Alasan Kenapa harus Rajin Membaca Buku Cetak

Alasan Kenapa harus Rajin Membaca Buku Cetak

Budayakanlah untuk membaca, karena manfaat yang cukup besar alasan kenapa harus rajin membaca buku cetak

Alasan Kenapa harus Rajin Membaca Buku Cetak
Ilustrasi
Dunia literasi sedang mengalami penurunan yang sangat drastis, sekarang orang sudah beramai-ramai beralih ke dunia digital. Semacam E-book, yang bisa dibaca melalu smartphone mereka. Namun, jika dirasakan ya, membaca buku cetak dengan membaca e-book akan lebih teresapi membaca buku cetak.

Entah sama rasanya dengan yang saya rasakan atau tidak. Istilahnya sih, lebih nyantol baca buku cetak, karena ada sensasinya. Kalau baca e-book, lebih cepat capek, dan essensinya seperti hilang. Tapi tidak memungkiri karena lebih efisien, orang lebih beralih ke buku digital.

Meskipun banyak yang beralih ke buku digital, tetap saja masih banyak yang menggemari buku cetak. Lihat sekarang, banyak penerbit-penerbit yang mencari penulis-penulis pemula, tinggal bikin naskah, kirim penerbit, kalau lolos langsung naik cetak sekitar 3-6 bulan prosesnya.

Silahkan Baca : Shalawat Obat Hati yang Gelisah

Permasalahannya, banyak yang hanya masuk gudang, dikarenakan pasarnya yang belum didapat. Atau penggemar buku cetak ruang lingkupnya sudah berubah. Orang beli buku cetak hanya sebatas untuk koleksi. Ya nggak?

Padahal, kalau mau baca buku cetak itu manfaatnya kegede banget. Serta ada beberapa alasan kenapa kamu harus rajin membaca buku cetak. Apa saja itu?
  • Rajin membaca buku cetak membuat kamu 2,5 kali lebih rendah terserang penyakit Alzheimer
  • Meningkatkan jumlah kosa kata dan kemampuan berbicara 5-15 % dari hasil membaca 
  • Menambah wawasan dan pengetahuan untuk mengembangkan kapasitas diri dalam mengikuti perkembangan zaman
  • Menurunkan tingkt stress hingga 60%, memperlambat detak jantung sehingga lebih stabil, serta meredakan ketegangan otot.
  • Memiliki pemikiran yang luas, sehingga bisa menjadi pribadi yang terbuka terhadap perbedaan cara pandang
  • Meningkatkan kemampuan berpikir analistis, yang membantu dalam menilai secara obyektif fenomena sosial masyarakat.
Itulah beberapa alasan kenapa kamu harus rajin baca buku cetak, sebenarnya masih banyak alasan yang lainnya. Biasanya nih ya, kalau membaca buku cetak itu posisi dirinya lagi rilex bukan tergesa-gesa. Sehingga akan lebih bisa menikmati, kalau e-book biasanya hanya untuk pengetahuan sesaat.




Sekali lagi, itu tidak semua orang, hanya orang-orang yang masih berjuang dalam semangat Literasi. Sampai menjadikan rumah untuk dijadikan sebuah perpustakaan serta alat kerja merekauntuk pembelajaran.

Silahkan Baca :  
  

Oleh Yogi Permana
Pustaka :
Indonesiabaik.id
Doa kami, Semoga rezeki berlimpah untuk sobat semua hari ini. Aamiin
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments