Skip to main content

5 Perbedaan Blogspot dan Wordpress yang harus Diketahui

Sebelum kamu memutuskan ngeblog, cari tau dulu Apa saja perbedaan Blogspot dan Wordpress


5 Perbedaan Blogspot dan Wordpress yang harus Diketahui

Atmosterku.com | 5 Perbedaan Blogspot dan Wordpress yang harus Diketahui - Bagi kamu yang mencintai dunia kepenulisan online, tentu tidak asing lagi dengan blogspot atau wordpress. Namun, bagi kamu yang baru mulai terjun dalam dunia kepenulisan online. Dan sedang bingung akan membuat blogspot atau wordpress. Berikut saya bagikan beberapa perbedaan blogspot dan wordpress. Jika dari kamu-kamu ada yang belum tau blog itu apa, silahkan baca artikel sebelumnya tentang Apa itu Blog ?

Perbedaan Blogspot dan Wordpress adalah sebagai berikut


1. Wedget Atau Plugin

Untuk aplikasi ringan tambahan dalam blog, wordpress menggunakan istilah plugin sedangkan untuk blogger menggunakan istilah widget. Dari sini jelas terlihat kelebihan wordpress dibandingkan blogspot. Karena dalam wordpress ada ratusan hingga jutaan developer yang menyediakan beragam plugin untuk manajemen website. Baik plugin yang gratis ataupun berbayar. Contoh plugin yang ada dalam wordpress adalah langganan newsletter, share popup, redirect ke halaman lain, dan lain sebagainya. pada intinya dalam plugin wordpress menyediakan banyak sekali plugin yang tidak dapat ditemukan jika anda menggunakan blogger.

2. Template Atau Theme

Yang menjadi perbedaan blogspot dan wordpress selanjutnya adalah tampilan. Blogger menggunakan istilah template sedangkan wordpress menggunakan istilah theme. Penting untuk anda ketahui bahwa mencari template untuk blogspot lebih mudah dan banyak template gratis. Sedangkan theme untuk wordpress biasanya berbayar, beberapa theme memang gartis namun tampilannya cenderung tidak menarik. Namun meskipun berbayar, theme dalam wordpress dapat dilakukan update ke versi yang lebih baru dan segar. Namun, jika anda menggunakan template blogspot tentu tidak bisa dilakukan update dan hanya bisa diganti yang baru. Di mana dalam menganti template yang baru anda harus mengatur ulang templatenya.

Silahkan Baca


3. Setting Atau Pengaturan Blog

Perbedaan blogspot dan wordpress terdapat pada pengaturan blog. Harus diakui juga pengaturan dalam blogspot lebih mudah dibandingkan wordpress. Bagi pemula tentu akan lebih menyukai blogspot. Dalam pengaturan wordpress halaman kode html dipisah antara satu dengan lain. Misalnya untuk header, php, footer, plugin dan lain sebagainya. Hal ini menyebabkan pengguna susah mencari ketika ingin mengatur.

4. Saat Terjadi Error

Bagi anda yang tidak memiliki waktu untuk mengelola blog wordpress sebaiknya anda menggunakan blogspot saja. Karena dalam blogspot hampir tidak pernah terjadi “error”. Berbeda jika anda menggunakan wordpress, jika anda melakukan kesalahan dalam pengodean sedikit saja maka wordpress akan mengalami “error” bahkan tidak dapat dibuka. Apalagi jika anda tidak menemukan kesalahan dalam blog tersebut. Maka anda harus masuk cpanel di mana dibutuhkan pengetahuan yang cukup tentang bahasa pemrograman untuk mencari tahu masalah.

5. Word Counter

Perbedaan blogspot dan wordpress selanjutnya adalah word counter atau penghitung kata. Di dalam wordpress disediakan word counter, sedangkan di dalam blogspot tidak ada word counter. Word counter sangat penting untuk seorang penulis mengetahui jumlah kata yang telah ditulis. Karena jumlah kata dalam artikel akan mempengaruhi ranking dari suatu artikel blog.

Itulah beberapa perbedaan blogspot dan wordpress. Semoga artikel ini dapat menambah pengetahuan dan informasi anda yang masih belajar menulis secara online. Pada intinya, jika kamu menulis untuk tujuan blog sederhana, untuk berbagi pengalaman sehari-hari dan infomasi seputar keahlian tanpa adanya keinginan untuk mendapatkan uang.

Kamu sebaiknya menggunakan blogspot. Tapi bagi kamu yang ingin membuat blogging professional, di mana artikel ditulis dengan tujuan membangun komunitas, dijadikan bisnis afiliasi, toko online dan sebagainya. Maka lebih baik kamu menggunakan blog berbasis wordpress. Karena dalam wordpress terdapat beraneka ragam plugin yang dapat membantu website anda.



  

Terima kasih ya telah menyempatkan waktu untuk membaca 5 Perbedaan Blogspot dan Wordpress yang harus Diketahui
Doa kami, Semoga rezeki berlimpah untuk sobat semua hari ini. Aamiin
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar