Jarak Ideal untuk Menyalakan Lampu Sein sebelum Berbelok

Jarak Ideal untuk Menyalakan Lampu Sein sebelum Berbelok

Jarak Ideal untuk Menyalakan Lampu Sein sebelum Berbelok

Jarak Ideal untuk Menyalakan Lampu Sein sebelum Berbelok - Kira-kira saat akan berbelok kamu menyalakan lampu sein tidak? apa jangan-jangan langsung belok saja? atau menyalakan lampu sein secara mendadak pas dibelokannya?

Kalau seperti bisa membahayakan dirimu sendiri dan juga membahayakan orang lain. Bagaimana tidak membahayakan, coba pikir, saat kamu belok kiri secara mendadak tanpa melihat kearah kananmu terlebih dulu. Pengendara dari arah kanan bisa panik jika dalam kecepatan yang tinggi. Buruknya lagi bisa nabrak kamu, dan akibatnya tau sendiri, fatal!!

Ingat ya, jika belok ke kiri emang jalan terus tapi bukan berarti kamu bebas belok dengan sesukanya, tetap melihat dari arah kananmu. Siapa tau ada kendaraan yang melaju dengan kecepatan tinggi.

Silahkan Baca :  Belajar Dari Rem, Untuk Mempercepat Bukan Menghentikan
 
Nah, saat akan berbelok atau berhenti, pengendara itu wajib menyalakan lampu sein. Namun, meskipun sudah menyalakan lampu sein, terkadang masih saja terjadi kecelakaan.

Hal tersebut dikarenakan pengendara menyalakan lampu sein terlalu mendadak. Sehingga menyebabkan pengendara lain bingung.

Atau yang sering terjadi adalah pada emak-emak, yakni sein kiri belok ke kanan, atau sebaikya sein kanan belok ke kiri. Jika ketabrak, tidak mau disalahkan. Sebenarnya itu bisa terjadi pada siapa saja, bukan cuma emak-emak.

Namun tahukah kamu, berapa jarak ideal untuk menyalakan lampu sein sebelum berbelok? ada yang tahu tidak?

Lampu sein sendiri dimaksudkan untuk memberi tanda jika kamu akan berbelok atau cuma sekedar menepi. Makanya untuk menghindari kejadian yang tidak diingankan seperti kecelakaan lalu lintas, diharapkan untuk menyalakan lampu sein tidak secara mendadak.

Jarak yang pas untuk menyalakan lampu sein sebelum berbelok adalah sekitar 10 - 20 meter. Bukannya semeter, atau pas mau belok saja ya, ingat itu. Hehehehe...

Silahkan Baca :  MashaaAllah, Tukang Parkir ini Menjaga Kendaraan sambil Membaca Al Qur'an


Tujuannya adalah agar pengendara yang dibelakangnya dapat melihat nyala lampu sein, dengan begitu pengendara punya waktu untuk bersiap-siap memberikan ruang kepadamu untuk berbelok atau berhenti.

Jika mendadak, pengendara yang dibelakangmu bisa mengerem mendadak dan akibatnya bisa terjungkal, atau lebih parahnya lagi menabrakmu.

Jadi, mari selalu utamakan keselamatan dalam berkendara. Kamu menjaga keselamatanmu, inshaaAllah orang lain juga akan ikut selamat. 

  
Pustaka :
Instagram dishubdiy
Doa kami, Semoga rezeki berlimpah untuk pembaca semua hari ini. Aamiin
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments