Skip to main content

[Sejarah Kebumen] Letak Kadipaten Panjer Sebenarnya dan Legenda Kupu Tarung, Agenda Pengaburan Sejarah

[Sejarah Kebumen] Letak Kadipaten Panjer Sebenarnya dan Legenda Kupu Tarung, Agenda Pengaburan Sejarah

Dimana sebenarnya Letak Kadipaten Panjer berada? Pasar Tumenggungan atau Kompleks Stasiun dan sekitarnya

Atmosterku.com | Letak Kadipaten Panjer dan Legenda Kupu Tarung, Agenda Pengaburan Sejarah - Salah satu Kabupaten di selatan Jawa Tengah ini merupakan tempat kelahiran saya, Kabupaten Kebumen. Mempunyai bentuk alam yang cukup unik dan bagi saya tidak biasa. Kenapa bisa tidak biasa? Struktur yang komplit sebagai sebuah wilayah dimana sebelah utara adalah perbukitan dengan banyak batuan Purba yang menjadi pusat ilmu geologi sedangkan bagian selatan berupa Pantai yang menyajikan pemandangan indah beserta hasil lautnya.

Ditengah-tengahnya, ada medan persawahan, dan juga perkotaan dimana Pusat Pemerintahan berada didalamnya. Kalau ditelisik lebih lanjut, di pusat kota ada sejarah dimana Kebumen dulunya mempunyai Pabrik Minyak yang besar di era Belanda.

Baca Juga :  Ayam Es Bening, Oleh-oleh Khas Kebumen yang sangat Kental dengan Nilai Sejarah

Saya mengenalnya dengan nama Sari Nabati/ Nabatiyasa, karena saat masih SMP suka kesana melihat latihan Bulutangkis. Yap, Dulunya memang pernah menjadi arena bermain bulutangkis karena luasnya area tersebut. Bahkan satu ruangannya bisa menjadi 3 lapangan Bulutangkis.

Hah!! Kebumen mempunyai Kadipaten? Sebutanya Kadipaten Panjer, Dimana itu?


Di area Sari Nabati yang kini telah menjadi sebuah Hotel Berbintang ini juga banyak dibicarakan menjadi letak dimana Pusat Kadipaten Panjer berada. Saya pun meyakini demikian, pusat pemerintahan Panjer dulunya berada di area ini.

Alasan saya, banyak ditemukan sumur-sumur keramat, kalau dulu pas saya SMP begitu. Lokasi yang cukup anget diarea Sari Nabati. Sumur-sumur tersebut sudah ada sejak lama, dan konon tidak pernah kering.


Semakin menarik kan membicaran tentang tanah kelahiran saya. Apalagi sejak bertemu dengan sosok seperti Mas Ravie Ananda. Dengan pengetahuannya yang lebih luas dari saya, menambah daya ungkit rasa penasaran dengan sejarah tentang Kebumen.

Baca Juga :  SEJARAH MONUMEN KEMIT DAN INILAH SANG PERANCANGNYA

Meskipun beberapa literatur seperti sengaja dikarang, dan membuat bingung dalam menelaah.

Awalnya, saya mengira jika Kebumen hanya sebatas daerah Transit pada zaman lalu. Karena untuk kebudayaan dan adatnya seperti turunan, serta bahasanya yang juga mengikut. Samplenya, Kebumen bagian Timur sudah ke Jogja-Jogja-an, istilahnya Bandek. Sedangkan bagian barat, sudah Cablak, istilahnya Ngapak.

Namun, setelah kenal Mas Ravi, jadi tau. Seperti dalam Video di channel Youtube-nya Kebumen Madang tentang Legenda Kupu Tarung yang menjadi Agenda Pengaburan Sejarah.

Dalam Videonya Mas Ravi bercerita mengenai Titik terang sejarah Kebumen saat ini,  dimanakah misteri bekas Kadipaten Panjer berada

[Sejarah Kebumen] Letak Kadipaten Panjer Sebenarnya dan Legenda Kupu Tarung, Agenda Pengaburan Sejarah

Kadipaten Panjer merupakan sebuah metamorfosa dari negeri Panjer yang hancur 1439 Saka atau 1506 Masehi yang disebutkan dalam buku History Of Java History Of Java Raffles. Negeri Panjer ini juga disebut dalam babad Banyumas yang disalin dalam bahasa Belanda dan diterbitkan oleh Belanda pada tahun 1901 dimana keberadaan Kerajaan Demak yang membawa agama baru yang dibawakan para wali.

[Sejarah Kebumen] Letak Kadipaten Panjer Sebenarnya dan Legenda Kupu Tarung, Agenda Pengaburan Sejarah
  Juga masuk ke negeri Panjer yang dipimpin oleh Kuwu Panjer saat itu. Dengan ikhlas hati, Kuwu Panjer mempersilahkan agama islam dianut oleh seluruh warga nagari panjer dengan konsekuensi menjadi bawahan Demak. Dalam Babad Banyumas disebutkan Nagari Panjer menjadi Kadipaten Panjer, kemudian Kuwu Panjer turun derajatnya menjadi Adipati Panjer.

Nah, mulai saat itulah Kadipaten Panjer itu ada, dari babad ini dan juga dari catatan sejarah Raffles tentunya bisa menjadi titik temu atau titik terang sejarah Kebumen yang ada saat ini.

Baca Juga :  Orang Yang Mengabadikan Peristiwa Proklamasi Indonesia

Selanjutnya dimanakah misteri keberadaan bekas Kadipaten Panjer itu. Ada yang mengatakan lokasinya berada di Lokasi yang saat ini menjadi Pasar Tumenggungan. Dimana disitu ada pertarungan hebat antara Kolopaking dan Arumbinang yang disimbolkan dengan Kupu Tarung.

[Sejarah Kebumen] Letak Kadipaten Panjer Sebenarnya dan Legenda Kupu Tarung, Agenda Pengaburan Sejarah
  Ada pula yang mengatakan kalau kadipaten panjer berada di tempat yang kini menjadi Stasiun, Kodim dan bekas pabrik Mexolie dan wilayah sekitarnya. Nah, tentunya dari pendapat-pendapat ini, kita telusuri dengan data sejarah yang ada. Sehingga akan terkuak misteri Panjer yang sebenarnya, dari penelusuran data-data sejarah, kita berhasil menemukan dimanakah letak Kadipaten Panjer sebenarnya.

Dalam peta perang jawa tahun 1825 - 1830 ternyata kita bisa melihat secara jelas dimana letak Kadipaten Panjer sebenarnya. Kadipaten Panjer tersebut terletak di Timur Sungai Lukulo dimana sebelah baratnya adalah daerah Kedawung.

[Sejarah Kebumen] Letak Kadipaten Panjer Sebenarnya dan Legenda Kupu Tarung, Agenda Pengaburan Sejarah
  Nah, ini berarti Kadipaten Panjer berada di lokasi yang kini menjadi Stasiun, Kodim, bekas Pabrik Mexolie dan Rumah Sakit lama. Dan ini didukung dengan toponim-toponim wilayah yang saat ini masih bisa kita jumpai, seperti diarea Makodim yang masyarakat masih mengenal dengan nama Kebon Raja.

Selengkapnya dari kisah Kadipaten Panjer bisa ditonton video dibawah ini, karena lebih jelas dan lebih mantap tentang mengenai Letak Kadipaten Panjer yang sebenarnya. Semoga mencerahkan...


  
"Selama kita masih punya hati yang masih hidup, mari sebarkan kebaikan" www.atmosferku.com
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar