekerjaan part time yang bisa kamu coba untuk memanfaatkan waktu luang kamu, utamanya bagi para mahasiswa semester atas yang sedang bingung memanfaatkan waktu luang. Sebenarnya masih banyak lagi pekerjaan part time yang bisa kamu coba selain yang telah disebutkan diatas. Yang jelas apapun jenis atau macam pekerjaan part time yang kamu tekuni yang penting halal dan kamu benar-benar mencintainya dengan sepenuh hati sehingga ada kepuasan tersendiri ketika kamu menjalaninya. Oke teman, selamat mencoba!

  
Doa kami, Semoga rezeki berlimpah untuk sobat semua hari ini. Aamiin
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar