Skip to main content

Keuntungan dari Internet yang harus Kamu Sadari

Keuntungan dari Internet yang harus Kamu Sadari

Keuntungan dan Kerugian dari Internet yang harus Kamu Sadari - Siapa yang hari ini tidak mengakses internet? hampir pasti dari 250 juta orang indonesia sebagian besar setiap harinya mengakses internet. Entah itu untuk pekerjaan maupun hanya sekedar main sosial media.

Internet sendiri merupakan jaringan komputer, yang dirancang untuk menerima dan mengirim data dalam bentuk e-mail, blog, webcast, dll. Sederhananya, itu dapat disamakan dengan server super-masif, dipersenjatai dengan Banyak sekali informasi yang digunakan oleh milyaran orang secara bersamaan.

Internet pada dasarnya adalah "jaringan yang menghubungkan jaringan lain yang lebih kecil". Semua teknologi modern terhubung dengan Internet, sehingga tidak meninggalkan kebutuhan bisnis yang terlewat. Dunia digital ini bisa menjadi taman bermain bagi sebagian orang dan medan perang bagi yang lain.

Internet telah menjadi alat bisnis yang tak tergantikan, yang telah membantu membawa dunia lebih dekat. Menerima berita dari seluruh dunia, mengakses sumber daya pengetahuan, dan berbelanja online hanya dengan sekali klik. Internet memiliki potensi yang luar biasa dan banyak hal yang ditawarkan dalam hal layanannya.

Namun, seperti setiap inovasi lain dalam sains dan teknologi, internet hadir dengan kelebihan dan kekurangannya sendiri, yang telah dibahas dalam artikel ini.

Keuntungan dari Internet

Komunikasi Lebih Cepat

Internet telah menjadi sarana komunikasi terbesar umat manusia. Inovasi baru yang sangat diandalkan. Hari ini, kita dapat memulai komunikasi langsung dengan seseorang yang ada di bagian lain dunia.

Untuk komunikasi yang lebih pribadi dan interaktif, adalah dengan memanfaatkan fasilitas konferensi video, obrolan dan layanan messenger. Dengan bantuan layanan-layanan ini, negara-negara yang secara geografis terfragmentasi telah bersama-sama membentuk sebuah komunitas yang mempunyai pemikiran tentang isu-isu global, yang mempengaruhi kita masing-masing. Internet telah memberi kita platform dan media umum yang melaluinya kita dapat menjelajah budaya dan ideologi lain.

Sumber Daya Informasi Berlimpah

Internet adalah harta karun berupa informasi; yang menawarkan pengetahuan dengan topik yang begitu luas diseluruh dunia. Dengan menggunakan Mesin pencari, membuat informasi dapat diakses pada berbagai mata pelajaran seperti, undang-undang dan layanan pemerintah, pekan raya dan konferensi perdagangan, informasi pasar, inovasi baru dan dukungan teknis, dan bahkan nasihat tentang cinta serta hubungan dapat diakses dengan sangat mudah.

Silahkan Baca : 5 Tips Cara Menghemat Kuota Internet pada Smartphone


Sudah menjadi praktik umum, bahwa dalam hal mecari sesuatu kita langsung saja search dari web, guna meneliti dan mengumpulkan sumber daya untuk pekerjaan rumah, presentasi kantor, dan melengkapi penelitian sendiri.

Web juga terus update mengenai terobosan terbaru di bidang kedokteran, teknologi, dan ilmu pengetahuan lainnya. Banyak situs web, seperti America's Doctor, Hallo Dokter dan lainnya telah memungkinkan untuk mencari saran online dari dokter spesialis tanpa harus benar-benar bertatap muka.

Pendidikan yang tak habis-habisnya

Internet telah menjadi penyebar pengetahuan yang penting, baik melalui layanan gratis maupun berbayar. Kredibilitas bentuk pendidikan ini pun dipertanyakan, apakah aman, nyaman dan dapat dipercaya, biasanya terbukti melalui kualitas dan keaslian konten yang disajikan oleh masing-masing situs web. World Wide Web telah menjadi jalan luar biasa bagi para akademisi yang tidak berbakat, untuk mengumpulkan pengetahuan dan pengetahuan yang lebih besar tentang subyek.

Seluruh lingkup homeschooling telah berkembang karena peningkatan aksesibilitas ke platform video, guru memberikan ceramah, menunjukkan diagram dan menjelaskan konsep, sangat mirip dengan kelas nyata.

Organisasi nirlaba juga telah membuka situs web yang mencari relawan dan donasi untuk membantu mereka yang membutuhkan. Ada juga situs-situs seperti Wikipedia, Coursera, Babbel, Arsip, dan Teachertube, antara lain, yang telah mendedikasikan diri untuk memberikan pengetahuan kepada orang-orang dari semua umur.

Hiburan untuk Semua Orang

Hiburan adalah salah satu alasan utama mengapa orang lebih suka berselancar di Internet. Bahkan, internet telah memperoleh banyak kesuksesan dengan pemasaran untuk beberapa industri hiburan. Selalu update mengenai selebriti dan menjelajahi situs web gaya hidup, telah menjadi kegiatan sehari-hari dari kita sebagai konsumen Internet. Di sisi lain, bahkan selebriti menggunakan internet secara efektif untuk mempromosikan tujuan mereka dan untuk menjaga penggemar mereka bahagia.

Selain itu, ada banyak sekali game yang bisa diunduh, baik yang berbayar ataupun yang gratis. Memang, game online telah merasakan kesuksesan yang begitu dramatis dan fenomenal, karena permintaannya yang terus meningkat di seluruh dunia.

Jejaring Sosial dan Tetap Terhubung

Seseorang tidak dapat membayangkan kehidupan sosial tanpa Facebook atau Twitter. Portal ini telah menjadi sarana kita untuk tetap saling terhubung dengan teman dan keluarga, dan tetap berhubungan dengan hal-hal terbaru di dunia.

Jejaring sosial juga telah berkembang sebagai media yang hebat, untuk terhubung dengan individu yang berpikiran sama dan menjadi bagian dari kelompok atau komunitas yang menarik, yang sesuai dengan minat masing-masing.

Selain itu, juga dapat menemukan teman-teman lama yang hilang atau sudah lama sekali tidak pernah bertemu, Internet juga membuatnya lebih mudah untuk mencari dan melamar pekerjaan serta peluang bisnis di forum dan komunitas.

Ada forum-forum yang dapat digunakan untuk bisa berkomunilasi dengan orang-orang baru. Bagi mereka yang masih lajang, internet juga menyediakan pilihan untuk memilih pasangan hidup yang cocok melalui profil online mereka atau melalui pengamatan dari status-statusnya.

Layanan Online dan E-commerce

Berkat berbagai layanan moneter, kami dapat melakukan semua transaksi keuangan kami secara online. Kita dapat memesan tiket untuk film, transfer dana, membayar tagihan listrik dan pajak tanpa harus meninggalkan rumah atau kantor kita. Situs web perjalanan misalnya, menawarkan skema pemesanan cepat dan merencanakan perjalanan sesuai dengan klien mereka.

Silahkan Baca :  Kerugian dari Internet yang harus Kamu Sadari


E-commerce digunakan untuk semua jenis transaksi bisnis yang melibatkan transfer uang melalui Internet. Transaksi uang online telah menjadi norma dengan hampir semua jenis bisnis. E-commerce, dengan jangkauan luasnya dengan berbagai produk dan layanan, memungkinkan pesanan klien dikirimkan di depan pintu mereka.

Situs web seperti eBay, memungkinkan pelanggan untuk menawar, membeli, menjual, dan bahkan melelang produk secara online. Kalau di Indonesia ada seperti Bukalapak, Tokopedia, maupun Shopee dan masih banyak yang lainnya.



  
Pustaka: Buzzle.com
Penulis : Yogi Permana
Doa kami, Semoga rezeki berlimpah untuk sobat semua hari ini. Aamiin
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar