Skip to main content

Siti dan Imam Membuktikan bahwa Menikah dengan Biaya Rp 5 Juta itu Bisa

Siti dan Imam Membuktikan bahwa Menikah dengan Biaya Rp 5 Juta itu Bisa

Siti Membuktikan bahwa Menikah dengan Biaya Rp 5 Juta itu Bisa - Kalau ngomongin pernikahan selalu saja bikin baper ya, apalagi sejak adanya sosial media khususnya instagram, banyak beredar foto dan video yang menunjukkan kemesraan pasangan yang telah halal sesuai aturan agama.

Jomblo-jomblo pada baper, yang pacaran juga baper karena tidak ada kabar pacaranya mau melamar, padahal sudah sering jalan bareng. Hehe...

Pokoknya, sebuah pernikahan merupakan impian yang banyak diidam-idamkan oleh hampir semua orang, terutama khususnya bagi para wanita karena saat itu terjadi, dia akan benar-benar menjadi seorang ratu.

Banyak orang atau khusunya muda-mudi yang telat menikah karena pemikiran akan modal atau biaya dalam menyelenggarakan pesta pernikahan. Dalam mempersiapkan sebuah pernikahan, dalam bayangan mereka membutuhkan modal yang tidaklah sedikit, bahkan malah bisa menjadi sumber masalah baru buat mereka.

Silahkan Baca : Pasangan ini Berbisnis Batik Bermodal Uang Amplop Nikah dari Para Tamu

Sebenarnya sih, sudah banyak cerita dan kisah inspiratif yang menjadi gambaran bahwa sebuah pernikahan tidak harus mahal, yang penting keskralan acara itu terpenuhi. Bukankah menikah yang penting akadnya sah dan diakui baik oleh pemerintah maupun agama.

Fakta tersebut juga yang dibuktikan oleh pasangan muda-mudi yang menggelar acara pernikahan dengan biaya tidak sampai 20 juta rupiah. Ada bayangan? pasti mikirnya menikah menghabiskan minimal 20 juta ya.

Beberapa waktu yang lalu heboh, pasangan ini, Julia Jasmine dan pasangannya, Aldi Ramadhika, dengan budget hanya Rp 50 juta, tak ayal proses pernikahan merekapun viral beberapa waktu yang lalu.
Bahkan media sebesar Kompas.com juga ikut memberitakan, sampai memuat wawancara dengan Jasmine soal pernikahannya tersebut, pernikahannya juga manarik perhatian netizen yang merespons dengan beragam komentar.


Dari beragam respon tersebut, ada yang menganggap bahwa budget Rp 50 juta itu masih murah, namun ada pula yang menganggapnya budget segitu mahal, mending sederhana dan sisanya buat modal usaha bersama istri.

Dari beragam ribuan komentar yang ada, ada salah satunya yang mengungkapkan bahwa ia menikah hanya dengan dana kurang lebih Rp 5 juta. Cukup murah ya dengan modal segitu, tidak terbayangkan bukan seperti apa pernikahannya?

“Insyallah pernikahan saya hanya modal -+5jt sudah cukup, apalagi 50jt,” demikian komentar @siti_amiinah97.

Akhirnya, pemilik akun @siti_amiinah97 membuka suara dan bercerita. Bahwa Siti Aminah dan Muhammad Imam menikah pada 6 Mei 2017, dan menghabiskan dana kurang lebih sebesar Rp 5 juta saja.

Acara pernikahannya sendiri dihadiri sekitar 50 orang yang merupakan keluarga dan tetangga sekitarnya saja.

Silahkan Baca :  Pernikahan Sederhana yang Indah Hanya Bermeja Kardus Mie dan Cincin Titanium

“Jadi kami enggak bikin undangan, hanya nikah sederhana aja. Yang datang cuma kedua keluarga kami, dan tetangga dekat rumah karena kami nikahnya di musala depan rumah,” kata Siti yang dikutip dari Kompas.com.

Sungguh sebuah kabar yang menginspirasi ya, ketika sebuah pasangan sepakat menikah, keduanya harus saling mengerti dan mempunyai kesepakatan. Meskipun itu acara yang harapannya menjadi sumur hidup sekali, tetapi tidak terus lupa dengan kemampuan, tidak harus selalu memaksakan agar terlihat waow.

Pasangan Siti Aminah dan Muhammad Imam yang menikah di Desa Tanalum, Kecamatan Rembang, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah ini bisa menjadi contoh. Lalu mungkin akan timbul pertanyaan di benak pembaca semua, bagaiamana merinci anggarannya?

Nah berikut ini merupakan Rincian biaya pernikahan dari pasangan ini :

1. Biaya penghulu sekitar Rp 1.200.000

2. Menyewa Baju pengantin, make up, dan dokumentasi foto berkisar Rp 1.000.000

3. Konsumsi pernikahan dilakukan dengan masak sendiri, anggarannya kurang lebih Rp 900.000

4. Mahar sebesar Rp 250.000

5. Seserahan (baju gamis) berkisar Rp 200.000

6. Perhiasan sekitar Rp 1.750.000

Biasanya orang akan berbondong-bondong datang untuk kondangan, tapi bebeda dengan kedua pasangan ini. Setelah acara akad nikah selesai, pasangan inspiratif ini kemudian membagikan makanan kepada tetangga sebagai bentuk pemberitahuan bahwa mereka sudah menikah dan sah sebagai suami istri.

“Setelah selesai akad nikah, baru kami bagi-bagi nasi ke tetangga, menyampaikan bahwa kami sudah menikah,” ujar Siti.

Kisah Siti Aminah dan Muhammad Imam semoga bisa menjadi pertimbangan buat pasangan yang mau menikah, memilih untuk sederhana atau mewah. Semua tergantung kemampuan masing-masing. Jangan sampai, untuk menikah saja rela berhutang puluhan juta.

Silahkan Baca : MashaaAllah, Hafidz Al Qur'an ini Menikah di usia 18 tahun setelah Sempat 2 kali melalui Proses Persidangan


Menikah sederhana, sah secara agama dan negara, bahagia dunia akherat. Bukankah yang begitu, yang diidamkan. :-D

  

Penulis : Yogi Permana
Pustaka:
berbagisemangat.com
Doa kami, Semoga rezeki berlimpah untuk pembaca semua hari ini. Aamiin
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar