Skip to main content

Begini Tips Cara Menghemat Listrik Pulsa dalam Pemakaian Sehari-hari

Pulsa listrik terasa boros? cepat habis? Begini Tips Cara Menghemat Listrik Pulsa dalam Pemakaian Sehari-hari.




Begini Tips Cara Menghemat Listrik Pulsa dalam Pemakaian Sehari-hari

Atmosterku.com |  Begini Tips Cara Menghemat Listrik Pulsa dalam Pemakaian Sehari-hari.

Hemat pangkal kaya, sepertinya itu hanya menjadi sebuah semboyan saja ya? dalam tehnisnya kita sering boros. Tetapi sebenarnya semboyan tersebut memang benar, hanya kitanya saja yang tidak bisa mengendalikan diri.

Banyak kebiasaan-kebiasaan kita yang malah menjauhkan dari yang namanya hidup hemat. Sampai terkadang ngiri dengan tetangga ko bisa pengeluarannya bisa jauh dibawah kita, yang sering kali dipertanyakan adalah pengeluaran biaya listrik. Padahal cara menghemat listrik pulsa saja sudah berbeda.

Tidak memungkiri, saat pemerintah mencabut subsidi bagi rumah yang menggunakan meteran 900kwh, terasa sangat berat. Sering juga biaya yang dikeluarkan berbeda, padahal kita pikir apa yang digunakan tetangga di rumah tidak beda jauh. Ada kulkas, dispenser, rice cooker, lampu, televisi, dan mesin sanyo. Namun, kok tetangga bisa lebih murah.

Apalagi yang pemakai listrik pulsa, kita seminggu habis 50.000. Ekh, tetangga bisa 10-15 hari baru ngisi lagi. Kira-kira kenapa? sepertinya barang-barang listriknya sama..

Oleh sebab itu, kita mesti tahu bagaimana cara menghemat listrik pulsa. Pertama dan itu mesti kita lakukan adalah memulainya dari diri sendiri terlebih dahulu. Kemudian baru mencontohkan ke seluruh anggota keluarga kita. Dengan memberikan contoh akan lebih cepat diikuti dan dilakukan ketimbang hanya ngomong saja tanpa adanya suatu tindakan.

Sedikit tindakan yang kita tetapi berefek langsung akan mudah ditiru oleh orang lain (keluarga kita), dan kita juga bisa lakukan dengan melakukan edukasi mengenai penghematan yang dimulai dari lingkungan keluarga, sebagai tanda ikut menyumbang penghematan energi secara global.

Nah, bagaimana cara menghemat listrik pulsa dalam pemakaian sehari-hari?

1. Biasakan untuk Melepas Colokan Kabel yang sudah tidak digunakan

Banyak dari kita yang sangat menyepelekan ini. Banyaknya colokan kabel yang masih terhubung pada stop kontak meskipun alat–alat elektronik sedang tidak digunakan, sebenarnya tanpa kita rasakan, itu semua ikut menyumbang pemborosan terhadap konsumsi listrik kita sehari–hari. Misalnya saja televisi, kipas angin, charger handphone, saat keadaan tidak digunakan sebaiknya lepas saja colokan kabelnya.

Perlu diketahui bahwa colokan yang terhubung dengan aliran listrik dan sedang tidak digunakan tetap saja akan mengkonsumsi listrik meskipun tidak banyak. Selama masih terhubung dengan aliran listrik, konsumsi akan terus berjalan.

Mulai detik ini, kita bisa memulai proses penghematan listrik dari kebiasaan - kebiasaan sepele tersebut.

2. Kebiasaan Cabut Colok pada barang yang konsumsi listrik besar harus dikurangi

Jika anda menggunakan daya listrik rendah dan ternyata penggunaan alat-alat elektronik sangat banyak, akan memicu listrik sering mengalami penurunan (anjlok). Hal seperti ini akan membuat konsumsi listrik menjadi tinggi.

Saat dinyalakan kembali daya listrik, maka konsumsi listrik bisa dikatakan seperti halnya orang yang sedang lapar diberikan makanan. Pasti akan langsung dilahap habis dalam waktu cepat. Ibaratnya seperti itu.

Silahkan Baca



Daya listrik yang rendah, biasanya akan memaksa kita untuk melakukan cabut colok alat elektronik berdaya besar semacam kulkas, yang memang terkenal mengkonsumsi listrik cukup tinggi. Seperti halnya setrika atau mesin cuci yang sama-sama mempunyai konsumsi listrik cukup tinggi juga.

Setelah melihat kejadian seperti itu, maka hanya meningkatkan daya listrik atau menyesuaikan pemakaian elektronik dengan daya yang ada menjadi solusi yang paling tepat.

3. Biasakan untuk Nyetrika Sekaligus, bukan satu pakaian yang hanya mau dipakai saja

Bagi sebagian dari kita, nyetrika adalah sebuah perkara yang paling bikin malas. Terutama untuk kaum adam. Asal tau saja, bahwa penggunaan setrika terlalu sering juga ikut andil menggerogoti listrik pulsa kita.

Misalnya saja seperti kebiasaan kita menyetrika pakaian yang hanya mau dipakai saja dan dilakukan setiap hari. Jika ingin sedikit menghemat listrik, sebaiknya lakukan aktivitas nyetrika setidaknya satu minggu dua kali atau bisa satu minggu satu kali. Dijamin konsumsi listrik akan jauh lebih hemat.

Mengapa bisa terjadi seperti demikian? Proses cabut coloklah yang menjadi faktor terbesarnya. Saat pertama kali menghubungkan setrika ke aliran listrik, konsumsi listrik akan langsung termakan banyak oleh setrikaan, apalagi untuk memanaskan setrikaan.

Nah hal inilah yang dimaksudkan agar kita tidak membiasakan untuk menyetrika setiap hari. Karena aktivitas harian tersebut sama halnya memberikan peluang untuk cabut colok setrikaan.

4. Kurangi kebiasaan menggunakan Pengering pada Mesin Cuci

Cara menghemat listrik pulsa berikutnya adalah mengontrol penggunaan pengering. Penggunaan pengering pada mesin cuci juga ikut menyumbang pemborosan terhadap konsumsi listrik harian kita. Untuk mengatasi permasalahan ini, disarankan sebaiknya dalam hal menggunakan pengering seperlunya saja. Kalau memang pakaian tidak mendesak untuk dipakai, tidak usah menggunakan pengering.

Terus juga pada saat musim panas, sebenarnya tidak perlu menggunakan pengering. Setelah selesai mencuci anda bisa langsung menjemurnya di bawah sinar matahari. Pasti akan cepat kering juga dan bisa mengurangi penggunaan pengering pada mesin cuci. Pas menjemur juga lumayan tuh buat olah raga dibawah sinar pagi yang menyehatkan.

Berbeda persoalan apabila sedang musim hujan, untuk mengantisipasi cucian lama kering dan menimbulkan bau yang tidak sedap, bisa memanfaatkan pengering pada mesin cuci. Namun anda juga harus memperhatikan dan mengontrol penggunaannya.

5. Sering juga dilakukan, tidak mematikan Lampu yang tidak digunakan

Seringkali terlihat lampu rumah ada yang non stop menyala di siang hari. Kebiasaan seperti ini juga ikut menyumbang pemborosan konsumsi listrik. Mulai sekarang, Matikanlah lampu yang sudah tidak digunakan lagi seperti halnya lampu kamar mandi atau pun lampu ruangan lainnya.

Ini juga menjadi kebiasaan kita, lampu tidak dimatikan pada saat mau tidur. Sebaiknya pada saat malam hari dan mulai beranjak tidur, matikan lampu-lampu yang kiranya tidak terlalu dibutuhkan. Biasakan tidur tidak menggunakan lampu untuk sedikit banyak membantu dalam upaya penghematan listrik. Jika perlu ganti lampu dengan lampu LED yang terkenal hemat, serta di kamar pakai lampu tidur.

6. Gunakan Penampungan Air (Toren)

Kebutuhan air harian setiap rumah sangatlah besar. Namun jika cara memakainya harus menyala hidupkan pompa air secara terus menerus akan berpengaruh terhadap konsumsi listrik harian. Untuk mengatasi masalah seperti ini, bisa dengan membuat tempat penampungan air (toren).

Jadi hanya perlu menyalakan pompa air setidaknya satu kali dalam sehari hanya untuk mengisi penampungan air sampai penuh. Selanjutnya penggunaan air bisa mengambil dari tempat penyimpanan air tersebut dan tidak perlu lagi menyala-hidupkan pompa air.

7. Kurangi Penggunaan AC yang Berlebihan

Makin padatnya penduduk khususnya di daerah perkotaan, membuat lahan hijau menjadi semakin berkurang. Terpaksa harus hidup dalam wilayah yang semakin sumpek. Area yang padat pasti akan berdampak pada suasana udara yang ditimbulkan.

Suasana udara panas memicu banyak orang untuk mempunyai dan memasang AC di rumah. Sebelum memutuskan untuk menggunakan AC, pastinya sudah tau konsekuensi yang akan didapatkan. Konsekuensi yang dimaksud adalah bertambah besarnya konsumsi listrik.

Silahkan Baca



AC memang alat elektronik yang terkenal memiliki daya besar dan konsumsi listrik cukup tinggi. Dengan kondisi tersebut, kita harus pandai-pandai memutar otak untuk sedikit melakukan penghematan. Gunakan AC pada saat siang hari saja.

Itu juga tidak sepanjang hari, gunakan pada saat cuaca benar-benar panas saja selebihnya bisa di back up dengan menggunakan kipas angin saja. Pada saat malam hari usahakan untuk tidak menggunakan AC, toh suasana udara malam kan sudah dingin. Jika tujuannya mengusir nyamuk, pilihlah cara lain yang mungkin jauh lebih ekonomis dibandingkan dengan menyalakan AC.

selain itu, tidur menggunakan AC setiap hari juga kurang baik untuk kesehatan.

8. Ini sering kejadian, mulai Charger Laptop sesuai dengan kebutuhan

Jika mempunyai laptop di rumah dan sering menggunakannya, saran saya adalah tidak menggunakan laptop dengan menyambungkannya secara terus menerus ke aliran listrik selama aktivitas. Charger terlebih dahulu sebelum digunakan.

Pada dasarnya laptop mampu bertahan selama tiga sampai empat jam lamanya jika baterai dalam keadaan penuh. Jadi lebih baik mengurangi penggunaan laptop yang terhubung listrik secara terus menerus. Karena laptop membutuhkan konsumsi akan listrik lumayan besar.

Dan kalau laptop kita sudah harus dicolok terus karena baterai sudah rusak, maka tiap selesai menggunakan sebaiknya dicabut chargernya. Terkadang charger terus nyambung dicolokan, meskipun kita matikan laptopnya.

9. Kurangi penggunaan Dispenser

Sepertinya sekarang begitu dimudahkan, memasak air saja sudah tinggal pencet saja. Namun, efekya adalah dipegeluaran untuk listriknya yang tidak kita sadari.

Sebagian dari kita pasti ada yang suka colok pasang dan nyalakan dispenser, hanya untuk membuat minuman panas. Setelah itu dimatikan lagi. Sebaiknya kurangi yang demikian, karena angkatan untuk memanaskan itu cukup butuh konsumsi listrik yang besar.

Kalau bisa, masaklah air secara konvensional. Toh, masak air pakai kompor juga cepet. Atau, jika punya kompor tenaga matahari, malah akan lebih menghemat lagi.

Menghemat itu berasal dari kebiasaan kita saja, jika sudah terbiasa dengan alat elektronik yang terus menyala ya siap-siap listrik pulsa cepet habis. Sekarang tinggal kita punya kemauan tidak untuk merubah pola kebiasaan kita menjadi pola kebiasaan yang lebih hemat.

Gimana kira-kira? siapkah temen-temen merubah kebiasaan boros listrik?

  
Pustaka: 
Rumahlia (http://maribacaberita.com/)
Terima kasih ya telah menyempatkan waktu untuk membaca  Begini Tips Cara Menghemat Listrik Pulsa dalam Pemakaian Sehari-hari
Doa kami, Semoga rezeki berlimpah untuk sobat semua hari ini. Aamiin
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar