Skip to main content

Banyak dari Kita yang Salah Memahami Kriteria dalam Memilih Teman

Teman adalah sosok yang berpengaruh besar terhadap baik dan buruknya kita, jadi Kriteria dalam Memilih teman sangat perlu diperhatikan




Banyak dari Kita yang Salah Memahami Kriteria dalam Memilih teman
Ilustrasi Pertemanan yang baik
Atmosterku.com | Banyak dari Kita yang Salah Memahami Kriteria dalam Memilih teman  - Ketidakmampuan kita untuk hidup sendiri, mengharuskan untuk mengenal dan dekat dengan orang lain. Dari kedekatan tersebut kita bisa bercerita tentang keluh kesah, bermain, meminta tolong, dan banyak lainnya. Kedekatan tersebut biasa kita sebut dengan pertemanan. Namun, banyak dari kita yang telah salah dalam memahami kriteria dalam memilih teman.

Dalam proses pertemuan kita dengan orang yang nantinya bakal menjadi teman kita, itu bukanlah kebetulan. Allah yang mempunyai kehendak, dengan siapa kita akan berteman, untuk apa kita dipertemukan dengan mereka, apa yang akan kita lakukan saat bersama mereka, dll. Semua sudah dalam perencanaan Allah. Tapi terkadang bingung, bagaimana kriteria dalam memilih teman.

Jika kemarin kamu dipertemukan dengan teman yang mengajakmu kepada arah kemaksiatan, syukuri saja. Kamu sudah pernah merasakannya, jadikan sebagai bahan pembelajaran agar kamu nggak jatuh lagi pada kesalahan yang sama untuk kedua kalinya.


Jika saat ini kamu dipertemukan dengan teman yang mengajakmu kepada arah keta'atan, syukuri saja. Pertahankan setiap langkahmu menuju keta'atan bersamanya. Kamu akan terus terjaga, oleh tangan-tangan yang tak rela kamu terluka dengan panasnya api neraka. MashaaAllah...

Kamu mesti tahu, kalau kriteria teman hanya ada dua. Karena Allah hanya menciptakan teman dalam 2 kriteria; baik, dan kurang baik. Kenapa kurang baik bukan nggak baik? agar menjadi doa, yang kurang bisa menjadi baik dengan cepat. Kalau sudah nggak, berarti susah untuk menjadi baiknya. Hehe...

Kalau mendapatkan teman yang baik, genggamlah, tapi jika mendapatkan yang kurang baik, lepaskan, dengan tidak meninggalkan. Jaga jarakmu, jangan sampai terkontaminasi perkara buruknya.

Kenapa kamu harus demikian?


Setiap orang akan merasa ingin berhenti karena bosan dengan kehidupan yang tak berubah, lelah dengan kehidupan yang selalu di selimuti rasa bersalah. Saat itu terjadi, ada 2 kemungkinan. Kitalah yang membantunya, atau kita yang menjadi perantara dalam mencari orang lain lagi untuk membantunya.

Dan waktu itu akan datang, waktu yang nggak perna kamu sangka. Lama atau sebentar, kamu pasti akan dicari, oleh dia yang dulu (mungkin) mencaci. Kamu akan diingat, karna perubahanmu dalam arah yang lebih baik, meskipun dulu di hujat.


Masa lalu yang kurang baik, terkadang membuatmu berpikir, ingin membantu orang lain agar tidak bernasib sepertimu. Tapi, Menjadi jembatan dalam perubahan seseorang tidaklah mudah. 'Allah Maha Pembolak Balik Hati Manusia.'

Perubahan tak selalu disertai niatan untuk benar-benar terlepas dari kelamnya masa lalu. Ada saatnya kamu juga merasa lelah dan capek berada pada jalan kebenaran. Itulah pertanda keimanan kamu sedang drop, saat seperti itulah kamu sangat membutuhkan teman yang seiman dan berjalan dalam keta'atan. Untuk mengisi ulang Iman yang mulai surut.

Dan saat hal itu sedang kamu hadapi, teman yang yang baik akan membuatmu mengerti. Karena setiap orang yang ingin berubah, yang ingin istiqomah harus terus di-ingatkan pada hal-hal yang membuatmu sudah berjalan sejauh ini. Agar perubahan baikmu tidaklah sia-sia.

Tugas seorang teman untuk menasehati. Untuk membuatmu mengerti, bahwa lelah yang kamu rasa akan mendapat balasan di tempat akhir nanti.

Bukan perkara yang mudah untuk saat ini mencari teman yang koridornya dalam keta'atan, namun nggak sulit juga mencari teman yang seperti itu. Asal kamu mau datang ke majelis-majelis islam, datang ke kajian-kajian islam, sering berjamaah di masjid. Jika gerakmu menuju dan selalu menuju pada kebaikan, InshaaAllah, magnet dalam dirimu akan menarik orang-orang yang bakal menjadi temanmu dan membawamu kuat dalam taat.

Teman seperti itulah yang seharusnya kamu pilih dan kamu jadikan sahabat karib. Faktor yang mempengaruhimu kuat nggaknya dalam ta'at, adalah siapa saja yang ada didekatmu. So, pandailah dengan kriteria dalam memilih teman.  

.

  
Oleh Nadhillah Gayvani 
Terima kasih ya telah menyempatkan waktu untuk membaca Banyak dari Kita yang Salah Memahami Kriteria dalam Memilih Teman
Doa kami, Semoga rezeki berlimpah untuk teman-teman semua hari ini. Aamiin
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar