--> Skip to main content

Apa itu Template Blog dan Komponen Pembentuknya

Sebelum melangkah lebih jauh, kita mesti mempelajari tampilan blog kita atau biasa disebut Template Blog


Apa itu Template Blog dan Komponen Pembentuknya
Ini adalah Template Blog Atmosferku.com
Atmosterku.com | Apa itu Template Blog dan Komponen Pembentuknya - Sebagai blogger, memilki blog yang menarik merupakan suatu kewajiban. Mengapa demikian? Karena blog yang menarik akan menjadi magnet lebih banyak orang untuk mengunjungi blog anda. Jika sebuah blog mempunyai traffic yang tinggi, maka besar kemungkinan bagi blogger untuk mendapatkan keuntungan dari blognya.

Mendapatkan keuntungan? Benarkah demikian? Tentu saja benar. Blog yang mempunyai traffic pengunjung yang tinggi akan menjadi media iklan / promosi yang efektif. Keuntungan itu berasal dari para pemasang iklan tersebut yang diharuskan membayar sejumlah uang supaya iklannya bisa tayang dalam sebuah blog. Untuk membuat blog menjadi menarik, diperlukan adanya template blog yang menarik pula. Apa itu template blog? Jika anda belum paham mengenai apa itu template blog, mari penulis ajak untuk terus menyimak artikel ini.

Pengertian Apa Itu Template Blog


Template blog adalah desain dari halaman sebuah blog / website beserta seluruh elemen penataan / susunan yang tersusun secara sistematis. Hal itu membuat sebuah blog menjadi lebih enak dipandang dan memudahkan user untuk mencari informasi dalam blog tersebut. Elemen itu biasanya file dinamis maupun file statis yang bisa berupa program atau aplikasi yang dijalankan sebagai aplikasi web. Seperti yang terlihat pada blog - blog yang mempunyai susunan tatanan gambar dan tulisan yang terlihat di monitor, itulah yang dimaksud apa itu template blog.

Template blog juga bisa dimengerti sebagai tema dari sebuah blog atau tampilan sebuah blog. Dalam handphone kita mengenal template ini sebagai tema yang digunakan pada tampilan handphone. Keitka kita menerapkan sebuah tema pada handphone, maka semua unsur handphone itu berubah. Mulai dari teks, warna, tampilan, background dll. Demikian juga kurang lebih sama dalam template blog / website ini.

Silahkan Baca



Komponen Pembentuk Template Blog

Dalam blogspot, anda bisa mengedit sendiri template blog yang akan anda gunakan untuk blog anda. Namun hal itu tentunya juga harus ditunjang dengan memiliki pengetahuan yang cukup mengenai bahasa pemromgraman. Khususnya bahasa pemrograman html. Oleh karena itu sebelum melakukan kustomisasi tamplate bog, anda harus mengetahui dulu komponen pembentuk template blog. Komponen - komponen tersebut adalah :

1. HTML

HTML adalah kependekan dari Hyper Text Markup Language. Pengertian dari html ini adalah sebuah bahasa markah yang berguna untuk membuat halaman web beserta dengan semua unsur yang mengikutinya. Bahasa html ini bertugas untuk mengatur tampilan dan isi dari sebuah blog / website. Yang terbaru sekarang ini adalah html versi 5. Semakin baru html yang digunakan maka memungkinkan tampilan dan kinerja sebuah blog / web menjadi lebih dinamis dan variatif.

2. CSS

CSS adalah kependekan dari Cascading Style Sheets. Fungsi dari CSS ini adalah untuk mendefinisikan bagaimana komponen html dalam sebuah template blog yang akan digunakan. Misalnya dengan CSS gaya teks pada setiap header tag akan bisa berbeda walaupun berada pada halaman blog/web yang sama. CSS sendiri bukanlah merupakan suatu bahasa pemrograman. Melainkan sebuah aturan yang digunakan untuk mengendalikan beberapa unsur dari sebuah web sehingga menjadi terstruktur dan seragam.

3. Javascript

Komponen pembentuk template blog selanjutnya adalah javascript. Javascript adalah sebuah bahasa pemrograman yang berbasis java dan merupakan interface pembantu pada pemrogaman web. Javascript ini digunakan dalam html untuk membuat halaman sebuah template blog menjadi lebih dinamis dan interaktif. Contoh penggunaan javascript ini misalnya untuk mengubah tampilan blog menjadi tampilan mobile ketika ada user yang membuka blog menggunakan hp.

Jangan lupa juga untuk mengetahui terlebih dahulu apa itu blog?, apa perbedaan Blogger dan Wordpress? dan cara memilih niche blog dengan mudah

Nah itulah tadi sedikit pembahasan mengenai apa itu template blog dan komponen pembentuknya. Semoga bermanfaat.


  
Doa kami, Semoga rezeki berlimpah untuk sobat semua hari ini. Aamiin
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar