Skip to main content

Apa Itu Domain? Inilah Penjelasnnya

Apa Itu Domain? Inilah Penjelasnnya

Atmosterku.com | Apa Itu Domain? Inilah Penjelasnnya - Bagi ada yang berada di ruang lingkup dunia online, tentu harus mengetahui apa itu domain, dan kegunaan dari domain tersebut. Domain menjadi peranan penting untuk para pengguna internet.

Apa itu Domain ?

Pengertian Domain

Apa itu domain ? Domain adalah sebuah nama yang digunakan oleh para pengguna internet untuk mengakses informasi pada sebuah server computer dengan menggunakan jaringan internet. Ketika mengakses sebuah informasi di internet makan akan diminta untuk mengakses alamat IP Address, alamat ini berupa deretan angka yang cukup panjang.

Dalam mempermudah pengguna internet mengakses informasi yang di inginkan maka di buatlah sebuah domain. Sebagai contoh seperti www.google.com adalah sebuah nama domain sedangkan IP Adressnya adalah 66.97.145.109. Ketika ingin mengakses informasi maka tidak perlu berkutit dengan IP address, dengan hanya mengetikan nama domain maka informasi yang di inginkan akan muncul.

Silahkan Baca : Apa itu Template Responsive dan Pengaruhnya pada Blog


Kegunaan Domain

Kegunaan dari domain untuk mempermudah pengguna masuk ke dalam alamat di internet untuk mendapatkan informasi tertentu. Domain terdiri dari 3 macam yaitu:

Label

Label atau sering disebut dengan brand atau merk pada sebuah situs yang mempermudah pengguna dalam mengakses sebuah situs dengan melalui nama situs tanpa harus mengakses IP situs tersebut. Misalnya pada www.google.com, kata google bertindak sebagai Label atau brand yang di gunakan untuk mengakses informasi dari tempat tersebut oleh setiap pengguna .

TLD ( Top Level Domain)

TLD merupakan kepanjangan dari Top Level Domain yang merupakan sebuah ekstensi atau identitas sebuah situs online yang berada pada akhiran kata sebuah situs. Pada umumnya, TLD ini juga terbagi menjadi 2 kelompok, yaitu country code top level domain yaitu sebuah kode negara seperti .id, .us, .ca, .ru, dll. Ada juga yang disebut sebagai generic top level domain seperti .com, .net, .mil, dll. Second level domain ini adalah kata lain dari label pada level domain. Lower level domain ini posisinya berada di sebelah kiri label, namun hal ini sangat jarang terjadi.

Silahkan Baca



TLD masing-masing mempunyai fungsi, seperti: “.Com” digunakan untuk kepentingan komersial, karena memang kata com ini diambil darikata comercial. “.Net” biasanya digunakan untuk kepentingan jaringan.”.Edu” biasanya digunakan untuk kepentingan pendidikan. “.Org” biasanya digunakan untuk kepentingan organisasi. “.Gov “biasanya digunakan untuk kepentingan pemerintahan.

Sub domain

Sub domain adalah nama selain nama untuk label. Hal-hal seperti ini akan Anda dapatkan ketika membuat sebuah blog, di mana ketika Anda membuat sebuah blog maka yang akan tampil adalah nama yang Anda buat nama blog. Tempat blog tersebut dibuat, sebagai contoh adalah, nama subdomain.blogspot.com.

Apabila diteliti secara detail domain adalah sebuah nama untuk dapat mempermudah pengguna atau siapa saja dalam mengakses informasi pada web tersebut. untuk nama domain tersebut tidak ada aturan yang pasti, pengguna dapat menggunakan huruf besar atau dapat menggunakan huruf kecil. Sebuah domain yang unik akan membuat orang tertarik untuk mengunjungi tempat web tersebut.

Contoh Nama Domain

Nama domain kini semakin spesifik, jadi akan mempermudah pengguna internet untuk memilah suatu situs web sesuai kategori tertentu. Di internet terdapat ratusan nama domain yang dapat digunakan sebagai alamat website. Contoh nama domain seperti berikut :
Nama domain yang populer : .COM, .ORG, .ME, .NET
Nama domain baru : .Cool, .Zone, .Club, .City, .Website, .Gratis, .Haus, .Today, .Media, .Link, .Cooking, .Guru, .Tips, .Fishing, .Fitness dan masih banyak lagi nama domain baru.
Nama domain Indonesia : .ID, .CO.ID, .WEB.ID

Silahkan Baca :






  
Doa kami, Semoga rezeki berlimpah untuk sobat semua hari ini. Aamiin
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar