Cara Membuat Liontin Ethnic dari Bahan Kayu Bekas
Cara Membuat Liontin Ethnic dari Bahan Kayu Bekas

Cara Membuat Liontin Ethnic dari Bahan Kayu Bekas

Langsung saja, untuk belajar membuat liontin ethnic sederhana dari bahan kayu bekas. Bahan-bahan yang perlu kamu siapkan cukup sederhana, kalau yang belum punya gergaji mesin bisa pakai gergaji biasa, harganya juga murah.

Cara Membuat Liontin Ethnic dari Bahan Kayu Bekas

Cara Membuat Liontin Ethnic dari Bahan Kayu Bekas - Bagi yang mempunyai limbah kayu, sebaiknya jangan terus dibuang. Karena limbah kayu bisa kamu manfaakant untuk melatif kreatifitasmu. Apakah bisa mengolah menjadi barang bernilai atau hanya bisa membuangnya saja.

Tidak muda juga memang, butuh ide serta ketrampilan yang tidak biasa. Apalagi yang jika belum pernah pegang gergaji. Bisa-bisa malah takut duluan. Heheh

Namun, tidak perlu takut lagi, tanpa mencoba, kreatifitaspun tak akan terlahirkan. Semua tergantung dari kamu mau melakukan atau tidak, salah satunya, kamu mau memanfaatkan limbah kayu yang ada disekitarmu atau tidak.

Memanfaatkan Limbah kayu menjadi Liontin Etnic 


Pada artikel kali ini, saya ingin menunjukan cara pembuatan Liontin Ethnic dari bahan kayu bekas. Proses pembuatannya pun sebenarnya hampir sama dengan proses pembuatan Logo Toyota dari tempurung kelapa.

Hanya berbeda bahannya saja, dari cara dan pemotongannya masih sama, Yakni dengan sketsa, gergaji, bor  dan amplas. Cukup menggunakan 4 cara itu saja. Selebihnya tinggal pengembanganmu untuk memikirkan sebuah bentuk yang menarik dari bentuk yang biasa-biasa saja.

Silahkan Baca :  Cara Membuat Piring Lidi, Bisa menjadi Peluang Usaha Buatmu

Langsung saja, untuk belajar membuat liontin ethnic sederhana dari bahan kayu bekas.

Bahan-bahan yang perlu kamu siapkan cukup sederhana, kalau yang belum punya gergaji mesin bisa pakai gergaji biasa, harganya juga murah.

1. Cara pertama membuat Liontin Ethnic dari kayu


Kayu yang sudah dipersiapkan, kira-kira yang berdiameter sekitar 6-7 cm saja. Kemudian kamu gergaji, menjadi gepeng, atau seperti bentuk tatakan. Bisa dilihat seperti gambar dibawah ini.

Cara Membuat Liontin Ethnic dari Bahan Kayu Bekas

2. Cara kedua dalam proses membuat liontin ethnic sederhana dari kayu bekas adalah mensketsa dan memotongnya


Sketsalah sesuai bentuk yang kamu inginkan pada potongan kayu yang tadi sudah dipotong seperti tatakan gelas. Kemudain pada permukaannya kamu sketsa sesuai bentuk yang kamu inginkan. Kemudian potonglah sketsa tersebut dengan menggunakan gergaji mesin maupun gergaji manual. Alat-alat tersebut sama seperti alat-alat dalam membuat kerajinan tempurung kelapa.

Gambar dibawah ini merupakan sketsa yang sudah digergaji, tinggal dilakukan pengamplasan.

Cara Membuat Liontin Ethnic dari Bahan Kayu Bekas

3. Cara yang ketiga dalam membuat liontin sederhana sendiri yakni mengamplas dan membentuknya


Setelah selesai kamu gergaji, kemudian ambil amplas. Saatnya untuk mengamplas, ini bagian yang memunculkan kesensitifitasanmu saat membentuk. Kalau sketsa bentuk diatas, diamplas, sampai sudut-sudutnya menjadi tumpul, ini dimaksudkan untuk menimbulkan efek dimensi, serta kesannya lebih mempunyai bentuk. Lihat gambarnya dibawah ini, perhatikan sudutnya atau tepiannya.

Cara Membuat Liontin Ethnic dari Bahan Kayu Bekas

 4. Cara yang keempat jika kamu masih ingin membuat liontin ethnic dari kayu adalah mengebornya


Setelah kamu selesai mengamplas, tinggal kamu bor salah satu bagiannya, untuk kamu masukkan tali kalungnya. Kalau dalam pembuatan liontin dari kayu ini menggunakan Bor tangan. Seperti gambar dibawah ini.
Cara Membuat Liontin Ethnic dari Bahan Kayu Bekas

 5. Cara terakhir dalam membuat liontin ethnic dari kayu bekas adalah memasukkan talinya.


Masukkan tali yang sudah disiapkan melalui lubang yang tadi dibor, selanjutnya tali bisa diikatkan satu sama lainnya, agar nantinya bisa dipakai menjadi sebuah kalung. Oh ya, untuk liontinnya bisa kamu lakukan pengembangan dengan mengukir pada bagian liontinnya.

Silahkan Baca :  Ternyata begini Cara membuat Cincin dari Bahan Tempurung Kelapa

Pada talinya juga bisa kamu ditambah dengan asesoris lainnya, seperti manik-manik, akrilik, batu, mutiara, atau yang menurutmu unik. Biji salak mungkin, hehehee...


Setelah selesai memberi tali, Liontin Ethnic sederhana dari kayu telah jadi, memang sangat sederhana sih. Dari yang sederhana, akan muncul sesuatu yang lebih menakjubkan.

Untuk bisa lebih detail bentuk dan proses pembuatan liontin etnic dari kayu, berikut saya bikinkan video cara pembuatannya. Simak baik-baik yaa video dibawah ini :



  

Penulis Yogi Permana
Jangan Lupa Tersenyum

Your Reactions:

Admin
Saya seorang pemuda yang hobby Fotografi, Nulis, Ngeblog dan penikmat kopi juga teh anget dicampur dengan Gula Semut, gula sehat dari Nira Kelapa yang aman dikonsumsi.