Skip to main content

FAKTA UNIK TEMBUKUR atau UNDUR-UNDUR


Hewan yang akrab dimasa kecil ini ternyata menyimpan misteri,Tembukur atau Undur-Undur sebenarnya masih dalam fase Larva, Fase Dewasanya, Tembukur bisa terbang Lho

Atmosterku.com | FAKTA UNIK TEMBUKUR atau UNDUR-UNDUR  - Saat masih kecil, jaman belum banyak kebijakan semenisasi di rumah-rumah, saya sering menjumpai hewan Tembukur. Kalau di daerah saya itu namanya, didaerah lain mungkin Undur-Undur.

Rumah Tempukur cukup unik, berada di dalam tanah yang lembut, menyerupai pusaran. Cara pembuatan rumahnya pun dilakukan dengan cara berjalan mundur, semacam ngebornya sambil mundur.

Sepertinya banyak yang belu mengenal hewan mungil yang satu ini, jikapun tau, pasti belum tentu paham. Tembukur atau Undur-Undur sebenarnya masih bisa berubah lagi atau tidak? nah, mari kita ulas saja.

Apa sih Tembukur atau Undur-Undur itu?


Kalau tidak melihat secara langsung mungkin akan bingung, Tembukur? Undur-Undur? itu sih kaya apa?

Kemungkinan juga kalau sudah melihat penampakannya akan segera paham, oh yang itu yaa..

Baca Juga : Metamorfosis Sempurna dan Tak Sempurna


Untuk anak milenial yang setiap hari pegangnya smartphone pasti tidak akan tau, jika ada hewan unik yang menangkap mangsanya dengan membuat pusaran di tanah.

Nama Latin Tembukur atau Undur-Undur


Tembukur atau Undur-Undur memiliki nama Famili Myrmeleontidae yang berasal dari bahasa Yunani, mempunyai arti Myrmex adalah Semut, dan Leon adalah singa.

FAKTA UNIK TEMBUKUR atau UNDUR-UNDUR


Tempat persembunyiannya Tembukur (undur-undur) berada didalam tanah, hewan ini punya kebiasaan larvanya berjalan mundur saat menggali sarang yang merupakan sebuah jebakan di tanah.

Di wilayah barat, hewan ini dikenal dengan nama Antlion yang berarti Semut Singa. Nama tersebut diberikan karena kebiasaan larvanya yang memburu semut secara ganas, salah satunya berupa galian jebakan di dalam tanah. Sehingga dianggap menjadi singanya para semut.

Dimana keberadaan Tembukur atau Undur-Undur?


Sebenarnya Tembukur (undur-undur) ini tersebar diseluruh dunia, yang terutama di wilayah yang bersuhu hangat dan juga pastinya berpasir.

Baca Juga :   IKAN RAKSASA, ARAPAIMA GIGAS

Jadi tembukur ini tidak hanya ada di perkampungan Indonesia saja. Ya, tapi sekarang kemungkinan semakin sulit untuk mendapatinya. Dikarenakan setiap rumah, halamannya sudah mengalami semenisasi.

Tembukur atau Undur-Undur Sejatinya masih kategori Larva


Ini dia, kita pasti banyak yang belum tau, bahwa Tembukur sendiri merupakan bentuk larva. Kemudian akan timbul pertanyaan, besarnya kaya bagaimana? simak terus ya ya tulisannya.

FAKTA UNIK TEMBUKUR atau UNDUR-UNDUR


Tembukur (Undur-Undur) mengalami metamorfosis sempurna, yakni dari telur, berubah menjadi Larva, Kepompong, dan kemudian menjadi dewasa.

Perkembangan Tembukur (Undur-Undur)


Perkembangan Tembukur (undur-undur) dimulai ketika si betina meletakkan telurnya ditanah yang berpasir. Dan Tembukur dewasa yang betina bisa mengeluarkan telur hingga sebanyak 20 Butir untuk sekali bertelur.

Baca Juga : Inilah Sebabnya Mengapa Jika Terkena Liur Anjing Harus Dibasuh Dengan Tanah
 

Kemudian, telur menetas menjadi Larva yang mempunyai bentuk Gempal, pipih, berkaki enam, dan memiliki sepasang taring panjang dikepalanya.

Tembukur membuat Jebakan di tanah dengan cara mundur


Setelah menetas, selanjutnya Larva Tembukur akan membuat jebakan di tanah dengan cara berjalan mundur memakai tubuhnya seperti mata bor.  Gerakannya spiral hingga akhirnya membentuk sarang jebakan yang berbentuk seperti corong.

Sudah mengerti kan, jika Tembukur atau undur-undur sebenarnya masih Larva?

Lalu, Tembukur dewasa itu seperti apa bentuknya??

Tembukur (Undur-Undur) Dewasa Seperti Capung

FAKTA UNIK TEMBUKUR atau UNDUR-UNDUR


Banyak yang tidak menyadari, sebenarnya Tembukur Dewasa mempunyai penampakan yang sekilas menyerupai Capung. Bedanya dengan melihat antenya yang panjang, dan ujungnya sedikit melengkung. Ukurannya yang rata-rata lebih kecil dan matanya yang terletak pada sisi kepala, serta berukuran lebih kecil dibandingkan dengan mata Capung.

Baca Juga :   Capung: Mesin Terbang Super Canggih [1]

Tidak menyangka kan? jikalau Tembukur masih Larva dan mempunyai kemampuan terbang setelah Dewasa!

Kalau di Daerahmu, kira-kira namanya apa?

Simak juga Video Tembukur (Undur-Undur) dibawah ini, untuk bisa melihat langsung seperti apa



  
"Selama kita masih punya hati yang hidup, mari sebarkan kebaikan" www.atmosferku.com
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar