Skip to main content

Kemungkinan Karena Hal ini, Kenapa kalau Kita minta Tolong terus Ditolak

Minta tolong tapi ditolak? Mungkin karena alasan ini



Kemungkinan Karena Hal ini, Kenapa kalau Kita minta Tolong terus Ditolak
Faztrack Indonesia

Atmosterku.com | Kemungkinan Karena Hal ini, Kenapa kalau Kita minta Tolong terus Ditolak - Pernah nggak minta tolong ke orang, terus ditolak? musti pernah ya? nggak usah baper jadi mengingat-ingat orang yang pernah nolak. Jika orang yang nolak tersebut butuh pertolongan, ya kita tolong saja. 

Bagaimana bisa? udah nolak, butuh pertolongan, ekh kita malah nolongin. Mungkin gitu ya, dalam benak kita. Efek kekecewaan yang berat, namun semua itu bisa diminimalisir dengan memaksakan diri untuk menolong. Bukankah menolong itu mendapatkan pahala dariNya?

Memang sih, manusiawi banget kalau kita kecewa mesti rasa sebel dan benci akan mengawal rasa kecewa tersebut. Jangankan untuk menolong, untuk ketemu meskipun berpapasan saja nggak diharapkan. Iya atau ya?

Perlu diingat juga ya, kita makhluk sosial, makhluk yang nggak bisa hidup dengan sendirinya. Butuh orang lain juga untuk menjadikan hidupnya menjadi berkah, butuh orang lain juga untuk menjadikan dirinya menjadi lebih baik. Nggak mungkin kan bisa dikatakan imam kalau dia nggak punya makmum? 


Suatu saat juga kita akan membutuhkan pertolongan orang lain, cepat atau lambat itu pasti! Jadi, jika kita minta tolong terus ditolak ya, biasa aja. Jangan terlalu dimasukin ke hati, toh mungkin yang nolak lagi sibuk atau kapasitasnya belum mumpuni. Kalau kita pernah menolongnya, jangan terus mikir "nggak inget apa, pas dulu kamu aku tolong", jangan mikir gitu ya, kalaupun mikir gitu terus segera alihkan. Bahaya, bisa-bisa kebaikan yang sudah kita dapat malah menguap tanpa rasa. Wallahu a'alam..

Pokoknya tak perlu kesal dan menyesal ketika kita minta tolong terus ditolak. Mesti segera cari tau Kenapa kalau kita minta tolong terus ditolak.

Begini, baiknya kita tuh melakukan introspeksi diri, bukannya menyalahkan atau kecewa berat. Introspeksi lah, Kok dia nggak mau membantu? Selama ini, apa kekuranganku? Ketika meminta, gimana sikap dan caraku?

Mungkinkah karena kita tidak pernah menanam sikap yang kurang baik selama ini? Mungkinkah kita nggak pantas dan nggak bisa dipercaya untuk dibantu? Kenapa Tuhan-ku Yang Maha Pemurah tidak meng-gerakkan hati dia untuk menolong?

Dan pertanyaan-pertanyaan lainnya. Introspeksi, itu jauh lebih baik. Selalu bercermin mengenai diri sendiri.

Ada satu hal yang paling penting. Apa itu? Sudahkah kita memohon ke Allah dengan sungguh-sungguh sebelum kita minta tolong ke makhluk? Mari introspeksi. 


Atau jangan-jangan kita hanya sibuk meminta tolong kepada khalayak manusia, dengan menomor duakan Allah? mulai sekali sebelum meminta tolong pada orang lain, segeralah ambil wudlu, sholat dua rakaat dan memohon pertolongan pada Allah. Siapa tau setelah itu, nggak perlu capek-capek minta tolong, tiba-tiba datang ada orang yang menyodorkan pertolongan. Ingat ya, Pintu rezeki, pintu pertolongan Allah dari mana saja dan kita manusia hina nggak akan pernah tau pintu itu.

Semoga kita bisa membuka pintu-pintu itu dengan berbuat banyak kebaikan dengan menolong saudara-saudara kita yang kesusahan dan butuh pertolongan. 

  
Terima kasih ya telah menyempatkan waktu untuk membaca  Kemungkinan Karena Hal ini, Kenapa kalau Kita minta Tolong terus Ditolak
Doa kami, Semoga rezeki berlimpah untuk temen-temen semua hari ini. Aamiin yaa Rabb
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar