Skip to main content

Yang Terlihat SEMPURNA, Masih Banyak KEKURANGANNYA, Namun MASA DEPAN Itu Milik SEMUA ORANG

Ilustrasi tentang masa depan, bisa Indah bisa juga sebaliknya    | www.atmosferku.com
Atmosferku.com - Keterbatasan mata manusia memang sangat jelas adanya, tak perlu ditutup-tutupi dengan sikap apapun. Keterbatasan tersebut terlihat jelas karena kita hanya melihat sesuatu yang indah saja, atau yang bagus saja. Semua hanya yang nampak saja secara visual oleh mata, dan mata tidak mampu melihat apa kelakuan yang sesungguhnya. Matapun tidak mampu melihat apa yang tersirat di dalam hati yang lainnya. Sungguh sangat terbatas, oleh sebab itu dari kita pernah beberapa kali tertipu oleh seseorang yang nampak Good Looking saja. 

Penilaian orang lain terhadap kita pun hampir sama dengan cara penilaian kita terhadap orang lain melalui sepasang bola mata. Terkadang, yang kita lihat, dengan gampang kita anggap suci. Padahal kita tidak pernah tahu jika punya banyak khilaf dan dosa. Yang telihat begitu bahagia, terkadang masih mempuyai banyak kesedihan dan luka yang belum tersembuhkan.  


Dunia ini memang seperti sebuah sandiwara, bagaimana yang tersirat dengan yang tersurat jauh melenceng. Banyak yang kita rasakan namun tak tampak, seperti tertawa diwajah namun menangisi hidupnya. Inilah manusia dengan segala sifat dasarnya yang lemah namun akan kuat jika dipasangkan dengan Iman. 

Apa yang kita lihat, dengan cepat otak kita meresponnya. Dengan berbagai cara kita mereponnya seperti
  • Menangisi hidupnya karena telah melakukan kesalahan, namun mengulangi kesalahan yang sama, yang disesali
  • Perkataan menyesal sering dilontarkan, lalu dilupakan begitu saja setelah selesai pengucapan
  • Ingin berubah, namun hanya berupa keinginan saja, tanpa adanya sebauh tindakan, mereka berpikir bahwa akan datang keajaiban yang menolongnya kelak.
Sungguh, dengan semua tipu muslihat yang kita bikin hanya akan merugikan diri kita sendiri karena Allah Maha Tahu Segala-Galanya. Dalam pandangan manusia bisa terlihat sempurna baiknya, bagaimana rajin sedekahnya, bagaimana kerelaan menolong, namun semua akan terbongkar jika Allah yang telah memandanya. Semua kehinaan akan nampak, dan sia-sia belaka semua kesombongan.


Karena diri ini tak lebih dari seorang pendosa, yang bisa jadi setiap hari berbuat khilaf secara sadar maupun tidak sadar. Namun, kehinaan yang semua akan nampak dengan jelas oleh Allah, bisa dihilangkan. Meskipun dimasa lalunya adalah seorang pezina. Namun, dimasa depan?? Allah bisa menjaminnya dengan segala konsekuensinya. Karena orang yang gelap dimasa lalu, jika masih mempunyai umur dan mau berhijrah dalam kebaikan, Allah aka mengangkat masa depannya dalam keindahan. Lihatlah betapa hebatnya Allah, adil dalam segala hal dan tindakan. 

Tidak seperti manusia, jika sudah terpapar kesesatan, akan dianggap jelek, mungkin sampai seumur hidupnya. Meskipun orang yang terpapar kesesatan telah berusaha untuk berubah dan istiqomah dalam ridho Allah. Itulah keterbatasan mata manusia dan cara pandang manusia yang masih sempit. Tetapi tidak semua manusia demikian. Masih banyak manusia-manusia yang berbudi pekerti yang luhur, serta istiqomah dalam pergerakan hijrah.


Ingiat!! Masa depan itu milik semua orang. Semua orang berhak memiliki masa depannya masing-masing. Baik itu seorang pendosa ataupun seorang ahli ibadah. Namun yang pasti seorang pendosa dapat lebih baik dari seorang yang ahli ibadah. Karna Allah lebih mencintai si pendosa yang selalu merasa hina kemudian bertaubat dengan sungguh-sungguh daripada ahli ibadah yang bangga akan amalannya dan memandang orang yang telah berbuat dosa itu hina sehina-hinanya. Na'udzubillah...

Semoga Allah mudahkan kita dalam menjemput hidayah, membuat rasa kita peka terhadap segala kalam Allah di semesta ini, agar senantiasa kita terus dekat dengan Allah SWT, serta diistiqomahkan dalam ketaatan yang sebenar-benarnya..
“Adakala orang yang paling buruk dimasa silam, akan jadi yang paling baik dimasa depan.” (Sayyidina Umar bin Khattab)


Oleh Yogi Permana & Nadhillah Gayvani

Demikianlah artikel Renungan dari atmosferku.com Berjudul  Yang Terlihat SEMPURNA, Masih Banyak KEKURANGANNYA, Namun MASA DEPAN Itu Milik SEMUA ORANG . Jika Anda menyukai dan bermanfaat untuk yang lain artikel ini, mohon SHARE YAA dan jangan lupa untuk like, twit atau berkomentar di bawah ini sehingga bisa menjadi referensi bagi sahabat semua di jejaring sosial Anda.
Mari menjadi pahlawan penyebar kebaikan dengan men-SHARE artikel Ini. Semoga rezeki berlimpah untuk sahabat yang sudah menjadi pahlawan penyebar kebaikan. Aamiin
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar