--> Skip to main content

Wisata Pinggiran Jogja, Taman Glugut

Wisata Pinggiran Jogja, Taman Glugut

Wisata Pinggiran Jogja, Taman Glugut - Angkat tangan deh kalau sudah nulis wisata di Yogyakarta, selalu tumbuh terus dan ada yang baru. Menulis tentang Yogyajarta saja, rasanya tidak pernah selesai dan puas. Ada aja bahan yang bisa menjadi tulisan. Bukan hanya wisatanya saja, tapi semua sisi kota dan kehidupan di Yogyakarta adalah sebuah inspirasi.

Tapi kali ini saya menuliskan tentang wisatanya, yang terus bermunculan. Salah satunya adalah Taman Glubut. Wisata baru ini cukup menarik perhatian bagi para wisatawan. Taman Glugut sendiri terletak diantara dua wilayah yang berbeda, yaitu Dusun Wonokromo 1, Pleret Bantul serta wilayah Dusun Karangwuni, Trimulyo Jetis Bantul.

Sejarah Berdirinya Taman Glugut


Bagi yang belum tau, Glugut memliki arti. Glugut merupakan bulu yang ada dibatang pohon bambu, jika terkena bulunya, kulit kita akan gatal dan bulunya bisa menusuk ke pori-pori, itu yang menyebabkan gatal.

Taman Glugut sendiri diresmikan dan dibuka untuk wisata pada tanggal 1 Januari 2018. Bukan Jogja namanya, jika orang-orangnya tidak kreatif dan berjiwa sosial. Karena awal dari Taman Glugut ini merupakan kepedulian dari warga terhadap lingkungan yang saat itu cukup kotor. Area Taman Glugut sendiri dulunya merupakan kebun yang tidak terawat sama sekali, ditumbuhi banyak pohon bambu serta menjadi sarang ular berbisa.

Silahkan Baca :  5 Destinasi Wisata Baru di Yogyakarta yang Memikat Hati

Setelah dibersihkan dengan bergotong royong, benar-benar tidak disangka, hasilnya begitu menyejukkan. Dari kondisi tersebut, warga kemudian membuat beberapa saung (gubuk) serta beberapa permainan untuk anak-anak warga setempat.

Diluar dugaan, setelah bersih malah mendapat sambutan yang sangat baik dari warga sekitarnya. kemudian berinisiatif untuk mengembangkannya untuk mejadi tempat wisata, Taman Glugut mereka menamakannya.

Cukup banyak yang akan bisa kamu nikmati di Taman Glugut


Untuk kamu yang ingin mencari wisata lain, bukan melulu wisata yang maninstream, bisa datang ke Taman Glugut. Disana kamu akan bisa menikamati suasana yang begitu Asri, karena Taman Glugut berada di tepian sungai. Cukup piknik di tepian Jogja saja.

Selain suasana yang menenangkan, di taman Glugut, kamu bisa naik perahu dan berkeliling, kemudiana ada flying fox, ada maenan anak jadul, main ayunan di atas sungai dan kalau kamu kesananya pagi. Kamu masih kebagian jajanan tradisional.

Biaya juga masih murah untuk menikmati suasana asrinya ala perkampungan. Jadi mau tunggu apa lagi, cocok banget dengan membawa keluarga.

Biar kamu ada pandangan tentang Taman Glugut, ini ada beberapa foto yang menggambarkan kondisi wisata Taman Glugut tersebut.

 

Wisata Pinggiran Jogja, Taman Glugut
Pasangan yang berswa Foto di bawah tulisan Taman Glugut

Wisata Pinggiran Jogja, Taman Glugut
Begitu Asrinya kondisi taman Glugut

Bermain ayunan diatas sungai, cukup unik

Wisata Pinggiran Jogja, Taman Glugut

Menaiki perahu dan berkeliling dengan menggunakan perahu
 Silahkan Baca :  5 Tempat di Yogyakarta yang Menjual Batik Murah

Wisata Pinggiran Jogja, Taman Glugut
Ornamen saat memasuki Taman Glugut
Asyik kan suasananya, kalau yang demen kesejukan, bakal betah di Taman Glugut. Anak bisa main mainan tradisional, tapi tetep sambil didampingi.

Semoga artikel ini bisa menbantu keperluan piknikmu.

 

  

Oleh Yogi Permana
Pustaka: Krjogja
Jangan Lupa Tersenyum
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar