Skip to main content

Percobaan Letusan Gunung Berapi dengan Bahan Soda Kue dan Cuka

Percobaan Letusan Gunung Berapi dengan Bahan Soda Kue dan Cuka
Percobaan Letusan Gunung Berapi dengan Bahan Soda Kue dan Cuka - Fisika bagi sebagian orang dilihat begitu rumit, padahal sebenarnya emang rumit. Hehehe.

Namun ya, perlu diingat jika yang rumit itu ada pada tahapan yang sudah jauh pembahasannya. Kalau yang masih dasar, fisika merupakan hal yang menyenangkan. Apalagi jika berhubungan dengan praktikum fisika, dipastikan anak-anak juga akan menyukainya.

Seperti pada percobaan fisika-kimia kali ini , mengenai simulasi volcano, layaknya letusan gunung berapi. Bahannya juga cukup simple, hanya menggunakan baking soda dan cuka, untuk menciptakan reaksi kimia letusannya. Jangan lupa menyiapkan handuk ya, atau kain, sebagai lap. ^ ^

Praktikum Lainnya : Cara Membuat Telur Melayang di Air Asin

Bahan-bahan yang diperlukan:

Baking Soda (pastikan bukan baking powder)
Cuka secukupnya
Sebuah wadah untuk menahan tumpahan dari letusan.
Handuk kertas atau kain (berjaga-jaga)

Cara percobaan :

Taruhlah soda kue ke dalam wadah yang sudah disediakan tadi. Kemudian tuangkan cuka kedalamnya. Dan saksikan dengan seksama saat reaksi berlangsung!

Apa yang terjadi?

Soda kue (sodium bikarbonat) merupakan material yang bersifat basa, sementara cuka (asam asetat) adalah material bersifat asam. Ketika keduanya dicampurkan dan bereaksi bersama-sama, akan membentuk asam karbonat yang sangat tidak stabil, itu langsung pecah menjadi air yang berbuih dan mengandung gas karbon dioksida, nah itu yang menciptakan seperti muntahan lahar.

Semakin banyak mencampurkan soda kue dan cuka, maka buih atau muntahan laharnya akan semakin besar dan meletup-letup.

Praktikum Lainnya : Praktikum Fisika : Listrik Statis


Oh ya, agar lebih mirip dengan aslinya, yakni gunung berapi. Kamu bisa membuat replika gunung berapi dengan menggunakan tepung atau pasir, atau juga bisa dengan plastisin (mainan lilin). Kemudian puncaknya kamu lubangi sampai ke bawah, terus tuang deh soda kue dan cukanya. Reaksinya akan benar-benar seperti gunung berapi meletus yang mengeluarkan lahar.Serta gunakan pewarna merah, untuk memunculkan seakan-akan itu lahar gunung berapi.

Mudah kan percobaannya, dan inshaaAllah ini aman ketika dilakukan bersama dengan buah hatinya.Sambil mengajarkan dan menjelaskan mengenai gunung berapi.

 Pustaka
http://www.sciencekids.co.nz/
Doa kami, Semoga rezeki berlimpah untuk sobat semua hari ini. Aamiin
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar