Jangan Lari dari Masalah, Hadapilah bukan malah Melarikan Diri

Jangan Lari dari Masalah, Hadapilah bukan malah Melarikan Diri

Kalau kita lari dari masalah berarti yang dipikiran kita hanya gimana cara menghindari masalahnya, Namun, jangan lari dari masalah, hadapilah bukan malah melarikan diri

Jangan Lari dari Masalah, Hadapilah bukan malah Melarikan Diri

Atmosterku.com |  jangan lari dari masalah, hadapilah bukan untuk melarikan diri - Masalah, masalah, setiap hari pasti ada saja masalah yang akan dihadapi. Baik itu masalah baru atau masalah yang hari sebelumnya belum terselesaikan. Tidak usah khawatir jika kamu dirundung masalah, bukan hidup namanya jika tak mendapatkan masalah. Selain itu, ada manfaatnya juga, otak bisa jadi lebih maksimal untuk berfikir akan solusi, jadi tau batasan diri sendiri, jadi tau mana yang baik dan mana yang benar, jadi lebih paham lagi agar tidak terulang kedua kalinya.

Tapi banyak dari kita yang ketika tertimpa masalah, mereka akan stress, hanya memikirkan masalahnya, bukan malah memikirkan solusinya. Akibatnya pun beragam, ada yang tidak nafsu makan, menyendiri, stress, gila, bahkan sampai mengakhiri hidup mereka. Na'udzubillah..

Kata orang ya, "jangan lari dari masalah". Bener juga kata-kata tersebut, kalau kita lari dari masalah berarti yang dipikiran kita hanya gimana cara menghindari masalahnya, ada ketakutan, kalau sudah ketakutan berarti masalah tersebut akan menjadi momok dan terus kepikiran. Namun, jangan lari dari masalah, hadapilah bukan malah melarikan diri, masalah itu juga ada yang karena kesalahan kita sendiri tapi ada juga berupa ujian yang Allah berikan.

Silahkan Baca : Bagaimana Menyikapi Masalah yang lebih Rumit ketika Kita Naik Level ?

Kondisi terguncang, itu pasti tatkala pertama kali mendapatkan masalah karena ulah sendiri ataupun sebuah ujian dari Allah. Disini kemampuan kontrol diri kita yang harus ditunjukkan, agar tidak terlalu goyah, bahaya jika sudah goyah, jiwa bisa terguncang hebat. Akibatnya seperti yang sudah disebutkan diatas, bisa gila, stress, apalagi sampai bunuh diri, kemudian mengecam takdir Allah, mengecam kehidupannya yang terlihat sial karena ujian. Jangan sampai seperti demikian.

Ingatnya!! Kamu bukan satu-satunya hamba Allah yang diberi ujian, diberi cobaan, diberi masalah seberat masalahmu. Cobalah melihat ke bawah masih ada orang-orang yang ujiannya lebih berat darimu. Yang mungkin ketika kita dihadapkan dengan ujian orang lain tersebut, kamu tak mampu untuk memikulnya. Bahkan membayangkannya saja, mungkin akan membuat pikiranmu oleng.

Benarlah apa yang disebutkan dalam firman Allah dalam Al Qur'an

"Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya". (QS. Al-Baqarah :286)

Kalau saat ini masalahmu membuatmu masih berpikir Allah itu tak adil, Allah itu blablabla. Coba perhatikan Ayat di atas. Itu menunjukkan bahwa Allah Maha baik, yang tidak akan memberikan ujian kepada hambanya bila ia tak mampu. Apapun ujianmu hari ini, berpikirlah untuk terus menghadapinya karena kamu harus yakin bahwa kamu bisa. Jangan pernah menyalahkan takdir Allah pada diri kita. Allah itu skenario hidup terbaik.

Silahkan Baca



Jangan lupa juga, camkan ini baik-baik serta dalam-dalam dipikiranmu. Bahwa ujian juga sebagai pertanda Allah masih sayang pada hambaNya. Ia pengen lihat hamba mana yang ketika ditimpa musibah atau tidak ditimpa musibah ia masih mendekat kepada Allah.

Banyak diluar sana yang tidak lagi Allah beri perhatian dengan diberinya segala kenikmatan dunia yang ia gapai tanpa takutnya ia kepada Allah dan tanpa kesyukuran yang nyata. Apa kamu ingi seperti itu? yang bisa lupa daratan, bahkan lautan tak lagi tepikirkan. Sifat sombong dan takabur lah yang akan rutin menghampirimu.

Jangan Lari dari Masalah, Hadapilah bukan malah Melarikan Diri
Sekali lagi, bahwa lari dari masalah itu bukan sebuah solusi, melainkan lari untuk mendekat kepada Allah adalah solusinya. Kita bukan satu-satunya hambaNya yang diberi ujian seberat itu. Allah tau kamu kuat menghadapinya, jadi Allah beri ujian tersebut. Kamu spesial bagiNya, kamu diharapakan sama Allah untuk menjadi hamba yang bertakwa. Jadi jangan menunggu masalah datang, cepatlah Allah itu rindu padamu, mendekatlah sedekat-dekatnya. InshaaAllah, masalah akan terasa lebih ringan, karena Allah adalah sebaik-baik Pelindung. Percayalah! sekali lagi, pokoknya jangan lari dari masalah, hadapilah bukan malah melarikan diri.

So, husnudzon saja kepada takdir Allah yang ada pada diri kita dengan sabar dan shalat. Karena sesungguhnya tiada dan upaya manusia melainkan dengan pertolongan dari Allah SWT.

Silahkan Baca : Dunia adalah Perjalanan menuju Nikmat Terdahsyat Kaum Muslimin


  

Oleh Yogi Permana
Pustaka
Instagram dakwahislamid
Doa kami, Semoga rezeki berlimpah untuk sobat semua hari ini. Aamiin
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments