Skip to main content

5 Perkara yang harus Dihindari agar Puasa jadi lebih Berfaedah

5 Perkara yang harus Dihindari, agar Puasa jadi lebih Berfaedah

5 Perkara yang harus Dihindari, agar Puasa jadi lebih Berfaedah - Alhamdulillah, puji syukur pada Allah SWT, karena kita masih dipercaya untuk bisa sampai pada bulan Ramadhan tahun ini. Bagaimana tidak, mungkin tahun lalu kita berpuasa bareng  dengan sahabat atau orang yang kita kenal, tapi sekarang mereka tidak bisa menjumpai bulan Ramadhan lagi, karena sudah menghadap Allah terlebih dahulu.

Itulah hal yang patut kita syukuri jadi, maksimalkan Ramadhan tahun ini dengan sebaik-baiknya. Jika tahun lalu masih bolong puasanya, tahun ini kudu full. Jika tahun kemaren jarang taraweh, tahun ini juga kudu full. Jika tahun kemaren jarang baa al qur'an, tahun ini kudu baca tiap habis sholat. Minimal sehari 1 juz.

Pokoknya, tahun ini harus lebih baik, jangan sampai sama kaya tahun kemaren. Memang berat sih, soalnya ketika puasa pada bulan Ramadhan malah kita jadi malas. Alasannya puasa, nanti lemes, nanti tidak kuat puasanya, atau apalah alasannya.

Nah, berikut ini merupakan perkara-perkara yang harus kita hindari, agar puasa kita jadi lebih  berfaedah.

1. Pada bulan puasa, hindari terlalu banyak tidur

Banyak terjadi disekitar kalau yang ini, dimana saat puasa kita malah sering tidur. Habis sahur tidur, bangun terus siang tidur lagi cuma buat sholat dzuhur, ekh sore tidur lagi sampai adzan maghrib. Hindari itu yaa, bukannya bermanfaat malah membahayakan diri kita, mengurangi keproduktifan kita. Serta malah membuat kita obesitas.

2. Hindari berbuka dengan makan yang berlebihan pada bulan puasa

Ini juga biasa terjadi, sebagai pelampiasan setelah seharian menahan lapar dan haus, ketika berbuka puasa, langsung makan sebanyak-banyaknya. Dari makanan ringan ampai makanan yang berat. Dari pedes sampai yang manis, terutama minumnya, ngincernya yang manis-manis. Kalau seperti malah bulan puasa tidak membuat sehat, malah mendatangkan penyakit. Pahamkan? kalau kebanyakan yang manis menyebabkan sakit apa? dan juga kebanyakan makan, malah kita malas berangkat taraweh.

3. Terlalu banyak bicara juga harus dihindari saat bulan Ramadhan

Buat kita yang punya sifat cerewetnya susah dicegah, pada bulan puasa sebaiknya lebih dkontrol lagi. Karena bisa mengurangi keberkahan dibulan ramadhan. Terkadang cerewet bisa kebablasan, dari ngomong yang positif ekh tidak terasa nyrempet ke hal yang negatif, misalnya ngomongin orang lain, jadinya kan ghibah.

4. Kurangi membuka sosial media saat bulan puasa

Kenapa mesti sosial media? urusannya apa? tunggu dulu, jangan terus bingung gitu. Nih ya, tau kan keadaan sosial media saat ini. Penuh dengan pertengkaran politik. Yang ngomongin pejabat iniah, pejabat itulah, gosip artis inilah, gosip artis itulah. Kadang kita jadi terpengaruh, misal kita tidak suka pejabat A, kemudian ada yang menshare kejelekan pejabat A atau artis A, tanpa sadar kita ikut men-share juga. Nah, jadi ghibah kan?

Hmm, lebih gunakan waktu sebaik mungkin. Seperti untuk menghafal al qur'an, untuk membaca al qur'an, untuk belajar ilmu agama, untuk menulis artikel yang punuh kebaikan, atau jika memang kamu kuat, boleh main sosmed. Tapi ingat jika ada yang menshare hal0hal negatif, segera alihkan.

5. Hindari perilaku malas bergerak dibulan Ramadhan

Hehehe, ketawa dulu ya, soalnya ini bisa terjadi pada siapapun. Kalau lagi puasa alas ngelakuin sesuatu hal yang sekiranya bikin capek, bikin haus, pokoknya aktivitas yang banyak mengeluarkan energi. Kita kadang memilih, di rumah saja, duduk, ngegame, tau-tau maghrib.

Ditempat kerja juga seperti itu, tidak selincah hari-hari biasanya. Makanya coalah untuk tetap beraktifitas seperti basanya, jangan jadikan puasa alasan untuk malas ngapa-ngapain. Malah puasa jadi kurang berfaedah, Udah malas aktifitas, tidak ngaji, tidak memperbayak hafalan, tidak memperdalam ilmu agama. Hatsyaaaah,,sama sekali kurang berfaedah. Sayang sekali malah, rugi buat kita sendiri. Malah meningkatkan obesitas saja jadinya.

Pokoknya hindari ya, 5 perkara diatas agar puasa kita lebih berfaedah. Selamat Berpuasa. ^ ^

  
Penulis : Yogi Permana
Jadikan Ramadhan tahun ini lebih baik dari ramadhan tahun kemaren
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar