Skip to main content

Cara Memperbaiki USB yang Tidak Terdeteksi pada Laptop Windows 10

Cara Memperbaiki USB yang Tidak Terdeteksi pada Laptop Windows 10

Cara Memperbaiki USB yang Tidak Terdeteksi pada Laptop Windows 10 - Gimana coba, udah seneng-seneng mau ngedit foto maupun video yang kamu simpan di Harddisk, pas USB disambungkan ke Laptop, ekh sama sekali tidak ke detect? wah, pasti panik, dimana itu HDD ada file 1 TB. Gimana coba?

Bukan hanya HDD saja, tapi USB yang lainnya seperti Smartphone, Flashdisk dan lainnya tidak kedetek juga.

Itu yang saya rasain pagi ini, ketika mau ambil file di Harddisk, tapi harddisk sama sekali tidak terdeteksi pada laptop. Saya coba lepas dan pasang lagi, juga sama. Padahal lampu indikator terhubung pada hardisk udah menyala. Hmm, saya panik juga akhirnya.

Masa iya mesti di install ulang, padahal baru semalam nginstal banyak preset buat editing, kalau mesti install lagi ya tobat deh!. Saya pun coba browsing, nanya sama simbah google. Banyak yang sudah menuliskannya dengan keyword "cara memperbaiki Flashdisk yang tidak terdeteksi pada Laptop".

Silahkan Baca : Aplikasi yang Sebaiknya Kamu hapus agar Smartphone tidak Lemot

Ada banyak artikel yang sudah membahasnya, tapi kebanyakan masih untuk windows 7 maupun windows 8, oh mungkin karena saya tidak menambahkan kata kunci windows 10 kali ya. Hehehehe...

Cara yang pertama memperbaiki USB/ Flashdisk yang tidak terdeteksi

  • Buka control panel,
  • Pilih Device Manager
  • Kemudian pilih Action >> Add Legacy Hardware
  • Klik saja Next
  • Selanjutnya pilih "search for and install hardware automatically"
  • Jika Flashdisk terdeteksi maka akan muncuk menu Autorun serta kemunculan "removable hardware pada sistem. Kemudian akan muncul juga
  • Terus, akan muncul drive baru di Windows Explorer atau My Computer.
  • Jika kedua hal tersebut sudah muncul, maka proses pada cara ini tidak perlu dilanjutkan lagi. Kamu cukup klik Cancel pada tampilan berikutnya.
  • Namun, jika flashdisk masih tidak terbaca juga, ulangi lagi langkah nomor 2 sampai 5. Bedanya, pada langkah 5, yang kamu pilih “Install the hardware that I manually select from a list”
  • Selanjutnya, pilih beberapa pilihan hardware yang tersedia pada daftar yang muncul pada jendela. Kalau mau menambahkan USB flashdisk, ya pilih saja USB Controller atau Storage.
  • Klik OK.

Sayang sekali, cara pertama tersebut gatot alias gagal total, harddisk saya masih belum terdeteksi. Kemudian saya coba cara yang kedua, dengan berharap cara ini berhasil. Tapi setelah saya baca dengan teliti. Wealah, cara yang ketiga ini adalah memformat USB dalam hal ini Harddisk saya.

Pastilah, cara tersebut saya acuhkan saja. Enak aja di format, filenya udah 900 GB, mau diformat gitu aja. Setelah itu saya cari cara yang lain, rata-rata cara yang dituliskan juga sama, tapi tidak mempan di laptop saya.

Silahkan Baca : FUNGSI SEMUA TOMBOL PADA KEYBOARD KOMPUTER

Saya cari lagi di platform milik simbah Google yang lain, yakni Youtube. Dapat deh cara yang ketiga buat memperbaik USB/ Flashdisk atau Harddisk yang tidak terdeteksi pada laptop dengan windows 10.

Caranya sebagai berikut.

- Buka RUN caranya klik STAR dan pilih search kemudian ketik RUN
- Setelah terbuka, ketik devmgmt.msc

Cara Memperbaiki USB yang Tidak Terdeteksi pada Laptop Windows 10

- Kemudian akan muncul jendela baru, pada bagian atas ada nama laptop atau komputer saya
- Klik kanan pada nama laptop tersebut, pilih "scan for hardware changes".


- Tunggu hingga proses selesai.
- Kemudian lihat pada kolom universal serial bus controller
- Jika sudah tidak ada tanda pentungnya, maka berhasil. Tandanya port USB sudah kembali normal.
- Kalau sudah normal berarti selesai, USB/ Flashdisk maupun Harddisk akan kembali terdeteksi.

Namun, milik saya belum terdeteksi juga. Meskipun sudah saya ulangi cara diatas. Berkali-kali saya scan for hardware change, tapi tetap saja USB belum terdeteksi di laptop saya.

Saya-pun mulai frustasi, mulai pusing, lemah, badan panas, meritang, lemah, letih, lesu, gangguan kehamilan dan janin. Hehehe, tidak-tidak. Bercanda.

Panik sudah pasti, masa iya mesti nyoba diinstall ulang. Capek install software-softwarenya, tapi kalau caranya cuma itu. Apa boleh buat? ya tidak sih?

Ditengah rasa menjelang putus asa karena musti instal ulang, saya nyoba iseng. Masih dicara yang ketiga tersebut. saya scroll ke bawah, dan pada Kolom universal serial bus controller saya klik, kemudian, terlihat mana yang ada tanda pentungnya.

Selanjutnya saya klik kanan, dan saya pilih update driver. Karena dulu pas masih pakai windows 7, cara tersebut berhasil, jadi tidak ada salahnya saya coba lagi di windows 10.

Silahkan Baca : Cara Menggunakan WhatsApp di Laptop atau Komputer Desktop


Sayang sekali, cara tersebutpun tidak berhasil, sudah dicoba sampai 5 kali, tetep sama saja. Tanda pentung tidak hilang. Tiba-tiba seperti ada setetes pencerahan yang datang dari Sang Maha Kuasa pastinya. Jika, saya mesti mencoba untuk meng-Uninstall bagian yang ada tanda pentungnya tersebut.

Langsung deh, saya klik kanan, pilih unsinstal. Ekh langsung ada bunyi "teng tung", tanda laptop saya mendeteksi ada USB yang dihubungkan. Alhamdulillah...

Cara Memperbaiki USB yang Tidak Terdeteksi pada Laptop Windows 10


Akhirnya berhasil juga memperbaiki Memperbaiki USB yang Tidak Terdeteksi pada Laptop Windows 10. Tidak jadi meng-instal ulang windows deh, alhamdulillah...

Cara tersebut tidak selalu sama dengan merk laptop yang lain, tapi mencoba itu dibutuhkan, siapa tau cocok dan berhasil. Semoga bermanfaat yaa... 

  

Oleh Yogi Permana
Doa kami, Semoga rezeki berlimpah untuk sobat semua hari ini. Aamiin
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar