Skip to main content

Tips Liburan Hemat dan Menyenangkan

Tips Liburan Hemat dan Menyenangkan

Tips Liburan Hemat dan Menyenangkan - Siapa bilang liburan selalu boros? Jika kamu bisa mengatur dan mempersiapkan semuanya dengan baik maka liburan hemat nan menyenangkan tetap bisa menjadi milik kamu.

Sejatinya yang namanya liburan itu tidak harus mahal. kamu bisa menikmati berbagai Negara di dunia atau bahkan kota-kota di Indonesia dengan budget terbatas.

Tujuan dari liburan sebenarnya adalah untuk relaksasi dan melepaskan penat dari rasa stress yang selama ini ada. Jangan sampai hanya gara-gara ingin liburan lantas membuat kamu menumpuk hutang atau bahkan menghabiskan semua uang yang kamu punya.

Hindari budaya liburan boros untuk liburan yang menyenangkan. Berikut beberapa tips mudah untuk kamu yang ingin hemat saat liburan namun tetap merasa bahagia:

• Survey  Tempat Liburan


Lakukan survey tempat liburan sebelum kamu memutuskan akan berkunjung kesana. Dengan melakukan survey maka kamu bisa mendapatkan harga terbaik untuk tiket pesawat, hotel atau transportasi lainnya.

Biasakan memilih tempat liburan yang biaya hidupnya tidak lebih tinggi atau sama dengan tempat kamu tinggal sekarang. Hal ini sangat penting terlebih jika kamu baru pertama kali akan berlibur.

Silahkan Baca :  Seimbangkan Hidup dengan Refreshing Mind

Tujuannya agar bisa menentukan budget yang harus dipersiapkan saat berada disana. Jangan lupa lakukan survey tempat belanja oleh-oleh terbaik misalnya pasar tradisional atau ke pengrajin.

Budaya oleh-oleh di Indonesia seringkali membuat pembengkakan biaya liburan kamu.

• Siapkan Uang Tunai 


Jangan sampai disaat traveling atau wisata kamu sampai kehabisan uang. Biasakan membawa uang tunai apalagi jika destinasi wisata kamu tergolong jauh dari pusat kota dan ATM center.

Tanpa uang tunai maka kamu akan kesulitan terlebih saat belanja di tempat tradisional yang tidak menggunakan sistem kartu. Menyediakan uang tunai yang sesuai dengan mata uang tempat kamu berlibur akan sangat membantu.

Jika liburan di Indonesia maka siapkan uang pecahan dalam nominal kecil agar lebih mudah saat membayar biaya seperti uang parkir, tips guide dll.

• Jangan Liburan di Musim Liburan 


Hindari liburan saat musim liburan atau peak season. Selain harga akan naik dan mahal sampai berkali lipat juga suasana liburan akan sangat tidak nyaman.

Untuk kota-kota favorite seperti Bali, Yogyakarta, Bandung, Kebumen, dan lainnya akan sangat padat saat musim liburan.

Jika ingin berlibur sebaiknya siapkan waktu khusus sehingga kamu bisa lebih santai dan leluasa saat berkunjung ke berbagai tempat wisata. Harganya juga tidak akan semahal saat peak season.

• Berburu Tiket Promo 


Pilih liburan disaat tiket pesawat sedang promo. Bukan rahasia lagi jika salah satu biaya yang sangat besar saat bepergian adalah biaya transportasi.

Oleh karena itu hunting tiket pesawat dan pilih yang paling murah. Manfaatkan diskon merchant jika memang kamu punya sehingga selisih biaya yang ada bisa digunakan untuk kebutuhan lainnya seperti belanja oleh-oleh atau membayar hotel.

Untuk hotel juga manfaatkan pesan online.

Saat ini banyak promo hotel bahkan hingga 50%. Jika kamu bisa mendapatkan harga hingga separuh lebih murah kenapa tidak? Ada banyak destinasi wisata favorite di Indonesia dan diluar negeri.

Yang harus kamu pastikan adalah masalah kenyamanan.

Hindari bepergian ke daerah atau Negara yang sedang konflik demi keamanan kamu dan keluarga. Selain itu pilih juga lokasi yang sudah memiliki fasilitas umum lengkap seperti rumah sakit, hotel, stasiun atau pelabuhan dan pusat perbelanjaan serta sudah terjangkau dengan sinyal internet dan telpon terlebih jika membawa anak kecil.

  

Penulis: Aulia
Editor: Yogi Permana
Aku sadar, bahwa cara yang cukup baik untuk belajar adalah dengan berpetualang
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar