Skip to main content

Harusnya Remaja sekarang kembali Belajar dari Kisah Nabi Yusuf

Harusnya Remaja sekarang kembali Belajar dari Kisah Nabi Yusuf agar selamat.


Harusnya Remaja sekarang kembali Belajar dari Kisah Nabi Yusuf
 
Atmosterku.com | Harusnya Remaja sekarang kembali Belajar dari Kisah Nabi Yusuf  - Bagi kita umat muslim, pasti tau kisah Nabi Yusuf a. s, bagaiamana iman Beliau yang begitu kuat menahan godaan untuk berzina. Bayangkan, pada saat itu Nabi Yusuf umurnya masih muda, dan gelora anak mudanya lagi tinggi-tingginya. Dihadapkan pada seorang wanita cantik (Siti Zulaikha) yang aduhai nan kaya, dalam satu kamar dengan rayuan-rayuan maut sang wanita. Namun apa coba? Nabi Yusuf mempertahankan dirinya. Sebuah kisah Nabi Yusuf dan Siti Zulaikha patut menjadi teladan remaja zaman sekarang.

Jika saat itu yang ada diposisi Nabi Yusuf pemuda zaman sekarang, kemungkinan akan langsung terrlena tanpa banyak pemikiran. Itulah kenapa Nabi Yusuf sangat pantas juga untuk menjadi teladan bagi para pemuda untuk mampu menahan gejolah syahwatnya.

Silahkan Baca :  Cukup 2 Minggu Proses Ta'aruf Gadis Belia Ini, Dari Kenal sampai Lamaran

Kisah Kesabaran Nabi Yusuf Alaihi Salaam tertuang jelas dalam kitab Allah, QS.Yusuf: 23-25. Dan  Harusnya Remaja sekarang kembali Belajar dari Kisah Nabi Yusuf a.s. Dalam kisahnya bisa saja Nabi Yusuf melakukan perbuatan terlarang, karena faktor-faktor berikut ini yang dapat mendorong Nabi Yusuf a.s untuk melakukan hubungan terlarang itu?

1) Beliau ketika itu adalah (dianggap) budak, dan yang mengajaknya adalah tuannya.

2) Mereka berdua telah berada dalam satu ruangan, karena jebakan wanita tersebut.

3) Pintu-pintu telah terkunci.

4) Wanita itu sendiri yang mengajak.

5) Kondisi Nabi Yusuf ‘alaihissalam sebagai orang asing, tidak ada yang mengenal beliau di negeri itu.

6) Yang mengajaknya adalah seorang wanita cantik dan memiliki kedudukan.

7) Beliau telah diancam dengan penjara atau siksaan yang pedih.

8) Beliau adalah seorang pemuda bujangan.

9) Ketika beliau menolak dan lari darinya, wanita itu pun masih mengejar.

10) Beliau pun sudah memiliki keinginan terhadapnya, akan tetapi beliau lebih mengedepankan keridhoan Allah ta’ala atas keinginan nafsu yang memerintahkan kepada kejelekan.

Beliau sudah sangat amat terdesak banget saat itu, hal itulah yang bisa saja menjadi sebuah kepasrahan untuk terjerembab kedalam lembah kenistaan. Mungkin saja kalau pemuda sekarang baru di nomer 4 saja, sudah mau mengikuti dan kemudian melakukan keinginan syahwat si wanita tersebut. Dihadapakan seorang wanita cantik dan mengajaknya dengan tatapan-tatapan serta gimik yang menggoda. Apalagi bagi mereka yang hobinya pacaran, pasti tak mampu menahannya.

Silahkan Baca : Pernikahan Sederhana yang Indah Hanya Bermeja Kardus Mie dan Cincin Titanium

Namun, tidak dengan seorang pemuda bernama Yusuf tersebut. Beliau malah takut, gelisah. Mencari-cari alasan dan cara untuk dapat menolak si Wanita tersebut.


Berikut merupakan sebab-sebab keselamatan Nabi Yusuf a.s dari hubungan terlarang itu :

1) Beliau segera memohon perlindungan kepada Allah Ta’ala.
2) Beliau memiliki ilmu bahwa perbuatan tersebut haram dan kezaliman terhadap suami si wanita, dan bahwa orang-orang zalim tidak akan beruntung, serta Allah Maha Mampu untuk membalas mereka. Maka ilmu tentang Allah ta’ala dan syari’at-Nya menguatkan ketakwaan dan rasa takut seorang hamba kepada-Nya.
3) Beliau segera berlari keluar, meninggalkan sebab-sebab atau perangkap-perangkap setan yang dibuat oleh si wanita.
4) Beliau tidak peduli dengan bahaya yang akan menimpanya berupa penjara dan siksaan yang pedih, demi ketaatan kepada Allah ta’ala.
5) Keikhlasan beliau dalam beribadah, sehingga Allah Ta’ala memalingkan kejelekan itu darinya.

Baca Juga : MashaaAllah, Hafidz Al Qur'an ini Menikah di usia 18 tahun setelah Sempat 2 kali melalui Proses Persidangan


MashaaAllah, sebuah kisah yang menjadi sebuah pelajaran berharga bagi kita semua, terutama bagi kita yang muda-mudi. Kisah Nabi Yusuf dan Siti Zulaikha sebagai proyeksi untuk selalu ingatlah pada Allah, bahwa Allah-lah sebaik-baik pelindung. Kita harus banyak bersyukur, karena Allah menghadirkan teladan-teladan yang luar biasa dalam Kitab SuciNya. Dan juga teladan terbaik kita Nabi Muhammad Saw.

Silahkan Baca : Banyak yang tidak Sadar, kalau Syurga itu ada Di Rumah



  
dari Tausiyah
Ust. Sofyan Chalid Ruray #TeladanRasul
Terima kasih ya telah menyempatkan waktu untuk membaca  Harusnya Remaja sekarang kembali Belajar dari Kisah Nabi Yusuf a.s
Doa kami, Semoga rezeki berlimpah untuk sobat semua hari ini. Aamiin
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar