Skip to main content

Ayam Es Bening, Oleh-oleh Khas Kebumen yang sangat Kental dengan Nilai Sejarah

Tau kah jika Kebumen punya olahan khas yang unik serta enak sebagai Oleh-oleh khas Kebumen maupun sebagai Kuliner Khas Kebumen?


Atmosterku.com | Ayam Es Bening, Oleh-oleh Khas Kebumen yang sangat Kental dengan Nilai Sejarah - Kalau berkunjung ke Kebumen, oleh-oleh atau kuliner apa yang terpikirkan olehmu? pasti Lanting dan sate ambal. Ya Tidak?

Padahal ada banyak kuliner yang enak berada di kota yang terkenal dengan sarang burung lawetnya ini. Mulai dari makanan ringan, oleh-oleh kerajinan, sampai kuliner yang siap saji pun ada beragam.

Jogja punya Gudeg, Kebumen juga punya kuliner yang mirip Gudeg Jogja? beberapa pasti sudah ada yang tahu dan pernah menikmatinya. Kuliner tersebut adalah Nasi Penggel. Bedanya, Nasi penggel itu lebih gurih serta lauknya ada kikil sapi yang ukurannya cukup besar dan yang tidak boleh lepas adalah tempe mendoan.

Namun, kuliner yang unik bukan hanya nasi penggel dan sate ambal saja. Ternyata tersembunyi juga kuliner yang tidak kalah menarik dan enak dari nasi penggel dan sate ambal. Kuliner ini juga mempunyai nilai sejarahnya, sangat cocok menjadi oleh-oleh khas kebumen yang bernilai sejarah. Soal rasa, jangan ditanya deh...

Silahkan Baca :  INILAH 7 WISATA KEKINIAN BERTEMA CINTA DI KEBUMEN

Jadi, ceritanya saya tau oleh-oleh atau kuliner khas kebumen yang tersembunyi ini setelah mengikuti kegiatan UMKM Kebumen. Kuliner tersebut adalah Ayam Es Bening. Mesti langsung bertanya dalam benak ya? itu jualan ayam atau jualan es? oke, nanti akan dijelaskan, jadi baca terus ya..

Saya pun bertanya, ayam es bening? itu es yang isinya ayam atau gimana?

Pas mencari alamatnya pun dalam bayangan saya semacam outlet es, atau semacam warung es gitu. Tapi saya tidak menemukan, setelah menghubungi yang empunya, ternyata rumah biasa. Dan bukan sebuah warung es? saya pun bertanya-tanya, bagaimana bisa jualan ayam tapi namanya es? terus apa beda ayamnya dengan warung-warung yang jual olahan ayam lainnya?

Kemudian si empunya yang baik ini pun menjelaskan, mulai dari sejarah awal berdirinya, dan kenapa dinamakan Ayam Es Bening.

Sejarah Oleh-oleh Khas Kebumen Ayam Es Bening

Perjalanan Ayam Es Bening dimulai oleh generasi I yang sampai saat ini belum diketahui kapan. Tetapi berdasarkan informasi yang bisa digali, Ayam Es Bening sudah mulai dirintis sejak zaman sebelum kemerdekaan.

Foto Mbah Sendur. (Arsip Ayam Es Bening)

Ayam Es Bening mulai dirintis oleh simbah Khalimah atau yang lebih dikenal dengan nama Mbah Sendur. Beliau mulai berjualan daging ayam mentah secara berkeliling dari rumah ke rumah.

Nama Es Bening sendiri dipakai karena lokasi rumah Mbah Sendur berada di Dukuh Es Bening, Panjer Kulon, Dulunya, di Dukuh panjer ini terdapat Pabrik Es Batu yang didirikan pada masa kolonial Belanda.

Sampai saat ini bangunan Pabrik Es Batu tersebut masih berdiri meskipun sudah beralih fungsi. Dari itulah Brand ayam Es Bening mulai dikenal oleh masyarakat Kebumen.


Yu Miro, sebelah kanan. (arsip Ayam Es Bening)
Yu Miro sudah berjualan ayam sekitar tahun 1970, dengan harga per ekornya 200 rupiah. Masih berjualan daging mentah dengan cara dari rumah ke rumah, dari toko ke toko.

Owner ayam Kampung Es Bening generasi ke III


Babak baru ayam Es Bening dimulai oleh Generasi ke III, pada pertengahan 2016 diteruskan oleh Ibu Kurnia Dwi Yulistyorin. Dengan tampilan yang lebih elegan sebagai oleh-oleh khas kebumen. Bu Nia, begitu akrab sapaannya mengatakan bahwa saat ini Ayam Es Bening sudah memiliki beberapa reseller. Dan akan terus meningkatkan kualitas pelayanan serta menjaga mutu untuk meningkatkan pejualannya.

Silahkan Baca : ADA 7 FAKTA saat Mengulik KULINER KEBUMEN, SOTO KORED

Ditangan Bu Nia, Saat ini penjualan ayam Es Bening telah menikuti perkembangan zaman dan memenuhi kebutuhan konsumen akan hidangan yang praktis, elegan, enak dan sehat.

Hidangan Praktis Enak dan Sehat ala Oleh-oleh khas Kebumen Ayam Es Bening

Ayam Es Bening sekarang tidak hanya menyediakan daging segar dengan kualitas premium. Juga menyediakan OLAHAN AYAM KAMPUNG dengan mempertahankan kualitas daging ayam yang diramu dengan menggunakan resep bumbu warisan turun temurun yang mampu menyajikan keistimewaan rasa.

Ayam Es Bening menjadi Oleh-oleh khas Kebumen yang menarik dan Musti dicoba

Ayam Es Bening menjadi kuliner menarik dan unik. Karena selain menyajikan keistimewaan rasa, juga mempunyai nilai sejarah.

Bukan hanya sejarah dari Usaha Ayam Es Bening, tapi juga sebagai tanda bahwa sebuah pabrik es batu besar pernah berdiri tegak di Panjer Kebumen selain pabrik minyak Sari Nabati.

Jadi kalau beli langsung di rumahnya, minta deh diantarin jalan-jalan di Pabrik es batu besar yang dulunya bernama Es Bening. Sekaligus napak tilas situs-situs sejarah di Kabupaten Kebumen.

Keistimewaan Oleh-oleh Khas Kebumen Ayam Es Bening dari Ayam-ayam yang lain

 
Kemasan untuk oleh-oleh sudah elegan, punya gengsi sendiri

  • Sangat cocok untuk dijadikan sebuah oleh-oleh ketika berkunjung ke Kebumen
  • Ayamnya sama, tapi rasanya dijamin beda.Karena diramu dengan resep nenek moyang.
  • Saat digoreng, akan kamu temukan kriuk yang tidak akan disangka muncul tanpa ada bumbu eksternal.
  • Olahan Ayam Kampung Es Bening tanpa MSG dan Bahan Pengawet
  • Mudah dibawa dengan kemasan yang elegan. So, tunggu apa lagi segera pesan 
  • Jika ditaruh didalam freezer bisa bertahan sekitar 5 bulan, di taruh Kulkas bertahan sekitar 1 minggu, dan diruang terbuka untuk produk kering mampu bertahan sekitar 3 hari. 

Rasanya Ayam Es Bening seperti Apa? 

Buat saya yang sudah beberapa kali mencicipinya, sangat enak, empuk juga daging ayamnya. Pas digigit daging ayamnya, hmm...ada kriuknya. Asal tau saja, jika ayam es bening bahannya menggunakan ayam kampung pilihan, bukan sekedar ayam kampung. Kualifikasi ayamnya seperti apa? itu rahasia. Heheehe

Proses penyembelihannya pun sangat-sangat diperhatikan, dan dipastikan cara menyembelihnya pun sesuai syari'at. Bukan asal potong tanpa berdoa terlebih dahulu. Dari ayam, proses penyembelihan, proses mengolah, sampai packaging sangat diperhatikan. Itu menjadi nilai plus plus buat olahan ayam yang satu ini.

Silahkan Baca :   Lanting itu Khas Kebumen Beriman

Uniknya, oleh-oleh khas kebumen ayam es bening ini, ketika digoreng tiba-tiba kaya muncul something, muncul sesuatu yang tidak disangka. Lebay ya,,

Tapi emang gitu sih adanya, saat digoreng tiba-tiba muncul kremesnya. Padahal pas beli, biasa saja, tidak terlihat ada kremesnya. Itu unik sekaligus aneh. Terus kenapa bisa begitu? lagi-lagi ya, itu rahasia perusahaan. Hehehe

Buat saya, tidak akan menyesal. Dari rasa, kemasan, dan gengsi juga dapat. Karena dulu, beli oleh-oleh khas kebumen, wadahnya pakai kardus mie instant, nah sekarang sudah lebih bonafit, lebih punya gengsi. Dan Kebumen bisa membuat oleh-oleh yang kekinian tanpa menghilangkan kualitas. 

Alamat Oleh-oleh Khas Kebumen Ayam Es Bening

Lokasi Ayam Es Bening dari Tugu Lawet Kebumen, itu ke selatan terus sampai menemukan Gereja Jawa yang berada disebelah baratnya jalan atau sebelah kanan. Nah, utaranya pas gereja ada gang, masuk saja, kemudian lurus terus. Ada perempatan kecil lurus sedikit, di kiri jalan ada Banner yang bertuliskan Ayam Es Bening. Nah itulah tempatnya.

Alamat lengkap Oleh-oleh Khas Kebumen Ayam Es Bening sih, di Jalan Es Bening, no 33 Panjer, Kebumen. Kode pos 54312.

Atau kamu bisa juga menghubungi info dibawah ini.

HP. 0877-1509-7888
FB. Kurnia Dwi Yulistyorini
IG. ayamesbening

Video mengenai ayam kampung es bening


Silahkan Baca :   


 
Doa kami, Semoga rezeki berlimpah untuk sobat semua hari ini. Aamiin
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar