Skip to main content

Ada 8 Fakta Menakjubkannya Jantung dan bisa jadi bahan Belajar Anak-anak

Ada 8 Fakta Menakjubkannya Jantung dan bisa jadi bahan Belajar Anak-anak
hellosehat.com

Ada 8 Fakta Menakjubkannya Jantung dan bisa jadi bahan Belajar Anak-anak - Kali ini kita akan mempelajari tentang Jantung, pasti sudah pada mengetahui apa itu Jantung? jadi tidak perlu lagi mengartikannya. Terkadang dada kita ada rasa berdebar, serta detak seperti sebuah hitungan perdetik.

Itulah efek dari kinerja Jantung kita, terasa berdebar, detak detak yang terkadang cepat dan terkadang melambat. Semua tergantung situasi dan kondisi kita sendiri. Jika dalam kondisi takut, detak atau debar didalam data akan semakin cepat, membuat nafas jadi semakin cepat.

Nah, organ yang membuat kita merasa berdebar ini akan dipelajari, fakta-fakta mengenai jantung ini bisa menjadi bahan pengetahuan anak. Agar bisa menjaga kesehatan jantung mereka sejak usia dini. Tidak menunggu jantung bermasalah.

Berikut ada 8 fakta tentang Jantung yang bisa jadi pengetahuan untuk anak-anak


1. Jantung sendiri merupakan salah satu organ terpenting dalam tubuh manusia, karena fungsinya yang bekerja secara terus menerus memompa darah ke seluruh tubuh kita melalui pembuluh darah.

2. Jantung kita letaknya berada di dada sebelah kiri, dan terlindungi dengan baik oleh tulang rusuk.

Baca Juga :  Keajaiban Senyum Terhadap Penyakit Kardiovaskuler

3. Ilmu yang mempelajari tentang jantung manusia dan dengan segala kelainannya disebut Kardiologi.

4. Di dalam Jantung sendiri, memliki 4 bilik, yang memastikan darah mengalir satu arah saja, baik darah yang mengalir masuk maupun yang mengalir keluar.

5. Darah yang telah dipompa dan meninggalkan Jantung, akan mengalir melalui arteri. Perlu diketahui jika Arteri utama yang meninggalkan Ventrikel kiri adalah aorta. Sedangkan arteri utama yang meninggalkan ventrikel kanan adalah arteri pulmonalis.

6. Darah menuju jantung dibawa melalui pembuluh darah dan darah yang berasal dari paru-paru ke bilik kiri (atrium kiri) akan dibawa melalui pembuluh darah paru-paru, sedangkan darah yang berasal dari tubuh ke bilik kanan (atrium kanan) dibawa melalui vena cava superior dan vena cava inverior.

7. Siklus jantung yang menyebabkan kita bisa merasakan yang namanya detak jantung. Ketika jantung berkontraksi, akan membuat ruang lebih kecil dan mendorong darah ke pembuluh darah. Kemudian setelah kembali rileks, bilik menjadi kembali longgar dan akan dipenuhi darah yang kembali ke Jantung. Itu merupakan proses pemompaan Jantung.

8. Listrik yang diarah ke Jantung akan membuat sel-sel otot berkontraksi. Biasanya di rumah sakit, kaya di film-film. Dimana seorang pasien dipasang kabel-kabel yang terhubung dengan layar monitor menampakan gelombang yang tidak stabil, alatnya bernama Elektrokardiogram (EKG). Mesin ini dapat mengukur listrik yang mengalir melalui Jantung pasien. Dokter dapat memanfaatkan informasi tersebut untuk mengetahui kapan pasien mengalami penurunan detak jantung yang signifikan atau mungkin terkena serangan jantung.

Baca Juga :   Ketika Rasa Cinta datang Menghangatkan Kembali Debaran Jantung Hingga Tak Menentu

Begitu luar biasanya ya tubuh kita, dengan organ jantung yang seakan menunjukkan detik kita bernafas di dunia ini.

Jantung juga bisa menjadi petunjuk jika kita berbohong atau ketakutan, karena aliran darah akan lebih cepat, sebab ketika berbohong atau takut atau cemas, irama detak jantung akan menjadi lebih cepat. Pemompaan juga akan menjadi cepat, sehingga terkadang membuat badan panas, kemudian tubuh menanggapi panas tersebut dengan keringat dingin.

Skema yang luar biasa bukan? sulit untuk membuat replikanya, apalagi jantung berdetak tanpa adanya bantuan energi listrik, misal menggunakan baterai. Ia berdetak terus, sampai waktunya habis sesuai dengan Takdirnya.

Oleh sebab itu, betapa pentingnya kita menjaga jantung agar tetap dalam kondisi yang kondusif, tetap tenang tanpa ada rasa was-was, khawatir, takut, dan rasa-rasa lainnya yang membuat jantung berdetak lebih cepat.

Baca Juga :   11 Fakta-Fakta Menarik tentang Otak Manusia

Berolah raga dengan teratur juga akan menjaga jantung agar tetap sehat. Dan ingat, jangan sekali-kali mengagetkan seseorang, karena kita tidak tau kondisi dan kemampuan dari jantung orang lain.

Semoga 8 Fakta Jantung untuk bahan Pengetahuan Anak ini bermanfaat, dan dapat menambah perbendaharaan ilmu anak. Aamiin Yaa Rabb.



  
Pustaka:
sciencekids.co.nz
Jangan Lupa Tersenyum
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar