--> Skip to main content

Rempah-Rempah yang bisa Atasi Bau Mulut selama Berpuasa


Rempah-Rempah yang bisa Atasi Bau Mulut selama Berpuasa
Rempah-Rempah yang bisa Atasi Bau Mulut selama Berpuasa - Bau mulut, menjadi hal yang kadang mengganggu, jadi salah satu musuh orang yang sedang puasa. Bau mulut yang punya istilah medisnya adalah halitosis ini, sebenarnya bisa diatasi dengan menjaga kebersihan rongga mulut. Meskipun sudah gosok gigi setiap selesai berbuka puasa maupun setelah sahur, tidak memungkiri, pada siang hari tetep akan kembali lagi bau.

Namun, tenang saja karena bau mulut juga bisa diatasi dengan ramuan dari beberapa jenis rempah berikut ini.

Jahe 
Air rebusan jahe berkhasiat untuk menghilangkan bau mulut berkat senyawa gingerol yang bersifat antibakteri. Untuk membuat rebusan jahe, caranya sangat mudah. Cukup rebus jahe dengan airnya selama 15 menit, lalu minum airnya saat sahur atau menjelang tidur.

Cengkeh 
Cengkeh mengandung senyawa atsiri yang berfungsi sebagai antibakteri untuk menghambat pertumbuhan bakteri penyebab bau mulut. Cengkeh bisa dikonsumsi langsung dengan mengunyah beberapa batang cengkeh hingga napas terasa segar, atau bisa juga dijadikan teh, yaitu dengan cara merebus batang cengkeh di dalam air, lalu diminum.

Silahkan Baca : 5 Perkara yang harus Dihindari agar Puasa jadi lebih Berfaedah


Kayu manis 
Harumnya aroma kayu manis dapat menetralisir bau tak sedap di mulut. Kayu manis mengandung senyawa cinnamic aldehyde atau sejenis minyak essens yang mampu membunuh bakteri sekaligus menyegarkan napas. Cara pemakaianya adalah dengan merebus satu sendok bubuk kayu manis atau beberapa batang kayu manis di dalam air secukupnya hingga kecokelatan, lalu gunakan air rebusan tersebut untuk berkumur.

Kunyit 
Mengunyah kunyit bukan saja dapat memutihkan gigi, tetapi dapat mengatasi masalah gigi dan gusi yang menjadi penyebab bau mulut. Caranya, cuci kunyit hingga bersih, lalu kupas dan potong-potong, kemudian kunyah hingga napas terasa segar.

Kencur 
Kencur bukan saja berkhasiat menghilangkan bau badan, tapi juga bisa mengatasi masalah bau mulut. Caranya sangat mudah, yaitu dengan mengunyah kencur yang sudah dibersihkan selama beberapa menit, lalu buang ampasnya. Lakukan setiap hari sebelum tidur selama bulan puasa.

Silahkan Baca : Tips Memakai Busana Muslim untuk Wanita Bertubuh Gemuk


Semoga bermanfaat untuk mengurangi bau mulut kita, tapi tetep tenang saja. Meskipun bau mulut, Allah sudah menjadikan spesial lho yaa, jika bau mulut orang yang berpuasa itu lebih baik dari bau mulut wangi orang yang tidak berpuasa. Wallahu a'lam...
  
Pustaka:
Doa kami, Semoga rezeki berlimpah untuk sobat semua hari ini. Aamiin
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar