--> Skip to main content

Cara Mengubah Template Blog dan Tips Memilih Template Blog

Bagi kamu yang sudah membuat blog, pasti ingin tampilan blognya menjadi bagus, nah begini  Cara Mengubah Template Blog dan Tips Memilih Template Blog

Cara Mengubah Template Blog dan Tips Memilih Template Blog
Atmosterku.com | Cara Mengubah Template Blog dan Tips Memilih Template Blog - Mengubah tampilan blog menjadi keren, bagus dengan kecepatan loading yang cepat dapat menarik perhatian banyak pengunjung. Blogger pemula menginginkan template blog yang cepat, responsive dan seo yang sudah aktif, namun tidak tahu cara mengubah template blog. Berikut langkah-langkah cara mengubah template blog dan tips untuk memilih template blog yang benar.

Cara Mengubah Template Blog


Mendapatkan template blog yang gratis dari google di rekomendasikan menggunakan template blog dari situs web, diantaraya Airlina Design, ThemeXpose, Sugeng.id, Dcrazed, BTemplates. Setelah menentukan template blog yang didownload, pastikan template blog yang di download itu memenuhi kriteria blog. Mengapa harus memenuhi kriteria blog? Agar pengunjung puas ke blog nantinya dan juga google suka dengan blog tersebut.

Silahkan ikuti cara mengubah template blog dibawah ini, mulai dari yang pertama.

1. Masuk ke dashboard blog di blogger.com
Cara Mengubah Template Blog dan Tips Memilih Template Blog

Yang pertama anda lakukan yaitu masuk ke dashboard pada platform blogger di blogger.com setelah masuk, nanti akan disuruh untuk login menggunakan akun gmail, dan juga pastikan anda telah mempunyai blog,

2. Pada menu tema pilih Cadangkan/Pulihkan

Cara Mengubah Template Blog dan Tips Memilih Template Blog

Pada dashboard sebelah kiri pada halaman depan blogger.com pilih "Tema". Setelah memilih tema lanjut memilih backup/pulihkan. Setelah itu akan muncul popup atau tempat mengupload file yang berekstensi .xml yang telah di download dari situs penyedia template tadi.

3. Upload file template yang telah didownload

Cara Mengubah Template Blog dan Tips Memilih Template Blog

klik open, selanjutnya klik "Upload" untuk mengupload file dan tunggu sampai selesai. mengupload template tersebut itu ke blog, agar template dari desain blog berubah sesuai template yang telah dipilih tadi. Kalau template saya ini memakai template Hipwee

Silahkan Baca


Tips Untuk Memilih Template Blog Yang Benar


1. Struktur data pada blog tidak bermasalah

Cari dan pilih template blog yang mempunyai struktur data yang tersusun rapi dan menggunakan html dan css yang telah valid. Dalam mencari tahu template yang memiliki struktur data yang bermasalah, juga dapat menggunakan tools yang telah di sediakan google yaitu dengan Structured data testing tools

2. Cari dan pilih template blog yang ringan

Memilih template yang ringan dapat membuat bloglebih cepat diakses pengunjung. Apabila template pada blognya itu ringan maka proses loading di blog juga ikut cepat yang juga berpengaruh pada nilai seo blog tersebut. Mengetahui seberapa cepat loading diblog dapat mengeceknya di GTMetrixv dan direkomendasikan unuk memilih template dengan nilai A atau B.

3. Template blog memiliki skor SEO yang tinggi

Template yang skor SEO tinggi merupakan halyangterpenting pada blog. Semakin tinggi skor seo pada template blog, maka artikel dapat muncul dihalaman pertama pada mesin pencari seperti google dan template blog dengan nilai seo tinggi dapat memudahkan artikel blog anda di index oleh google. Dengan mengeceknya di chkme dapat di ketahui skor seo pada template blog tersebut yang dapat di akses secara gratis.

4. Template blog yang memiliki desain yang responsive

Menyusun template dengan baik dengan ukuran templatenpada layar di broser merupakan desain yang responsive pada template blog. Manfaat dari menggunakan template yang responsive, supaya pada blog tidak terpotong saat membuka situs di layar yang kecil dan tidaperlu menggeser halaman pada blog kekiri atau ke kanan dengan sulit. Mengetahui desain responsive pada blog dapat mengeceknya di Am I Responsive.

5. Template blog mendukung fitur Mobile Friendly

Pengertian dari template blog yang telah mendukung fitur mobile friendly yaitu template dapat menyesuaikan dan memeberikemudahan ketika diakses melalui perangkat tablet atau smartphone. Dengan mengeceknya di Mobile Friendly Test dapat di ketahui bahwa template blog tersebut telah memiiki fitur mobile friendly.

Dari kelimanya tersebut saya merasakan ketika menggunakan template Hipwee. Sebenarnya banyak yang menyediakan template gratis maupun berbayar, atau mau yang template konten viral juga banyak

Baca juga : Cara Mendapatkan Ide Menulis Dengan Mudah dan Cepat


  
Terima kasih ya telah menyempatkan waktu untuk membaca  Cara Mengubah Template Blog dan Tips Memilih Template Blog
Doa kami, Semoga rezeki berlimpah untuk sobat semua hari ini. Aamiin
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar