Skip to main content

Percobaan : Gelas Berisi Air dibalik tidak Tumpah

Percobaan : Gelas Berisi Air dibalik tidak Tumpah

Percobaan : Gelas Berisi Air dibalik tidak Tumpah - Pernah membayang kan tidak? kalau gelas yang berisi air jika dibalik tidak akan tumpah? seperti sulap saja ya, istilahnya seperti tidak terpengaruh Gaya Gravitasi. Nah. cobalah melakukan percobaan dimana membebaskan air dari gaya gravitasi dengan secangkir air yang tetap berada di dalam gelas saat dipegang terbalik. Kamu akan membutuhkan bantuan beberapa kardus atau karton dan sedikit tekanan udara.

Bahan-bahan yang kamu perlukan untuk percobaan Air Bebas Gravitasi : 
  • Segelas diisi tepat ke atas dengan air 
  • Sepotong kardus/ karton

Cara melakukan percobaan : 

Tempelkan kardus di atas mulut gelas (menutup gelas dengan menggunakan kardus/ karton), dan  pastikan tidak ada udara masuk ke dalam gelas saat kamu memegang kardus/ karton.
Balikkan gelas ke atas ( lakukan di atas wastafel atau di luar ). Agar rumah tidak basah, hanya untuk berjaga-jaga saja.
Singkirkan tangan kamu yang memegang kardus secara perlahan.

Apa yang akan terjadi?

Jika semua langkah percobaan diatas berjalan sesuai rencana maka karton dan air akan tetap menempel dimulut gelas meskipun gelas dalam kondisi terbalik. Meskipun gelas yang berisi air terbalik air juga tetap di gelas tidak tumpah, menentang gravitasi ya!

Praktikum Lainnya : Praktikum Fisika : Listrik Statis

Jadi, mengapa hal ini bisa terjadi? Tanpa udara di dalam gelas, tekanan udara dari luar gelas lebih besar daripada tekanan air di dalam gelas.

Tekanan udara ekstra berhasil menahan karton di tempat, tetap menempel berada dimulut gelas

  
Penulis: Yogi Permana
Pustaka :
sciencekids.co.nz
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar