7 Tips Supaya Skripsi Cepat Selesai

shares |

Buat Mahasiswa Akhir yang ingin Skripsi cepat selesai




 7 Tips Supaya Skripsi Cepat Selesai
Kuliah Jempolan - blogger

Atmosterku.com | 7 Tips Supaya Skripsi Cepat Selesai - Menjadi mahasiswa memang penuh tantangan, apalagi mahasiswa tingkat akhir. Tantangan terbesar mereka bisa jadi adalah makhluk yang bernama skripsi. Buktinya, di sekitar kita masih ada saudara-saudara kita yang berjuang menyelesaikan skripsi. Ada yang memasuki tahun kelima, keenam sampai tahun ke sekian dan terima kasih. Sebenarnya ada banyak sebab yang melatarbelakangi kenapa skripsi tak kunjung usai. Terlepas dari itu semua, yang jelas kalau bisa selesai cepat kenapa harus terlambat?

Kalau kamu termasuk golongan mahasiswa tingkat akhir, beberapa Tips Supaya Skripsi Cepat Selesai berikut ini semoga bisa mengobati rasa pusingmu dalam mengerjakan skripsi.

1. Luruskan dulu niatmu

Tips supaya skripsi cepat selesai yang pertama. Orang cerdas pasti selalu ingin yang terbaik. Orang cerdas bisa menjadikan hal yang sepele menjadi bernilai. Lantas, apa hubungannya skripsi dengan niat? Niat merupakan pondasi bagi seseorang dalam melakukan aktifitas. Niat yang baik akan mengantarkan skripsi kita ke arah yang baik pula. Luruskan niat kita dalam rangka beribadah kepada Allah ta’ala. Misalnya, meniatkan skripsi untuk berbakti kepada kedua orang tua. Dengan kamu cepat lulus tentu saja membuat orang tuamu bahagia, bukan? Nah, membahagiakan kedua orang tua itulah salah satu cara berbakti kepada mereka. Nah, niat menjadi tips supaya skripsi cepat selesai paling awal, yang menentukan.

2. Persiapkan Segala Hal yang Berkaitan dengan Skripsi

Tips supaya skripsi cepat selesai yang kedua. Kalau kamu memang benar-benar tidak tahu apa yang harus pertama kali dikerjakan, langkah awal yang bisa dilakukan adalah menentukan topik yang sekiranya kamu banget. Selanjutnya siapkan referensi yang relevan dengan skripsi kamu. Secara umum ada tiga macam referensi yang bisa kamu cari, yaitu referensi berkaitan dengan permasalahan yang kamu angkat dalam skripsi, kajian pustaka dan metode penelitian. Usahakan cari dari sumber-sumber yang kredibel dan ilmiah, misalnya buku ataupun jurnal penelitian yang terakreditasi.

3. Buat Timeline Kegiatan dan Target Pencapaian Skripsi

Tips supaya skripsi cepat selesai yang ketiga. Istilah lain dari skripsi adalah final project, artinya, skripsi akan berhubungan dengan banyak pihak yang cukup kompleks. Menyusun jadwal kegiatan skripsi yang terstruktur tentu saja sangat diperlukan. Istilah kerennya ‘write what you do, do what you write’, tulis apa yang akan kamu kerjakan dan kerjakan apa yang sudah kamu tulis. Nah, tulis jadwal kapan konsultasi dengan dosbing, kapan follow up revisi, kapan ke perpustakaan. Usahakan setiap hari ada progres, entah itu hanya dapat satu dua paragraf tidak masalah.

4. Proaktif Bertanya kepada Dosen Pembimbing

Tips supaya skripsi cepat selesai yang keempat. Selain harus disiplin ketika konsultasi dengan dosen pembimbing, kamu juga harus proaktif. Idealnya, ada komunikasi dua arah antara dosen dan mahasiswa. Namun, faktanya adalah mahasiswa kurang aktif dalam menggali informasi kepada dosen. Inilah yang terkadang membuat konsultasi hanya itu-itu saja. Konsultasi terjadi ketika ada pertanyaan. Kalau tidak ada pertanyaan itu namanya memberikan informasi. Untuk itu sebelum konsultasi dengan dosbing, ada baiknya pelajari dulu tulisanmu dan buat daftar pertanyaan yang berkaitan dengan apa yang kamu tulis.


5. Jadi Mahasiswa Jangan Baperan

Tips supaya skripsi cepat selesai yang kelima, Konsultasi dengan dosen bisa jadi momok yang mengerikan kalau dosbingmu termasuk killer. Menghadapi tipikal dosen yang demikian bukan berarti menjadi alasan buat kamu terbawa perasaan. Stop complaining! Inilah momentum buat kamu belajar bagaimana bersikap yang tepat. Momen dimana kamu belajar tentang hikmah dan kesabaran, yaitu meletakan sesuatu pada tempatnya, tepat sesuai proporsinya. Mendapat teguran yang pedas memang kadang cukup menyayat hati, tapi ingatlah kelapa tidak akan jadi santan kalau tidak diparut. Sabar.. sabar..

6. Pelajari hal-hal kecil yang Terlewatkan

Tips supaya skripsi cepat selesai yang keenam. Mengerjakan skripsi kadang menjadi sulit hanya karena hal sepele yang sebenarnya mudah. Misalnya, bagaimana mengatur tata letak tulisan menggunakan aplikasi office. Bagaimana membuat daftar isi yang rapi, bagaimana pengaturan margin, bagaimana penulisan poin-poin, semua ada ilmunya. Untungnya, di era digital ini kita tidak perlu repot lagi mencari ke perpus. Tinggal search di google, tulis kata kuncinya, beres. Tapi ingat jangan coba-coba buka sosmed ya! Supaya kamu tetap fokus dan tidak disorientasi saat berhadapan dengan dunia maya.

7. Jangan Lupa Berdoa, ini yang sering disepelekan

Tips supaya skripsi cepat selesai yang ketujuh. Berdoa adalah senjata yang sangat ampuh. Terutama bagi kamu yang mengalami kesulitan untuk sekedar bertemu dosen. Berdoalah. Berdoalah dengan harapan mudah dipertemukan dengan dosbing. Mintalah kemudahan pada-Nya yang menggenggam hati manusia. Bila perlu berdoa di waktu yang mustajab (terkabulnya doa) misalnya waktu diantara azan dan iqomah, setelah ashar sampai menjelang maghrib di hari Jumat, ketika hujan, atau di padang arafah (barangkali mau haji dulu :D)


Nah, demikianlah beberapa Tips supaya skripsi cepat selesai yang bisa kamu coba wahai para pejuang skripsi. Semoga bisa membantu. Kalau teman-teman punya tips yang lain boleh menambahkan lho, supaya bisa membantu teman-teman kita yang sedang mengerjakan tugas akhir. Salam skripsweet!


  
Terima kasih ya telah menyempatkan waktu untuk membaca  7 Tips Supaya Skripsi Cepat Selesai
Doa kami, Semoga rezeki berlimpah untuk temen-temen semua hari ini. Aamiin

Artikel Lainnya

Related Posts

0 komentar:

Post a Comment