--> Skip to main content

Begini Cara Mengecilkan Ukuran Foto dalam Jumlah Banyak Sekaligus

Begini Cara Mengecilkan Ukuran Foto dalam Jumlah Banyak Sekaligus

Cara Mengecilkan Ukuran Foto dalam Jumlah Banyak Sekaligus - Sekarang piknik atau jalan-jalan sepertinya sudah menjadi kebutuhan primer, sejak adanya sosial media terutama instagram. Instagram sudah menyihir penggunanya untuk setiap waktu berfoto ria, apalagi jika di timeline penggunanya selalu nongol foto-foto tempat wisata dan tempat-tempat asyik lainnya.

Apa tidak langsung kepengen mencobanya? sebagian besar setelah melihat foto-foto yang nongol tersebut akan berusaha untuk bisa pergi kesana, bukan untuk menikmati, melainkan untuk mendapatkan foto-foto saja, habis itu tinggal dibagikan diakun sosial media instagram mereka. Hehe.

Akan tetapi bagi kamu yang mengambil foto dengan kamera mirrorless atau DSLR akan mempunyai hasil foto yang ukurannya cukup besar, apalagi kalau mau dipindahkan ke memori smartphone, bisa-bisa akan habis dalam waktu sekejap. Selain itu juga, mengunggah foto atau videonya ke instagram maupun ke Blog kamu juga akan membutuhkan waktu yang lama.

Bagaimana cara me-resize atau mengecilkan ukuran foto dalam jumlah banyak sekaligus?


Kamu harus me-resize atau mengecilkan ukuran foto yang kamu ambil menggunakan kamera sejenis DSLR. Permasalahan berikutnya adalah, jika foto yang diambil jumlahnya cukup banyak, misal ada 100an foto gimana? apa iya mau me-resize atau mengecilkan foto satu persatu. Lewat online, koneksi kudu cepat, pakai software paint harus satu-satu, bisa-bisa pegel dan membuang waktu yang cukup banyak.

Sebenarnya ada satu cara yang lebih efisien cara untuk me-resize atau mengecilkan ukuran foto, itu bisa dilakukan offline, tidak harus online, juga bisa langsung dalam jumlah yang banyak.

Kalau kamu menggunakan Microsoft Office 2007 atau 2010, ada software didalamnya, namun jika menggunakan office diatas 2010, tidak ada alias harus download sendiri. Saya pernah menuliskannya di postingan cara download microsoft office picture untuk windows 10.

Nah begini untuk cara me-resize atau mengecilkan ukuran foto dalam jumlah banyak sekaligus


Saya menggunakan software dari microsoft, namanya microsoft office picture manager, jika kamu memakai Office 2007 atau 2010 pasti ada. Dan gunakan saja itu. Caranya.



1. Buka Microsoft Office Picture Manager


Caranya, pilih start, kemudian cari Office, dan kemudian klik. Setelah itu pilih Office Picture Manager. Atau kalau mau yang lebih cepet, disalah satu fotonya, kamu klik kanan, dan akan muncul menu pilihan akan dibuka memakai apa? terus pilih saja Microsoft Office Picture Manager. Seperti pada gambar di bawah ini.

Cara Mengecilkan Ukuran Foto dalam Jumlah Banyak Sekaligus
Membuka Microsoft Picture Manager melalui Menu Start

Cara Mengecilkan Ukuran Foto dalam Jumlah Banyak Sekaligus
Membuka Microsoft Office Picture Manager melalui Klik kanan pada gambar

2. Setelah kamu membuka dengan melalui klik kanan pada gambar terus meng-Klik Microsoft Office Picture Manager tampilannya akan seperti gambar dibawah ini.

Cara Mengecilkan Ukuran Foto dalam Jumlah Banyak Sekaligus


3. Setelah terbuka seperti pada gambar nomor 2, kamu pilih Thumbnail View, seperti pada gambar dibawah ini

Cara Mengecilkan Ukuran Foto dalam Jumlah Banyak Sekaligus

Setelah kamu Klik Thumbnail view, gambar yang tadinya cuma satu, jadi banyak. Dan itu adalah gambar-gambar yang ada di foldermu, yang siap di resize secara massal.

4. Setelah itu, pilih Edit Picture, lihat gambar

Cara Mengecilkan Ukuran Foto dalam Jumlah Banyak Sekaligus
Setelah memilih Edit picture, maka sebelah kanan akan muncul menu baru, seperti gambar dibawah ini.
Cara Mengecilkan Ukuran Foto dalam Jumlah Banyak Sekaligus

5. Kemudian klik salah satu gambarnya, dan blok semua dengan cara tekan Ctrl + A.Terus ke menu yang sebelah kanan, pilih resize. Kalau bingung lihat gambar dibawah ini.

Cara Mengecilkan Ukuran Foto dalam Jumlah Banyak Sekaligus

6. Selanjutnya kamu kamu pilih Predefined width x height

Cara Mengecilkan Ukuran Foto dalam Jumlah Banyak Sekaligus

Setelah kamu pilih, tinggal klik agar muncul pilihannya, tinggal kamu pilih deh mau ukuran yang berpa kali berapa pixel, mau buat document atau buat web, tinggal disesuaikan dengan kebutuhanmu. Atau kamu juga bisa membuat cutom, dengan memilih menu Custom Width x Height. Kalau sudah yakin, tinggal Klik Oke.

Silahkan Baca : Cara Memperbaiki USB yang Tidak Terdeteksi pada Laptop Windows 10


Perlu diingat juga, sebelum melakukan resize sebaiknya kamu sudah membackup terlebih dahulu, biar kamu punya cadangannya, terutama yang masih file berukuran besar. Untuk jaga-jaga saja.

Setelah kamu klik Oke, secara otomatis, semua gambar akan ter-resize atau ukurannya akan lebih kecil sesuai dengan ukuran yang kamu pilih.

Kalau sudah selesa, tinggal save deh, tunggu hingga proses menyimpan selesai. Udah deh, foto yang banyak sudah berukuran kecil deh dalam waktu singkat. Bayangkan jika harus satu persatu. Apa nggak bakalan lempoh tuh jari-jari tangan. Hehehe..

Semoga bermanfaat yaa... :-)




  

Penulis : Yogi Permana
Jangan Lupa Tersenyum
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar