Skip to main content

TIPS AGAR KAMU BISA BERHENTI MEROKOK


TIPS AGAR KAMU BISA BERHENTI MEROKOK

Hampir setiap hari saya melihat lelaki merokok, bahkan perempuan pun sekarang merokok dan itu jadi hal yang biasa. Benar-benar sudah menjamur dimana saja, sampai akhirnya menjalar ke anak-anak. Coba sekarang lihat, anak belum sekolah saja sudah diajari merokok, divideoin lagi. Parah, bener-bener parah.

Mereka anggap itu lelucon, sebuah hiburan dari peningnya mereka menghadapi gencetan ekonomi. Tapi apa tidak ada hiburan yang lain? miris.

Tau tidak, orang merokok itu paling rawan membuang sampah sembarangan? coba sekarang dilogika, kalau mereka merokok ya, apa mereka selalu bawa asbak? tidak tho? yang mereka bawa cuma korek. Harusnya sama asbaknya juga, karena itu sudah sepaket. Tapi tidak, mereka lebih milih asal buang. Udah sembarangan buang asap, sisa rokok pun dibuang sembarangan.

Nah, yang bahaya lagi nih. Jika dideket mereka ada anak kecil, terutama bayi. Itu sangat berbahaya. Sudah berapa korban balita karena efek menghirup asap rokok. Para perokok cuek saja. Lagi ya, banyak juga para perokok yang naik motor sambil ngeroko. Ini parah banget, abunya bisa mengenai orang yang dibelakangnya, sudah beberapa kejadian yang merugikan orang lain karena matanya terkena abu rokok.

Silahkan Baca : 5 Tips Cara Menghemat Kuota Internet pada Smartphone

Saya sendiri memang sangat setuju kalau rokok itu diharamkan serta dilarang saja, bukan egois tapi untuk menjaga semesta ini. Rokok itu candu, tidak ada bedanya dengan narkoba. Merusak, dan merugikan orang lain. Kalau mereka bilang, "kalau tidak suka, ya sudah tidak usah deket-deket". Woooooyyyyy, mungkin kalau tumbuhan disekitarmu hidup dan bisa bicara bakal nempeleng mereka. hehehehehe...

Dari banyak perokok, ternyata banyak juga yang mampu berhenti dari kebiasaan merokok. Dan teryata itu mereka bisa berhenti merokok. Kata orang yang perokok, itu sulit. Tapi buktinya banyak yang bisa berhenti. Beberapa kawan saya juga mampu berhenti merokok, coba deh baca tulisan saya yang CERITA SEORANG BAPAK DI DALAM KERETA API YANG BEGITU MENGINSPIRASI. 

Ditulisan saya tersebut ada kisah seorang bapak yang bisa berhenti merokok. Karena istrinya cinta pada istrinyalah dia mampu berhenti merokok.

Nah, berikut saya tuliskan beberapa kiat/ Tips agar kamu bisa berhenti merokok. Di simak baik-baik dan kemudian dicoba deh.

1.Telaah alasan kamu untuk berhenti merokok. 

Sebagian besar orang mendapati bahwa sekedar menyadari, mereka harus berhenti merokok, bukanlah motivasi yang cukup untuk melakukannya. Untuk berhenti dari setiap jenis ketergantungan, penting untuk memiliki alasan yang kuat dengan makna yang lebih besar bagi kamu daripada kebiasaan merokok.

Silahkan Baca :  7 Tips Supaya Skripsi Cepat Selesai

Pikirkan secara mendalam kenapa kamu ingin berhenti. Dengan kata lain, apa motivasi diri kamu untuk menjalani hidup yang penuh makna dan hidup lebih sehat? .

2.Tentukan tanggal untuk berhenti merokok.

Hanya memikirkan di dalam hati bahwa kamu akan berhenti jika sudah siap tidak akan berhasil. Dengan begitu, kamu dapat membuat-buat alasan kenapa waktunya belum tepat. Sebaliknya, tentukan tanggal sekitar satu bulan dari sekarag dan tandai pada kalender kamu dengan tinta yang tidak dapat dihapus serta tebal.

TIPS AGAR KAMU BISA BERHENTI MEROKOK

Membuat rencana ketika mendekati hari dimana kamu akan berhenti merokok sesuai tanggal yang kamu buat. Sebagai tanda kamu sudah bersiap menghadapi tanggal tersebut dan merencanakan cara-cara untuk berhenti dengan sukses

3.Singkirkan rokok dan benda-benda pendukung. 

Di hari-hari menjelang tanggal kamu berheti merokok, mulailah mencicil untuk menyingkirkan benda-benda yang bisa mengembalikanmu pada kebiasaan merokok. Kemudian buanglah semua kertas linting, asbak, dan benda-benda lain yang mengingatkan kamu pada merokok.

Silahkan Baca :  Tips Mengelola Keuangan di Akhir Bulan buat Mahasiswa  


Tetap menyimpannya merupakan bukti bahwa kamu tidak sungguh-sungguh untuk komitmen berhenti merokok, karena kamu pasti merasa benda-benda tersebut akan dibutuhkan lagi dikemudian hari.

4. Kurangi merokok atau langsung berhenti. 

Kamu dapat mengurangi secara perlahan sampai dihari kamu benar-benar berhenti merokok, atau menunggu hingga tanggal tersebut dan langsung berhenti begitu saja. Tidak ada metode yang terbukti berhasil, jadi pilihlah salah satu yang paling sesuai dengan kepribadianmu. Hal yang penting adalah benar-benar berhenti di hari yang telah ditentukan, tanpa ada alasan apapun.

5. Alihkan kebiasaan merokokmu

Salah satu cara adalah dengan mengalihkan atau menyamarkan keinginan dalam pikiranmu. Ketika tidak merokok, mulut akan terasa pahit. Itu yang sering dirasakan para perokok. Jika seperti itu, hantam saja dengan permen. Permen yang kamu suka, jangan lupa untuk terus dibawa.




Ketika terasa pahit mulutmu, makanlah permen tersebut. Sambil terus berdoa dan istiqomah dalam prosesnya untuk berhenti merokok.

Itulah sedikit tips untuk bisa berhenti merokok, namun itu semua akan percuma jika niatkan dalam hati dan pikiranmu tidak kuat.

Silahkan Baca :  
  
Pustaka
Instagram Tsukakesehatan.id
Doa kami, Semoga rezeki berlimpah untuk sobat semua hari ini. Aamiin
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar