Skip to main content

Cara Kerja Affiliasi yang Perlu Kamu Pahami


Cara Kerja Afiliasi yang Perlu Kamu Pahami - Semakin hari, jumlah pelaku affiliate marketer terus meningkat. Tidak heran, karena affiliate marketing memang menjadi salah satu bisnis online yang paling potensial saat ini. Cara kerja afiliasi juga cukup sederhana dan mudah, kamu bisa menjalankannya tanpa kesulitan.

Memahami cara kerja afiliasi bukanlah sesuatu hal yang sulilt. Bahkan dibandingkan jika kamu menjadi publisher adsense, menjadi affiliate marketer lebih mudah dijalankan dan dipahami. Di bawah ini adalah sedikit ulasan mengenai cara kerja afiliasi yang perlu kamu pahami.

Membuat Blog Atau Website

Sebelum memahami cara kerja afiliasi, akan lebih baik jika sebelumnya kamu sudah memiliki sebuah blog. kamu bisa membuat blog dengan gratis di internet, isi konten blogmu sebaiknya materi yang kamu kuasai, naun potensial dan banyak dicari oleh masyarakat.

Hal ini akan sangat berpengaruh terhadap affiliate marketing yang akan kamu jalankan nantinya. Isi konten pada blogmu akan menentukan jenis produk yang akan masuk dalam produk affiliate kamu.

Memilih Affiliate Terpercaya


Langkah berikutnya dalam memahami cara kerja afilliasi adalah dengan memilih penyedia affiliate itu sendiri. Saat ini ada banyak sekali situs yang menyediakan program afilliasi, baik itu situs lokal ataupun internasional. Banyak yang sudah terpercaya dan terbukti membayar komisimu sebagai affiliate marketer.

Mendaftar Affiliate


Setelah itu kamu bisa mendaftar affiliate dari beberapa situs yang kamu pilih. Biasanya kamu tidak akan dipungut biaya pendaftaran, namun ada beberapa situs yang memang mengharuskan kamu membayar terlebih dahulu.

Kamu tidak hanya bisa memilih satu situs penyedia program afilliasi saja, tapi bisa memilih beberapa. Pilihlah penyedia afiliasi yang memang dianggap paling menguntungkan, kamu bisa mempertimbangkan jumlah komisi dan kelengkapan produk di dalamnya.

Memilih Produk Afiliasi


Setelah mendaftar program afiliasi, selanjutnya kamu bisa memiilih produk afiliasi yang akan kamu tawarkan. Dalam memilih produk ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan, akan lebih baik jika kamu memilih produk yang sesuai dengan niche blogmu. Jadi kamu akan lebih mudah dalam menawarkan produkmu nantinya.

Nilai prosentase komisi juga perlu kamu pertimbangkan, jumlah komisi tergantung pada pemilik produk itu sendiri. Jadi pilihlah produk yang menurut kamu paling menguntungkan dan potensial.

Mempromosikan Produk Afiliasi


Langkah berikutnya dalam cara kerja afilliasi adalah dengan mempromosikan produk afiliasi kamu. Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk melakukan promosi produk afiliasi, yang paling efektif adalah melalui blogmu.

Di sinilah peran optimasi blog itu dibutuhkan, di mana trafik pengunjung akan sangat menentukan keberhasilan kamu dalam menjadi affiliate marketer. Kamu akan memromosikan produk afiliasi kamu melalui link afiliasi yang kamu dapatkan dari program afiliasi yang kamu ikuti.

Menjual Produk Dan Mendapatkan Komisi

Jika ada banyak pengunjung yang membeli produk dari link afiliasi yang kamu miliki, maka secara otomatis kamu akan mendapatkan komisi. Pada intinya kamu harus menarik pengunjung sebanyak mungkin untuk masuk ke link yang menuju suatu produk dan bertransaksi di dalamnya, dengan begitu kamu akan mendapatkan komisi.

Mengenai jumlah komisi, masing-masing produk memiliki jumlah yang berbeda, tergantung pada pemilik produk itu sendiri. Namun ini semua bisa kamu ketahui sejak awal, jadi perjanjian komisi bisa disepakati sejak awal. Kemudahan cara kerja afiliasi ini kemudian menjadikan banyak orang tertarik untuk menjalankan bisnis ini.

Itulah sedikit ulasan mengenai cara kerja afiliasi yang bisa dengan mudah kamu pahami dan kamu  jalankan. Selebihnya ada beberapa trik khusus agar bisnis afiliasimu berjalan lancar dan mendapatkan banyak penghasilan. Jika kamu masih pemula, kamu mesti belajar terlebih dahulu affiliate untuk pemula.

  

Penulis : Yogi Permana
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar