--> Skip to main content

MUSLIM HARUS TAU, INILAH 9 JENDRAL PERANG TERHEBAT DALAM SEJARAH ISLAM

Siapa panglima hebat Islam yang kamu tau? jika belum, sekarang kamu harus tau Panglima atau Jendral Perang Terhebat dalam Sejarah Islam

MUSLIM HARUS TAU, INILAH 9 JENDRAL PERANG TERHEBAT DALAM SEJARAH ISLAM

MUSLIM HARUS TAU, INILAH 9 JENDRAL PERANG TERHEBAT DALAM SEJARAH ISLAM - Sebagai muslim sudah sepantasnya kita mesti tau betapa hebatnya teladan-teladan kita dulu. Selain Rasulullah Saw,. kita juga mempunyai pahlawan atau teladan-teladan para panglima besar yang begitu hebat, begitu kuat dan begitu tangguh, pastinya perjuangannya untuk menegakkan Agama Allah. 

Bukan untuk kekuasaan golongannya semata. Lebih hebat dari Hulk, Lebih hebat dari Iron Man, lebih hebat dari Spiderman. Jendral-Jendral perang teladan umat muslim lebih hebat, bukan hanya karangan fiksi belaka. 

Mereka menjadi Panglima Perang terhebat dalam sejarah Islam. Sangat jauh dari idola sekarang Panglima Perang Dilan. Hehehe...

9 Daftar Panglima atau Jendral Perang Terhebat dalam Sejarah Islam


Mari meneladani keberanian para Panglima Perang Muslim ini, jika tanpa perjuangan mereka, kita tidak sebahagia ini menjadi Islam. Tidak sebangga seperti sekarang ini sebagai Islam. 

Sepatutnya kita tetep mempelajari sejarah islam, sejarah yang begitu kental dengan nilai-nilai keteladanan. Ada banyak hikmah dan hidayah yang bisa kita dapatkan dari kisah-kisah sejarah para pejuang Islam, selain Rasulullah Saw,. yang sudah pasti.


Berikut ini kesembilan Panglima Perang terhebat dalam sejarah Islam, disimak dipahami dan direnungkan.



SALAHUDDIN AL AYYUBI


Dunia mengenalnya sebagai salah satu tokoh pemimpin terbesar. Dia juga merupakan salah satu tokoh terbesar dalam Perang Salib. Namanya dikenal luas tatkala ia dapat menaklukkan kerajaan Jerusalem yang ketika itu dipimpin oleh Guy The Lusignan Raja Jerusalem. Pasukan Shalahuddin dikenal sebagai pasukan yang sangat pemberani dibawah kepimpinannya.

Beliau bernama lengkap Salahuddin Al-Ayubi, dikenal didunia barat sebagai Saladin. Terlahir dari keluarga Kurdish di kota Tikrit (140km barat laut kota Baghdad) dekat dengan sungai Tigris, pada tahun 1137M. Masa kecilnya selama sepuluh tahun dihabiskan belajar di kota Damaskus di lingkungan anggota dinasti Zangid yang memerintah Syria kala itu, yaitu Nur Ad-Din atau Nuruddin Zangi.

ABDULLAH BIN AAMIR


Abdullah bin Aamir (bahasa Arab:عبدالله بن عامر ) adalah gubernur Busrha (tahun 647–656) dan merupakan jenderal militer yang sangat sukes pada masa pemerintahan Khalifah Utsman bin Affan. Dia dikenal atas kehebatannya dalam bidang administrasi dan militer.

AMR BIN ASH


Namanya adalah Amr bin Ash bin Wail bin Hisyam bin Said bin Sahm al-Qurasyi as-Sahmi. Di antara jasa besarnya adalah ketika Umar bin Khattab mengamanahinya untuk menaklukkan Mesir, dan dia berhasil menunaikan amanah tersebut. Amr merupakan salah seorang pahlawan bangsa Arab yang begitu sangat terkenal, sekaligus seorang politisi yang cemerlang. Terkenal dengan kecerdasan dan kepintarannya mengatur siasat.

TARIQ BIN ZIYAD


Thariq bin Ziyad (670 - 720) (Bahasa Arab: طارق بن زياد), dikenal dalam sejarah Spanyol sebagai legenda dengan sebutan Taric el Tuerto (Taric yang memiliki satu mata), merupakan seorang Jendral dari dinasti Umayyah yang memimpin penaklukan muslim atas wilayah Al-Andalus (Spanyol, Portugal, Andorra, Gibraltar dan sekitarnya) pada tahun 711 M.

SYURAHBIL BIN HASANAH


Beliau adalah sahabat Muhammad. Dia merupakan salah satu komandan tersukses dalam pasukan Rasyidin, bertugas di bawah Khalifah Rasyidin Abu Bakar dan Umar bin Khattab. Dan beliau merupakan salah satu komandan lapangan utama selama penaklukan Muslim di Suriah, bertugas sejak tahun 634 hingga kematiannya pada tahun 639 akibat wabah.

Baca Juga : Kisah Ummu Sulaim yang Tetap Teguh dalam Menjaga Keimanannya

KHALID BIN WALID


Khalid ibn al-Walid, atau sering disingkat Khalid bin Walid, adalah seorang panglima perang pada masa pemerintahan Khulafaur Rasyidin yang termahsyur dan sangat ditakuti di medan perang, serta dijuluki sebagai Saifullah Al-Maslul (pedang Allah yang terhunus).

Beliau merupakan salah satu dari panglima-panglima perang penting yang tidak terkalahkan sepanjang kariernya, terkenal sebagai panglima tertinggi untuk Nabi Muhammad Saw,. dan penerus-penerusnya. Dibawah kepemimpinan militernya-lah, Arabia untuk pertama kalinya dalam sejarah membentuk entitas politik yang bersatu, Kekhalifahan.

Mengkomandani pasukan muslim yang baru, dia tak terkalahkan lebih dari seratus pertempuran termasuk melawan Kekaisaran Byzantium, Kekaisaran Sassanid, dan sekutu-sekutu mereka termasuk juga suku-suku Arab di luar kekuasaan Khalifah.

Pencapaian strategis dia ialah penaklukan Arab, Persia Mesopotamia dan Suriah Romawi hanya dalam waktu empat tahun pada tahun 632 ke 636. Kemenangan-kemenangan yang terkenal darinya ialah kemenangan telak pada Pertempuran Yamama, Pertempuran Ullais dan Pertempuran Firaz, dan kesuksesan taktis pada Pertempuran Walaja dan Pertempuran Yarmuk.

MUHAMMAD AL FATIH


Muhammad al-Fatih adalah salah seorang raja atau sultan Kerajaan Utsmani yang paling terkenal. Ia merupakan sultan ketujuh dalam sejarah Bani Utsmaniah. Al-Fatih adalah gelar yang senantiasa melekat pada namanya karena dialah yang mengakhiri atau menaklukkan Kerajaan Romawi Timur yang telah berkuasa selama 11 abad.

Sultan Muhammad al-Fatih memerintah selama 30 tahun. Selain menaklukkan Binzantium, ia juga berhasil menaklukkan wilayah-wilayah di Asia, menyatukan kerajaan-kerajaan Anatolia dan wilayah-wilayah Eropa, serta termasuk jasanya yang paling penting adalah berhasil mengadaptasi menajemen Kerajaan Bizantium yang telah matang ke dalam Kerajaan Utsmani.

Baca Juga : Hidup Sederhana sudah Dicontohkan Rasulullah SAW

SA'AD BIN ABI WAQQAS


Kepahlawanan Sa'ad bin Abi Waqqas tertulis dengan tinta emas saat memimpin pasukan Islam melawan tentara Persia di Qadissyah. Peperangan ini merupakan salah satu peperangan terbesar yang dialami umat Islam.

Bersama tiga ribu pasukannya, ia berangkat menuju Qadasiyyah. Di antara mereka terdapat sembilan veteran perang Badar, lebih dari 300 mereka yang ikut serta dalam ikrar Riffwan di Hudaibiyyah, dan 300 di antaranya mereka yang ikut serta dalam memerdekakan Makkah bersama Rasulullah Saw. Lalu ada 700 orang putra para sahabat, dan ribuan wanita yang ikut serta sebagai tenaga perawat dan tenaga bantuan.

Pasukan ini berkemah di Qadisiyyah di dekat Hira. Untuk melawan pasukan Muslim, pasukan Persia yang siap tepur berjumlah 12O ribu orang dibawah panglima perang kenamaan mereka, Rustum.

ABU UBAIDAH BIN ALJARRAH


Abu Ubaidah bin al-Jarrah adalah Muhajirin dari kaum Quraisy Mekkah yang termasuk paling awal untuk memeluk agama Islam. Ia ikut berhijrah ke Habasyah (saat ini Ethiopia) dan kemudian, Ia hijrah ke Madinah. Ia mengikuti setiap pertempuran dalam membela Islam. Setelah wafatnya Nabi Muhammad Saw, Ia merupakan salah satu calon Khalifah bersama dengan Abu Bakar dan Umar bin Khattab.

Setelah terpilihnya Abu Bakar sebagai Khalifah, Dia ditunjuk untuk menjadi panglima perang memimpin pasukan Muslim untuk berperang melawan Kekaisaran Romawi. Ia meninggal disebabkan oleh wabah penyakit.

Baca Juga : Islam Telah Ada Di Amerika Jauh Sebelum Columbus

Nah demikian-lah itu ke-9 jendral atau panglima perang terhebat sepanjang sejarah islam. Itu baru sepotong tulisan dari Para Jendral hebat, jika ditulis tuntas, kita pasti akan dibuat kagum. Di Youtube sendiri banyak film yang mengisahkan tentang keberanian mereka. Salah satunya, Khalid Bin Walid, dalam Film Umar bin Khattab begitu gagah.

Tiap kali berduel satu lawan satu, selalu memenangkannya. Siapa yang berhadapan dengannya akan ada rasa gemetar dan takut, badannya yang tegak dan kuat, suaranya lantang meneriakkan Takbir.

Masih banyak yang lainnya, bisa kamu tonton, semoga bisa menambah keimanan, kecintaan, dan semangat perjuangan dalam mempertahankan Islam, dengan sikap dan tingkah laku yang mencerminkan nilai-nilai Islam.

Semoga artikel diatas bisa menjadi teladan dan bermamfaat bagi kita semua. Aamiin Yaa Rabb

  
FP Kisah Islami
Jangan Lupa Tersenyum
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar