Skip to main content

Percobaan Fisika : Membuat Tinta Tidak Terlihat dengan Jus Lemon

Percobaan Fisika : Membuat Tinta Tidak Terlihat dengan Jus Lemon

Percobaan Fisika : Membuat Tinta Tidak Terlihat dengan Jus Lemon - Kali ini saya ingin menuliskan tentang percobaan tintang yang tidak terlihat dengan jeruk lemon. Kaya di film-film detektif gitu, membuat kode tulisan namun tidak terlihat, jadi bisa sekalian dipraktekan bareng anak-anak. Itung-itung menambahkan pengetahuan buat mereka, dari pada pengetahuan yang kurang baik.

Praktikum ini juga bisa digunakan untuk main detektif-detektifan buat anak-anak bersama temen-temennya. Dengan berpura-pura menjadi agen rahasia semacam di film Mission Impossible. Hehe... inshaaAllah anak-anak juga akan menyukainya.

Silahkan Baca :  Percobaan : Gelas Berisi Air dibalik tidak Tumpah

Bahan-bahan yang dibutuhkan juga sangat mudah, beberapa diantaranya sudah ada didapur, mungkin yang beli cuma jus lemon saja.

Bahan-bahan yang diperlukan untuk percobaan fisika Tinta Tidak terlihat dengan Jus Lemon :


Jeruk Lemon dibagi 2
Sendok
Mangkok
Kapas untuk Telinga (Cotton Bud)
Kertas Putih

Lampu

Cukup mudah kan bahan-bahan yang diperlukan, tidak terlalu sulit. Bahkan sudah tersedia dirumah masing-masing. Mungkin yang beli cuma jeruk lemonnya saja

Cara Praktikum Tinta Tidak terlihat dengan Jus Lemon


Peras separuh jeruk lemon kedalam mangkok yang sudah disediakan, kemudian tambahkan beberapa tetes air.

Setelah itu campurkan air dan jus lemon atau perasaan lemon tadi dengan menggunakan sendok. Kemudian celupkan Cotton Bud, lalu tulislah sebuah pesan pada kertas putuh yang tadi sudah disediakan.

Silahkan Baca : Cara Membuat Telur Melayang di Air Asin
Tunggulah sampai air di kertas mengering, sehingga bener-bener tidak terlihat basah. Nah untuk menjadi sebuah pesan rahasia, kamu cukup memberikan kertas pada orang lain, dan suruh oran gtersebut untuk membacanya didekat lampu, memanaskan kertas tersebut dengan mendekatkan pada lampu.

Pembahasan mengenai Praktikum Tinta Tidak terlihat dengan Jus Lemon


Jus Lemon atau air perasan jeruk lemon merupakan zat organik yang mampu mengoksidasi dan berubah menjadi cokelat saat dipanaskan. Begitulah prinsip kerja percobaan ini. Jadi, sampai kertas dipanaskan, tidak akan terlihat apalagi terungkap.

Ada beberapa zat lain yang mempunyai prinsip kerja sama yakni ada madu, susu, jus bawang, cuka dan anggur.

Selain itu, untuk membuat tinta yang tidak terlihat juga bisa dengan reaksi kimia yang lain dan cara melihatnya dengan bantuan sinar ultraviolet. Seperti di uang. 






  

Oleh: Yogi Permana
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar