Skip to main content

Apa Itu Hosting dan Jenis-jenisnya

Apa Itu Hosting dan Jenis-jenisnya
 
Atmosterku.com | Apa Itu Hosting dan Jenis-jenisnya - Apa itu hosting ? Menjadi pertanyaan yang selalu ditanyakan oleh orang yang belum terjun ke dunia blogging. Bagi para blogger ataupun webmaster hosting menjadi komponen yang sangat penting selain domain. Hosting hampir sama dengan sebuah komputer yang digunakan setiap hari, yang memiliki kapasitas penyimpanan dan dapat menghapus isi hosting.

Apa Itu Hosting ? Berikut ini pengertiannya

Pengertian Hosting

Apa itu hosting ? Hosting merupakan layanan berbasis internet yang digunakan sebagai tempat penyimpanan data atau tempat untuk menjalankan aplikasi di tempat terpusat yang disebut sebagai server dan dapat diakses melalui jaringan internet. Jenis penggunaannya bermacam-macam sehingga dapat disesuaikan dengan kebutuhan, seperti Web untuk penyimpanan dan aplikasi website melalui port http, Email untuk pusat data email, FTP untuk transfer bahkan sampai VPN. Dengan adanya hosting ini, sebuah halaman website yang telah dibuat dapat diakses oleh orang lain.

Silahkan Baca : Cara agar Blog Muncul di Google Search

Sebuah hosting juga mempunyai kapasitas penyimpanan dan juga operating system, sehingga dapat dikatan mirip dengan perangkat komputer. Jika menyimpan file di komputer sampai ruang penyimpanan di komputer tersebut mulai penuh, maka akan mendapatkan peringatan dari sistem komputer jika harus melakukan satu dari dua hal berikut.

1. Menghapus file yang jarang digunakan agar tersedia ruang penyimpanan untuk file baru, atau
2. Menambah kapasitas ruang penyimpanan anda dengan membeli hardware baru.

Sebuah hosting juga mempunyai kuota untuk menyimpan file dan dapat mengakses file tersebut dari mana saja (dengan catatan hosting mempunyai koneksi internet). Dalam sebuah hosting dapat menambahkan file atau menghapus file di dalam hosting yang anda sewa.

Macam – Macam Hosting

1. Shared Hosting

Merupakan jenis hosting yang yang dapat digunakan bersama-sama dengan pengguna lain, sehingga satu server bisa dipergunakan oleh lebih dari satu nama domain.

2. VPS (Virtual Private Server)

VPS atau dikenal juga sebagai Virtual Dedicated Server yang merupakan proses virtualisasi dari lingkungan software sistem operasi yang dipergunakan oleh server. Hal ini memungkinkan untuk dapat menginstall sistem operasi yang dapat berjalan di atas sistem lain.

Silahkan Baca



3. Dedicated Server

Merupakan penggunaan server yang dikhususkan untuk aplikasi yang lebih besar dan tidak dapat di operasikan dalam shared hosting. Penyediaan server ditanggung oleh perusahaan hosting yang bekerjasama dengan vendor.

4. Colocation server

Layanan yang menyewakan tempat untuk meletakkan server yang digunakan untuk hosting. Biasanya server ini disediakan oleh pelanggan bekerja sama dengan vendor.

Memilih Jasa Web Hosting yang Baik

Ketika memutuskan membangun blog atau website dengan hosting sendiri, maka harus bisa memilih-milih jasa web hosting yang baik. Dalam memilih hosting untuk blog atau website yang perlu diperhatikan adalah:

1. Kebutuhan terhadap space penyimpanan dan bandwidth. Penyimpanan yang besar akan mampu memuat postingan yang banyak dan dibutuhkan bandwidth yang besar supaya server tidak overload.
2. Layanan, fitur, support dan software yang tercakup dari penyedia layanan hosting.
3. Target pengunjung blog atau website yang dibangun.
4. Harga yang pas dan memenuhi kebutuhan hosting yag dibutuhkan dengan biaya yang sesuai dengan kebutuhan.
5. Kualitas perangkat server dan kecepatan akses yang membuat hosting stabil.

Cara Menyewa Hosting

1. Menyewa jasa hosting perlu mengetahui perusahaan penyedia layanan hosting dengan membuka situs web penyedia layanan hosting.
2. Lakukan registrasi yang tersedia pada menu utama jasa hosting. Penyedia layanan hosting akan memberitahukan setiap langkah untuk memilih nama domain dan cek ketersediannya.
3. Lakukan pembayaran dan tunggu email dari penyedia jasa layanan hosting.

Silahkan Baca :
Tips Membuat Artikel Original untuk Blog
Cara Mudah menjadi Blogger yang bisa Kamu Lakukan




  
Doa kami, Semoga rezeki berlimpah untuk sobat semua hari ini. Aamiin
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar